TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Klub Sepak Bola 'Tua' yang Masih Merumput hingga Saat Ini

Usia lebih dari satu abad! #IDNTimesSport

Pertandingan Wrexham vs Curzon Ashton (instagram.com/wrexham_afc)

Menurut World Atlas, sepak bola merupakan olahraga terpopuler dengan empat miliar penggemar di seluruh dunia. Salah satu alasan sepak bola menjadi populer, karena olahraga ini tidak memerlukan peralatan yang mahal dan hanya membutuhkan bola serta kaki saja untuk bermain.

Tak hanya itu, sepak bola yang sering kita mainkan saat ini, diketahui sudah ada sejak abad ke-19 di Inggris. Sejarah lain juga membukukan bahwa manusia sudah mengetahui permainan sepak bola sejak 2.000 tahun lalu di China.

Di sisi lain, ternyata ada beberapa klub sepak bola yang terbilang sangat tua di dunia. Siapakah mereka? Berikut tujuh klub sepak bola tertua yang masih ada hingga sekarang, menurut Football History.

7. Kilmarnock FC (1869)

Chris Burke saat berebut bola dengan lawannya atas perebutan juara pra-musim (instagram.com/kilmarnockfc)

Dikutip dari Killie FC, Kilmarnock Football Club terlahir dari sekelompok pemain kriket di daerah Barbados Green yang kebingungan untuk berolahraga apa pada musim dingin.

Dengan adanya keresahan itu, para pemuda tersebut memutuskan untuk berkumpul dan berdiskusi pada tahun 1869. Hal itulah yang menjadi lahir pertama klub Kilmarnock FC di Skotlandia.

Baca Juga: 5 Fakta Klub Sepak Bola Chelsea yang Jarang Diketahui

6. Queen's Park FC (1867) 

Pemain Queen's Park FC Tony Ralston melakukan selebrasi setelah mencetak gol (instagram.com/queens_park_fc)

Menurut laman resmi Queen's Park FC, berdirinya klub sepak bola ini terjadi ketika sekelompok pria dewasa berkumpul di jalan Eglinton No. 3 pada 9 Juli 1867.

Pada pertemuan perdana ini, klub asal Skotlandia ini memiliki cetusan nama awal seperti Morayshire dan Northeners. Namun setelah melakukan berbagai pertimbangan, penamaan Queen's Park FC menjadi pilihan yang tepat, karena mereka akan bermain di tempat olahraga "Queen's Park Recreation Ground".

5. Nottingham Forest (1865) 

Selebarasi James Garner saat berseragam Nottingham Forest (instagram.com/officialnffc)

Klub asal Inggris ini, diketahui lahir sejak 156 tahun lalu atau pada tahun 1865. Menurut laman resmi Nottingham Forest FC, klub ini lahir dari sekelompok pemain Shinty (sejenis hoki) yang bertemu di Clinton Arms, Shakespeare Street, Inggris.

Pada saat itu, pemuda bernama JS Scrimshaw mengusulkan kepada teman-temannya untuk memainkan olahraga selain Shinty, yaitu sepak bola. Menggapi usulan tersebut, teman-temannya malah menyepakati dan akhirnya terbentuklah klub Nottingham Forest FC pada tahun 1865.

4. Wrexham AFC (1864) 

Pemain Wrexham AFC berhasil mencetakan gol pada saat melawan Curzon Ashton (instagram.com/wrexham_afc)

Klub sepak bola ini, didirikan oleh sekelompok pemain Kriket yang berbasis di daerah Wrexham, Wales pada Oktober 1864.

Dikutip dari laman resmi Wrexham AFC, klub ini mulai terbentuk setelah klub Kriket Wrexham mengiklankan di daerahnya bahwa mereka akan membuat tim sepak bola. Diketahui, Wrexham AFC merupakan klub sepak bola ketiga tertua di Wales.

 3. Stoke City FC (1863) 

Stoke City FC berhasil menundukan Swansea 3-1 (instagram.com/stokecity)

Dikutip dari laman Stoke City FC, pembentukan klub ini berawal dari sekelompok mantan murid Charterhouse yang sedang magang di daerah utara Staffordshire Railway, Stoke, Inggris pada 1863.

Stoke City merupakan salah satu dari 12 kub pendiri Football League pada tahun 1888. Namun di dua musim pertamanya, mereka hanya mampu finis di urutan bawah.

2. Hallam FC (1860) 

Iren Wilson dan Danny Deakin masuk menjadi pemain Hallam FC (instagram.com/hallamfc1860)

Layaknya klub Wrexham AFC di Wales, Hallam FC masih berkaitan dengan olahraga kriket. Dikutip dari laman Hallam FC, pembentukan klub Inggris ini dilakukan oleh pemilik penginapan "The Club Blossomed" yang awalnya hanya untuk olahraga Kriket saja pada 1804.

Melihat jumalah anggota kriket yang membeludak hingga 300 orang, membuat pemilik penginapan mengembangkan olahraga lain seperti sepak bola. Ditambah, klub tertua yaitu Sheffield FC telah mempopulerkan olahraga sepak bola di Inggris sejak 1857.

Atas kejadian tersebut, para anggota kriket yang membeludak berinisiatif untuk membuat klub sepak bola sendiri dan lahirlah Hallam FC pada tahun 1860.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Dicap Pengkhianat karena Bergabung Klub Rival

Writer

Adi Ramadhan Pratama

Belajar dari pengalaman

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya