TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Paul Ricard, Sirkuit F1 yang Desainnya Bikin Bingung

Corak warna biru dan merah membuatnya unik

Sirkuit Paul Ricard (gpfrance.com)

GP Prancis yang dihelat pada Minggu (24/7/2022) akan menjadi panggung ke-12 Formula 1 musim 2022. Berbeda dengan sirkuit lainnya, Paul Ricard punya desain yang sedikit unik dan membuat bingung.

Bagaimana tidak, jika sirkuit lain menggunakan gravel dan pagar pembatas di sekeliling sirkuit, Paul Ricard justru menggunakan garis-garis berwarna biru dan merah. Hal itulah yang membuat sirkuit ini berbeda dari kebanyakan sirkuit di Formula 1. Selain itu, masih banyak deretan fakta menarik mengenai sirkuit Paul Ricard yang terletak di Le Castellet, Prancis, tersebut.

1. Pertama kali menggelar balapan Formula 1 pada 1971

Emerson Fittipaldi pada GP Prancis 1971 di sirkuit Paul Ricard. (formula1.com)

Sirkuit Paul Ricard pertama kali ditunjuk menjadi tuan rumah Formula 1 pada 1971. Sirkuit ini dibangun oleh pengusaha asal Prancis, Paul Ricard, yang kemudian juga menjadi nama sirkuit.

Saat itu, Jackie Stewart yang mengendarai Tyrrell keluar sebagai pemenang. Paul Ricard kemudian bergantian menjadi tuan rumah GP Prancis dengan sirkuit Dijon. Namun, Paul Ricard sempat digantikan oleh Magny Cours pada 1991 dan kembali pada 2018.

2. Karakteristik sirkuit Paul Ricard

Formula 1 di sirkuit Paul Ricard. (formula1.com)

Sirkuit Paul Ricard yang berlokasi di Le Castellet, Prancis, ini mempunya panjang 5,8 kilometer dengan 15 tikungan. Paul Ricard juga mempunyai area run-off yang cukup lebar dengan corak berwarna biru dan merah.

Meskipun terletak di daerah pegunungan Prancis, Paul Ricard cenderung flat. Sirkuit ini punya perbedaan ketinggian 30 meter antara titik tertinggi dan terendah. Melansir situs resmi sirkuit Paul Ricard, sirkuit ini punya sebanyak 247 variasi dari jarak 828 meter hingga 5,8 kilometer. Variasi tersebut disesuaikan dengan event yang dihelat di sana. Inilah yang membuat banyak penonton bingung ketika melihat Formula 1 di Paul Ricard.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Charles Leclerc di Formula 1 GP Austria

3. Sempat mengalami modifikasi

Formula 1 di sirkuit Paul Ricard. (formula1.com)

Pada 1986, Paul Ricard sempat mengalami modifikasi menyusul insiden yang menewaskan Elio de Angelis pada sesi latihan pra musim. Hal ini membuat sirkuit ini yang awalnya punya panjang 5,8 kilometer menjadi hanya 3,8 kilometer.

Tikungan varrerie chicane yang menewaskan de Angelis dihilangkan dan diganti dengan tikungan patah ke kanan yang langsung mengarah ke lurusan mistal. Layout tersebut digunakan dalam 5 balapan hingga 1990. Namun, saat ini Paul Ricard kembali ke panjang awalnya dengan faktor keamanan yang juga ditingkatkan.

4. Garis-garis biru dan merah yang cukup unik

Sirkuit Paul Ricard (formula1.com)

Jika dilihat sekilas, sirkuit Paul Ricard memang terlihat sedikit unik karena adanya garis-garis berwarna biru dan merah di sekitar sirkuit. Namun, garis-garis tersebut ternyata punya fungsi penting dan bukan sekadar hiasan.

Area run-off  itu sebenarnya terbuat dari campuran antara aspal dan tungsten. Area tersebut punya daya cengkram dan grip yang lebih tinggi. Area merah yang berada di bagian paling luar punya daya cengkram lebih kuat daripada area biru.

Jika kedua area tersebut gagal memperlambat pembalap yang mengalami crash. Masih ada trepco barrier yang membuat sirkuit ini menjadi salah satu sirkuit paling aman di dunia.

5. Punya desain trofi berbentuk gorilla

Lewis Hamilton memegang trofi Formula 1 GP Prancis. (planetf1.com)

Tak hanya layout sirkuitnya yang punya desain unik, ternyata trofi yang diberikan kepada pemenang GP Prancis di sirkuit Paul Ricard tak kalah unik. Trofi tersebut berbentuk gorilla yang sedang memegang ban mobil.

Trofi unik tersebut didesain oleh seniman dan ahli patung asal Prancis, Richard Orlinski. Tak sampai di situ, karya Orlinski yang lain, seperti beruang dan panther terpampang di sekitar sirkuit. Bahkan, ada patung King Kong besar di samping area podium.

Baca Juga: Kompetitif di Semua Sirkuit, Ducati Tak Lagi Dominan di Trek Lurus

Verified Writer

Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya