TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ye Zhaoying, Rival Besar Susy Susanti yang Nasibnya Kini Merana

Sejarah Zhaoying di olahraga dihapus Pemerintah Tiongkok!

wikimedia.org

Jakarta, IDN Times - Masih ingat dengan mantan atlet bulu tangkis tunggal putri asal Tiongkok, Ye Zhaoying, yang kerap jadi rival besar Susy Susanti? Belakangan namanya santer diberitakan terancam dihilangkan dalam catatan rekor Tiongkok.

Hal ini bukan tanpa sebab, karena Ye Zhaoying disebut mengecam pemerintah Tiongkok dikuasai partai komunis. Dilansir dari South China Morning Post, Zhaoying disebut bahkan menyampaikan niatannya untuk menggulingkan pemerintah yang berkuasa saat ini.

Baca Juga: Carolina Marin, Si Susy Susanti Versi Spanyol

1. Kasus ini menimpa Zhaoying dan suaminya

Ye Zhaoying, mantan atlet tunggal putri Tiongkok (bwfbadminton.com)

Tak berkasus sendirian, isu pengapusan namanya dari catatan sejarah olahraga Tiongkok dialami Zhaoying bersama suaminya, Hao Haidong. Sosok Haidong sendiri dikenal sebagai salah satu pesepak bola dan pemegang rekor catatan gol terbanyak untuk Tiongkok.

South China Morning Post menyebutkan, Zhaoying pernah menyebutkan dalam akun Weibo-nya bahwa dia bermain untuk klub bulu tangkis di Spanyol pada 2018 lalu. Namun, akibat pandangan politik mereka, disebutkan akun Weibo keduanya sudah dihapus dari platform tersebut.

2. Andalan Tiongkok untuk taklukkan Indonesia

foxsports.co

Lahir pada 7 Mei 1974, Ye Zhaoying dikenal sebagai salah satu tunggal putri andalan Tiongkok. Terutama di era 90-an hingga awal tahun 2000. Zhaoying tak jarang harus berhadapan dengan wakil-wakil Indonesia. Usai memenangkan perunggu di Olimpiade Sydney 2000, Zhaoying memutuskan untuk gantung raket.

Namun, dua tahun setelahnya, nama Zhaoying justru dikenal sebagai pelatih golf.

Baca Juga: Anak Legenda Tiongkok Dipecat Klub Serbia karena Kasus Sang Ayah

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya