TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pemain Asing yang Berhasil Meraih Gelar NBA Most Improved Player

Deretan nama besar

potret Pascal Siakam (sportsnet.ca)

NBA Most Improved Player Award merupakan penghargaan dari NBA yang diberikan kepada pebasket yang mengalami peningkatan performa yang signifikan dalam semusim. Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1986, total telah ada 36 pemain berbeda yang telah memenangkan penghargaan ini.

Pemain berkebangsaan Amerika Serikat jelas mendominasi dalam perolehan gelar ini. Hanya ada 6 nama pemain asing saja yang berhasil mendapatkan penghargaan NBA Most Improved Player sejak pertama kali diadakan. Siapa sajakah keenam nama tersebut? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Gheorghe Muresan

Gheorghe Muresan (romaniajournal.ro)

Gheorghe Muresan merupakan salah satu pebasket tertinggi dalam sejarah penyelenggaraan NBA. Pebasket yang memiliki tinggi 231 cm ini ternyata pernah mendapatkan penghargaan NBA Most Improved Player pada tahun 1996.

Di musim tersebut, center berkebangsaan Rumania ini berhasil mengoleksi rataan 14,5 PPG, 9,6 RPG, dan 0,7 APG untuk Washington Bullets. Torehan tersebut juga berhasil membawanya unggul jauh dari George McCloud dan Terrel Brandon yang menjadi pesaing terdekatnya dalam perebutan gelar ini.

2. Boris Diaw

valleyofthesuns.com

Sepuluh tahun setelah Gheorge Muresan berhasil mendapatkan penghargaan NBA Most Improved Player, Boris Diaw akhirnya dinobatkan sebagai pemenang. Power forward asal Prancis ini berhasil tampil impresif di tahun tersebut dengan koleksi 13,3 PPG, 6,2 APG, dan 6,9 RPG bersama Phoenix Suns.

Sama seperti Gheorge Muresan, Boris Diaw juga berhasil unggul jauh dari David West dan Nenad Krstic yang menjadi pesaingnya. Padahal, jika dilihat dari rataan poin, Boris Diaw jelas kalah jauh dari David West, bahkan dari Chris Bosh yang berada di posisi kelima. Namun, rataan assist-nya juga berada di angka yang tinggi sehingga Diaw layak untuk mendapatkannya.

Baca Juga: 10 Potret Ayah Kejora Liburan ke Turki, Gak Kalah Hits dari Anaknya

3. Hedo Turkoglu

Hedo Turkoglu (orlandomagicdaily.com)

Pada tahun 2008, penghargaan NBA Most Improved Player jatuh kepada Hedo Turkoglu yang saat itu berseragam Orlando Magic. Di tahun tersebut, Hedo berhasil unggul jauh dari Rudy Gay dan LaMarcus Aldridge dengan rataan 19,5 PPG, 5,7 RPG, dan 5 APG sebagai seorang small forward.

Gelar tersebut menjadi satu-satunya penghargaan individu yang berhasil Hedo dapatkan di NBA. Kendati demikian, hingga kini Hedo masih dianggap sebagai pebasket asal Turki terbaik yang pernah bermain di NBA.

4. Goran Dragic

slamonline.com

NBA tahun 2014 menjadi pembuka jalan bagi karier cemerlang seorang Goran Dragic di NBA. Pasalnya di tahun tersebut, Dragic berhasil tampil apik dengan rataan 20,3 PPG, 3,2 RPG, dan 5,9 APG bagi Phoenix Suns yang berhasil membawanya naik level sekaligus menjadi pemenang penghargaan NBA Most Improved Player.

Point guard berkebangsaan Slovenia ini berhasil unggul jauh dari Lance Stephenson, Gerald Green, dan Anthony Davis dengan persentase vote sebesar 65 persen. Dengan performa hebatnya tersebut, Dragic juga berhasil masuk ke dalam All-NBA Third Team di tahun 2014.

5. Giannis Antetokounmpo

nj.com

Sebelum menjadi pebasket dengan label superstar seperti sekarang, penghargaan NBA Most Improved Player 2017 menjadi penghargaan bergensi pertama yang dimenangkan oleh Giannis Antetokounmpo. Hal tersebut memang tidak mengherankan karena Giannis memang tampil luar biasa dengan rataan 22,9 PPG, 8,8 RPG, dan 5,4 APG serta menjadi tulang punggung dari tim Milwaukee Bucks.

Angka tersebut berhasil membawa pria asal Yunani ini unggul jauh dari Nikola Jokic dan Rudy Gobert. Berkat penampilan cemerlangnya di musim tersebut, Giannis juga dinobatkan sebagai bagian dari NBA All-Star, All-NBA Second Team, dan NBA All-Defensive Second Team untuk tahun yang sama.

Baca Juga: Kemenangan Beruntun Sixers di NBA Terhenti

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya