TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pembalap yang Gunakan Nomor 1 pada Era MotoGP, Teranyar Bagnaia

Bisakah Bagnaia hindari kutukan nomor 1?

Francesco Bagnaia (motogp.com)

Untuk pertama kalinya dalam satu dekade, juara dunia MotoGP akan menggunakan nomor 1 pada motornya. Francesco Bagnaia yang merupakan juara bertahan pada MotoGP 2023 akhirnya memutuskan untuk menempelkan nomor 1 pada Ducati Desmosedici.

Sejak dimulainya era MotoGP pada 2002, tak banyak juara dunia yang menggunakan nomor keramat tersebut. Hanya ada 4 pembalap yang mengganti nomor keberuntungan mereka dengan nomor 1. Siapa saja? Nah, ini dia daftarnya!

1. Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia (motogp.com)

Francesco Bagnaia resmi menggunakan nomor 1 untuk MotoGP 2023. Juara dunia asal Italia ini mengumumkannya pada acara peluncuran livery baru tim Ducati Lenovo pada Senin (23/01/2023). Kendati begitu, Bagnaia akan tetap memasang nomor keberuntungannya, nomor 63.

“Aku selalu mengagumi pembalap yang menggunakan nomor 1. Itu mewakili identitasmu sebagai juara dunia. Namun, nomor 63 akan selalu jadi nomorku dan aku akan menggunakannya bersamaan. Aku akan menempelkan nomor 63 kecil di dalam nomor 1 dan helmku,” kata Bagnaia dilansir Crash.

Baca Juga: Beda Pecco Bagnaia dan Casey Stoner Menurut Crew Chief Andal Ducati

2. Casey Stoner

Casey Stoner (motogp.com)

Sebelum Bagnaia, Casey Stoner menjadi pembalap terakhir yang menggunakan nomor 1. Sepanjang musim 2012 bersama Repsol Honda, pembalap asal Australia ini berlomba dengan menyandang nomor 1.

Stoner merengkuh gelar juara dunia musim 2007 dan 2011. Ketika bergelar juara dunia bersama Ducati musim 2007, ia pun menggunakan nomor 1 pada musim berikutnya.

3. Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo (motogp.com)

Jorge Lorenzo mengoleksi tiga gelar juara dunia MotoGP musim 2010, 2012, dan 2015. Usai merebut takhta tertinggi musim 2010, Lorenzo mengganti nomor 99 dengan nomor 1.

Sepanjang musim 2011, Lorenzo berlomba dengan tempelan nomor 1 yang nyentrik. Desain nomor 1 tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga bisa mewakili huruf inisial namanya, JL.

4. Nicky Hayden

Nicky Hayden (motogp.com)

Mendiang Nicky Hayden menjadi pembalap pertama pada era MotoGP yang menggunakan nomor 1. Usai mengalahkan Valentino Rossi pada musim 2006, pembalap asal Amerika Serikat ini memang berhak menyandang nomor keramat.

Hayden menempelkan nomor 1 pada motor Repsol Honda andalannya. Sayangnya, The Kentucky Kid tak mampu mempertahankan gelar.

Baca Juga: Gigi Dall'Igna Nilai Persaingan di MotoGP 2023 Bakal Lebih Ketat

Verified Writer

Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya