TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

20 Peraturan Permainan Sepak Bola Terlengkap, Wajib Dipatuhi

Dari aturan kartu sampai lemparan ke dalam

potret Lionel Messi lakukan selebrasi (instagram.com/leomessi)

Peraturan permainan sepak bola perlu diketahui setiap pemain bola. Tujuannya supaya permainan bisa berjalan dengan tertib dan teratur. Maka dari itu, dalam setiap pertandingan perlu ada wasit yang mengawasi jalannya permainan.

Ada banyak peraturan permainan sepak bola yang perlu dipatuhi setiap pemain sepak bola. Mulai dari aturan tentang pemain, lapangan, pelanggaran, hingga tendangan bebas.

Penasaran dengan penjelasan aturan-aturan tersebut? IDN Times akan merangkumnya secara lengkap di artikel ini. Simak yuk!

1. Peraturan permainan sepak bola tentang pemain

www.instagram.com

1. Jumlah pemain

Hal paling mendasar dari pertandingan sepak bola adalah terkait jumlah pemain. Umumnya, jumlah pemain dalam satu tim adalah 11 orang di lapangan. Jika jumlah pemain dalam satu tim kurang dari 7 orang karena alasan tertentu, seperti kartu merah atau cedera, maka tim tersebut dianggap kalah.

2. Pemain pengganti

Aturan tentang pemain cadangan juga berbeda tergantung kompetisi yang diikuti. Misalnya, pada ajang piala dunia setiap tim harus memiliki pemain cadangan sebanyak 11 orang. Sedangkan dalam liga domestik biasanya setiap tim harus menyiapkan 5 pemain cadangan, termasuk kiper.

3. Pergantian pemain

Aturan tentang pergantian pemain juga terkadang berbeda-beda setiap kompetisi dan federasi. Namun, biasanya dalam 90 menit permainan sepak bola, setiap tim hanya boleh mengganti 3 pemain.

Jika pertandingan berlanjut pada babak tambahan, setiap tim boleh melakukan satu pergantian pemain lagi.

4. Kapten tim

Selain itu, setiap tim harus memiliki 1 kapten di dalam lapangan. Seorang kapten tim biasanya mengenakan ban kapten yang dipasang di lengan sebelah kiri. Seorang kapten memiliki tugas untuk berkoordinasi dengan setiap pemain dalam satu tim dan berdiskusi dengan wasit jika ada yang perlu diomongkan.

2. Peraturan tentang lapangan

UEFA.com

1. Lapangan sepak bola

Terdapat standar ukuran lapangan sepak bola yang dikeluarkan oleh FIFA, yaitu:

  • Panjang: 100-110 meter
  • Lebar: 64-75 meter
  • Luas daerah gawang: 18,35 x 5,5 meter
  • Lingkar tengah: 9,15 meter
  • Daerah penalti: 40,39 x 16,5 meter
  • Titik penalti dengan garis gawang: 11 meter

2. Gawang

Sedangkan ukuran gawang juga memiliki standar tertentu, yaitu tingginya 2,44 meter dan lebar 7,32 meter.

3. Bola

Ukuran bola yang digunakan dalam permainan juga memiliki standar sendiri, misalnya:

  • Bola berbentuk bulat
  • Berbahan dasar dari kulit
  • Ukuran kelilingnya 68-71 centimeter
  • Beratnya 396-453 gram

3. Wasit dalam pertandingan sepak bola

potret Sergio Ramos saat diganjar kartu merah oleh wasit (thestatszone.com)

1. Wasit secara umum

Peraturan permainan sepak bola berikutnya adalah keberadaan wasit dalam setiap pertandingan. Wasit atau sang pengadil lapangan adalah orang yang berhak membuat keputusan dalam permainan sepak bola.

Wasit punya hak untuk menentukan pelanggaran, gol, sampai menghentikan atau menunda pertandingan.

2. Asisten wasit

Wasit biasanya dibantu oleh 3 asisten wasit. Dua asisten wasit bertugas sebagai hakim garis atau linesman. Mereka berdiri di setiap tepi lapangan untuk membantu wasit utama ketika terjadi pelanggaran, offside, hingga lemparan ke dalam.

Sedangkan 1 asisten wasit lagi berada di luar lapangan sebelah tengah. Ia bertugas untuk membantu jika ada pergantian pemain, memberi tambahan waktu, berkomunikasi dengan pelatih dan staf sebuah tim jika mereka melakukan protes, dan sebagainya.

4. Aturan kick-off dan waktu permainan

ilustrasi bermain sepak bola (pexels.com/Ashley Williams)

1. Kick-off

Dalam permainan sepak bola, kick-off atau sepak mula akan dilakukan pada saat:

  • Memulai pertandingan
  • Memulai babak kedua
  • Memulai setiap babak tambahan waktu
  • Ada tim yang kebobolan

Sebuah gol terjadi jika bola sudah melewati garis gawang sepenuhnya. Jika diketahui bola masih berada atau menyentuh garis gawang, maka belum dianggap sebagai sebuah gol.

2. Waktu pertandingan

Waktu sebuah pertandingan sepak bola adalah 90 menit yang terdiri dari 2 babak. Setiap babaknya berdurasi 45 menit. Setelah babak pertama selesai, terdapat jeda istirahat pemain selama 15 menit sebelum lanjut ke babak 2.

Pada kejuaraan tertentu, terdapat babak tambahan selama 30 menit yang terdiri dari 2 babak juga. Masing-masing babak selama 15 menit. Babak tambahan diberikan jika selama 90 menit permainan belum ada pemenangnya.

5. Peraturan tentang offside

dailymail.co.uk

Peraturan permainan sepak bola selanjutnya adalah offside. Offside merupakan posisi di mana ada pemain lawan yang berdiri sendirian di area lawan, atau langsung berhadapan dengan kiper.

Aturan ini mengalami pengembangan di setiap masanya. Bahkan, tiap tahun, Otoritas Peraturan Sepak bola Dunia (IFAB) selalu memberikan pandangannya mengenai aturan ini. Offside akan disesuaikan dengan bagaimana posisi tubuh dari setiap pemain.

Sejumlah bagian tubuh, sekecil apa pun itu akan menjadi indikator penentuan offside, jika ada orang yang berdiri sendiri di garis pertahanan lawan atau langsung berhadapan dengan kiper tanpa pengawalan. Hanya satu bagian tubuh yang tak dianggap offside, yakni gigi. Lainnya akan dianggap offside jika melewati garis pertahanan di area lawan.

Aktif atau tidaknya pemain juga akan jadi rujukan offside. Andai ketika ada teman yang berlari dari belakang, tak terjebak, tetapi kamu aktif dan posisinya offside, meski tidak menerima bola, maka hakim garis akan mengangkat bendera.

Para pemain kerap protes karena tak merasa offside. Kadang, protesnya berlebihan. Jangan seperti itu ya, karena kamu bisa dapat kartu kuning oleh wasit.

Baca Juga: Peran Suporter Sepak Bola dalam Pertandingan, Jadi Penentu Kemenangan

6. Pelanggaran dan ganjaran kartu dari wasit

twitter.com/sbotopofcl

Pelanggaran dalam sepak bola biasanya terjadi saat:

  • Melakukan tackle dan tidak mengenai bola
  • Menarik baju tim lawan
  • Berkelahi
  • Handsball
  • Pelanggaran keras
  • Mengangkat kaki terlalu tinggi dan mengarah ke badan lawan
  • Menghentikan lawan dengan sengaja

Biasanya jika seorang pemain melakukan pelanggaran ringan, maka wasit hanya akan memberikan peringatan saja melalui lisan. Namun, jika pemain tersebut berulang kali melakukan pelanggaran ringan atau sekali saja melakukan pelanggaran keras, maka wasit akan memberikan kartu kuning, bahkan kartu merah.

1. Kartu kuning

Kartu kuning diberikan wasit ketika ada seorang pemain yang melakukan pelanggaran cukup keras. Kartu ini sebagai peringatan bagi pemain untuk tidak mengulangi pelanggaran lagi.

2. Kartu merah

Sedangkan kartu merah berarti pemain tersebut harus keluar dari permainan. Seorang pemain bisa mendapat kartu merah setelah sebelumnya mendapat kartu kuning.

Namun, bisa juga seorang pemain langsung mendapat kartu merah jika dia melakukan pelanggaran yang keras dan berbahaya, atau membuat keributan.

7. Macam-macam tendangan dalam sepak bola

Lionel Messi mengeksekusi penalti untuk PSG di UCL. (twitter.com/PSG_English)

Ada beberapa macam tendangan dari titik tertentu yang dihadiahi kepada sebuah tim, yaitu sebagai berikut.

1. Tendangan bebas

Tendangan bebas diberikan kepada salah satu tim yang dilanggar oleh tim lawan. Tendangan ini umumnya dilakukan dengan cara mengoper bola kepada rekan atau langsung menendang bola jauh ke arah gawang lawan.

2. Tendangan sudut atau corner kick

Tendangan ini dilakukan dari sudut gawang tim lawan, baik sebelah kanan maupun kiri. Sebuah tim yang mendapat tendangan ini umumnya karena bola keluar dari garis sebelah gawang dan yang terakhir mengenai bola adalah tim satunya.

3. Tendangan penalti

Tendangan penalti didapat sebuah tim jika pemain tim mereka dilanggar di kotak penalti lawan. Tendangan ini dilakukan dari titik penalti yang hanya berjarak 11 meter dari garis gawang. 

Baca Juga: 11 Teknik Dasar Sepak Bola, Kunci Kuasai Pertandingan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya