5 Hal Tentang Eko Yuli, Lifter Penyumbang Emas Asian Games 2018

Eko menjadi lifter tertua yang turun di Asian Games 2018

Jakarta, IDN Times - Indonesia kembali menambah koleksi emas pada Asian Games 2018. Kali ini emas datang atlet angkat besi putra, Eko Yuli Irawan. Ia berhasil menyabet emas di angkat besi pada kelas 62 kilogram setelah membubukan total angkatan 311 kg (snatch 141 dan clean and jerk 170). Ini merupakan medali emas pertama angkat besi Indonesia pada Asian Games 2018, lho!

1. Atlet tertua di kelasnya

5 Hal Tentang Eko Yuli, Lifter Penyumbang Emas Asian Games 2018IDN Times/Helmi Shemi

Eko Yuli lahir pada 24 Juli 1989, dalam usia 29 tahun, Eko menjadi lifter tertua yang turun di Asian Games 2018 pada angkat besi putra kelas 62 kg. Lebih tua dua bulan dari Muhamad Purkon yang menjadi lifter kedua tertua lho.

Baca Juga: Asian Games 2018: Benarkah Presiden Jokowi Membawa Hoki? 

2. Dari keluarga ekonomi kurang mampu

5 Hal Tentang Eko Yuli, Lifter Penyumbang Emas Asian Games 2018Instagram/@ekoyuliirawan

Eko yang lahir dalam kondisi keluarga yang berekonomi kurang mampu . Ayahnya, Saman bekerja sebagai tukang becak dan ibunya, Wastiah adalah seorang penjualan sayur segar. Meski begitu, Laki-laki kelahiran Lampung ini memulai kariernya dengan masuk klub angkat besi sejak usia 11 tahun.

3. Masuk urutan 8 di dunia

5 Hal Tentang Eko Yuli, Lifter Penyumbang Emas Asian Games 2018Instagram/@ekoyuliirawan

Berkat berlatih keras dan kedisiplinannya, hasil keseriusannya untk berlatih itu memberikan hasil yang manis. Terbukti, saat masih berusia 17 tahun Eko masuk urutan kedelapan kejuaraan dunia untuk cabang olahraga angkat besi kelas 56 kilogram dengan total angkatan besi seberat 266 kilogram di Santo Domingo, Republik Dominika pada 2006.

4. Punya segudang prestasi

5 Hal Tentang Eko Yuli, Lifter Penyumbang Emas Asian Games 2018ANTARA FOTO/INASGOC/Helmi Afandi/YU/18

Eko punya segudang prestasi yang mengharumkan nama bangsa lho. Seperti membawa pulang medali emas kejuaran junior di Praha, di mana dia terpilih menjadi lifter terbaik. Ia juga berhasil memperoleh emas pada ajang SEA Games 2007 di Thailand dan medali emas pada ajang Pekang Olahraga Nasional (PON) XVII di Kalimantan Timur. Banyak bukan prestasi Eko?

5. Atlet angkat besi yang mencetak sejarah baru

5 Hal Tentang Eko Yuli, Lifter Penyumbang Emas Asian Games 2018ANTARA FOTO/INASGOC/Helmi Afandi/YU/18.

Eko Yuli tercatat sebagai atlet Indonesia pertama yang sukses meraih tiga medali dari tiga kali keikutsertaannya di Olimpiade, lho. Tidak hanya itu, keberhasilan Eko yang paling diingat adalah saat dirinya berhasil membawa pulang medali perak untuk Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro. Waktu itu ia langsung diberi bonus Rp 2 miliar dan tunjangan hari tua sebesar Rp 15 juta dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Baca Juga: [Breaking] Eko Yuli Sumbang Medali Emas dari Angkat Besi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya