Istilah dalam Catur, Gak Cuma Sekakmat! 

Wajib dipahami agar bisa menguasai permainan catur

Catur menjadi salah satu permainan strategi dari masa ke masa. Permainan yang telah ada sejak abad ke-16 ini menggunakan berbagai istilah untuk menggambarkan bidak-bidak, gerakan, dan taktik. Untuk bisa menguasai permainan catur, kamu perlu memahami istilah-istilah tersebut.

Salah satu istilah yang populer dalam permainan catur adalah sekak dan sekakmat. Selain sekak dan sekakmat, masih ada beberapa istilah dasar yang wajib diketahui oleh pemain catur. Apa saja? Simak pelan-pelan istilah dalam catur berikut, ya!

1. Istilah sekak dan sekakmat dalam catur

Istilah dalam Catur, Gak Cuma Sekakmat! ilustrasi catur (Pixabay.com/stevepb)

Sekak atau check adalah situasi saat raja mendapatkan ancaman dari bidak lawan. Saat dalam posisi ini, pemain yang sedang mengendalikan raja harus mencari jalan untuk menghindari atau mengatasi ancaman tersebut. Beberapa cara yang bisa diambil, antara lain menghindar, memblokir serangan, dan menyerang bidak lawan yang mengancam tersebut.

Sedangkan sekakmat atau checkmate adalah situasi raja sudah tidak memiliki langkah aman lagi untuk menghindari sekak. Permainan berakhir ketika raja berada dalam posisi sekakmat permainan akan berakhir. Pemain yang melakukan sekakmat akan menjadi pemenangnya.

Baca Juga: 5 Opening yang Wajib Diketahui Pemain Catur Pemula!

2. Bidak dalam olahraga catur

Istilah dalam Catur, Gak Cuma Sekakmat! ilustrasi catur (Pixabay.com/qimono)

Saat bermain catur, masing-masing pemain memiliki 16 bidak yang memiliki warna berbeda dengan pemain lainnya. Warna yang biasanya digunakan adalah warna hitam dan putih. Berikut istilah atau nama bidak dalam permainan catur:

  • Pion adalah bidak paling lemah. Masing-masing pemain memiliki 8 buah pion;
  • Gajah memiliki gerakan diagonal. Masing-masing pemain memiliki 2 buah gajah;
  • Kuda memiliki langkah seperti huruf 'L'. Masing-masing pemain memiliki 2 buah kuda;
  • Benteng dapat bergerak secara horizontal maupun vertikal sebanyak kotak yang diinginkan selama tidak terhalang oleh bidak lain. Masing-masing pemain memiliki 2 buah benteng;
  • Menteri adalah bidak terkuat, ia dapat melangkah secara diagonal, horizontal, dan vertikal sebanyak kotak yang diinginkan dan tidak terhalang oleh bidak lain. Masing-masing pemain memiliki sebuah menteri;
  • Raja adalah pemimpin dari bidak yang ada. Pemain harus melindungi raja dari serangan musuh. Masing-masing pemain memiliki sebuah raja.

Bidak dalam permainan catur diletakkan di atas papan catur (chess board). Papan ini memiliki jumlah kotak sebanyak 64. Masing-masing baris dan kolom terdiri dari delapan kotak yang memiliki warna hitam dan putih.

3. Menang dan kalah dalam catur

Istilah dalam Catur, Gak Cuma Sekakmat! ilustrasi catur (Pixabay.com/venturaartist)

Dalam permainan catur pastinya ada pihak yang menang, kalah, atau seri. Ada beberapa istilah terkait hasil akhir dari permainan catur yang wajib diketahui. Berikut daftarnya:

  • Remis atau draw adalah kondisi yang terjadi saat kedua pihak yang bermain sama-sama memiliki kondisi tidak bisa menang lagi. Salah satu contohnya adalah saat bidak yang tersisa hanya raja saja. Remis ini harus melalui kesepakatan di antara kedua belah pihak yang sedang bermain;
  • Resign adalah istilah bagi pemain yang mengakui bahwa dirinya tidak bisa melanjutkan permainan lagi. Hal ini dikarenakan bidak yang tersisa sudah tidak memungkinkan lagi untuk mengalahkan lawannya. Permainan akan dimenangkan oleh pihak lawan yang resign;
  • Menang atau winner adalah kondisi pemain yang mampu mengalahkan lawan. Kondisi ini didapat saat pemain lawan tidak bisa menghindari rajanya dari ancaman atau terkena sekakmat, atau saat pemain lawan melakukan resign.

4. Istilah yang terkait dengan strategi permainan

Istilah dalam Catur, Gak Cuma Sekakmat! ilustrasi catur (Pixabay.com/PIRO4D)

Saat bermain catur, masing-masing pemain akan menjalankan strategi-strategi untuk memenangkan permainan. Dalam permainan catur memiliki beberapa istilah terkait strategi ini. Berikut daftarnya:

  • Opening adalah langkah yang dilakukan saat fase awal permainan catur. Masing-masing pemain akan menempatkan bidaknya ke posisi yang menguntungkan;
  • Sacrifice atau pengorbanan adalah strategi mengorbankan bidak untuk mencapai keuntungan strategis yang lebih besar;
  • Fork atau pengepungan adalah serangan terhadap dua atau lebih bidak lawan secara bersamaan. Lawan harus memilih untuk menyelamatkan salah satu bidaknya;
  • Pawn push adalah langkah yang dilakukan dengan pion untuk membuka jalan bagi bidak lainnya;
  • Interposition adalah strategi memasukkan bidak di antara bidak lawan yang sedang menyerang. Hal ini berguna untuk melindungi bidak yang sedang diserang dan juga untuk menghambat serangan lawan;
  • Pawn promotion adalah situasi ketika pion berhasil mencapai baris paling akhir dari area lawan. Pemain dapat mempromosikan pion tersebut ke bidak yang lebih kuat seperti benteng, gajah, kuda, atau menteri.

5. Gelar bagi pemain catur

Istilah dalam Catur, Gak Cuma Sekakmat! Ilustrasi orang sedang bermain catur. (Pixabay.com/12019)

Bagi seorang atlet catur, mereka akan memiliki sebuah gelar. Gelar ini menggambarkan tingkat kemampuan atau level yang dimiliki oleh seorang pemain, baik untuk tingkat nasional maupun internasional. Berikut adalah gelar yang dikeluarkan oleh Federation Internationale des Echecs (FIDE), organisasi catur dunia:

  • Grandmaster (GM) dan Woman Grandmaster (WGM) adalah gelar tertinggi dalam catur. Seorang GM harus memiliki rating FIDE sebesar 2500 serta tiga norma GM dalam kompetisi internasional. WGM harus memiliki rating FIDE sebesar 2300 serta tiga norma WGM dalam kompetisi internasional;
  • International Master (IM) untuk pemain yang telah memiliki rating FIDE sebesar 2400 serta tiga norma IM dalam kompetisi internasional. Woman International Master (WIM) untuk pemain yang telah memiliki rating FIDE sebesar 2200 serta tiga norma WIM dalam kompetisi internasional;
  • FIDE Master (FM) untuk pemain yang telah memiliki rating FIDE sebesar 2300. Woman FIDE Master (FM) untuk pemain yang telah memiliki rating FIDE sebesar 2100. Kedua gelar ini tidak memerlukan norma;
  • Candidate Master (CM) untuk pemain yang telah memiliki rating FIDE sebesar 2200. Woman Candidate Master (CM) untuk pemain yang telah memiliki rating FIDE sebesar 2200. Kedua gelar ini tidak memerlukan norma.

Istilah-istilah dalam catur di atas jangan cuma dibaca saja, ya, tetapi sekalian dipahami agar kamu bisa memainkan catur dengan lebih andal. Memahami istilah dalam catur ini tentunya juga sangat berguna untuk mengembangkan strategi yang lebih baik saat kamu tengah berada di dalam permainan.

Baca Juga: 10 Benda Bertema Catur Paling Nyentrik, Ada yang 3D?

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya