Perbedaan Voli Pantai dan Voli Biasa, Miliki Aturan Tersendiri 

Voli pantai memerlukan fisik yang lebih prima

Bola voli adalah olahraga yang populer hampir di seluruh dunia. Olahraga ini memerlukan keahlian teknis, kekuatan, kecepatan, kelincahan, dan kerja sama tim yang baik. Bola voli sendiri dimainkan oleh dua regu atau tim.

Bola voli memiliki dua kategori, yaitu voli pantai dan voli biasa. Walaupun sama-sama menggunakan bola dan dimainkan secara beregu, kedua olahraga permainan ini memiliki beberapa perbedaan. Berikut perbedaan voli pantai dan voli biasa.

1. Lapangan dan ukurannya 

Perbedaan Voli Pantai dan Voli Biasa, Miliki Aturan Tersendiri Pemain voli pantai sedang melakukan smash. (unsplash.com/Colton Duke)

Melihat dari namanya, tentu saja voli pantai dimainkan di pantai atau di arena berpasir. Voli pantai tidak dimainkan di dalam ruangan (indoor). Sedangkan, voli biasa dimainkan di lapangan yang padat (bukan pasir) seperti di area terbuka (outdoor) dengan lapangan tanah dan area tertutup (indoor) dengan lapangan berlantai ubin maupun kayu.

Ukuran lapangan keduanya juga memiliki perbedaan. Lapangan voli pantai memiliki ukuran yang lebih kecil dari voli biasa, yaitu 16x8 meter. Sedangkan voli biasa memiliki ukuran 18x9 meter.

Baca Juga: Profil Song Jun Ho, Atlet Voli Korea di Proliga yang Curi Perhatian

2. Jumlah pemain 

Perbedaan Voli Pantai dan Voli Biasa, Miliki Aturan Tersendiri Pemain voli sedang bertanding. (unsplash.com/ODAYAKA GUREI)

Jumlah pemain antara kedua jenis bola voli ini sangat berbeda. Bola voli biasa terdiri dari enam pemain dengan tugas yang berbeda-beda. Ada yang bertugas sebagai penyerang atau smasher, ada yang bertugas di belakang atau bertahan (libero), dan ada yang bertugas sebagai pengumpan. Untuk pemain cadangan dalam voli biasa berjumlah enam orang.

Sedangkan, untuk voli pantai, pemain hanya terdiri dari dua orang. Oleh karena itu, tidak ada pembagian tugas seperti voli biasa dan tidak menggunakan pemain cadangan. Tentunya voli pantai akan memerlukan fisik yang lebih prima karena:

  • bermain hanya dengan dua orang pemain;
  • lapangan berpasir membuat langkah menjadi lebih berat;
  • bermain di bawah terik matahari.

3. Aturan permainan 

Perbedaan Voli Pantai dan Voli Biasa, Miliki Aturan Tersendiri Satu tim dalam voli biasa yang terdiri dari enam orang. (unsplash.com/Katerina)

Aturan skor voli biasa terdiri dari lima set permainan. Masing-masing set menggunakan sistem skor rally poin 25. Untuk set terakhir menggunakan skor 15.

Untuk voli pantai menggunakan tiga set permainan. Untuk 2 set permainan dimainkan hingga mencapai poin 21. Sedangkan, set terakhir dimainkan hingga mencapai poin 15.

Untuk giliran servis bola, pada voli biasa dilakukan secara bergantian dengan aturan searah jarum jam. Sedangkan, voli pantai tidak dilakukan seperti voli biasa, karena terdiri dari dua orang pemain saja.

Selain itu, perbedaan voli pantai dan voli biasa lainnya ada pada net dan bola. Untuk ukuran net voli biasa adalah 9x1 meter dengan tinggi tiang 2,55 meter. Sedangkan, ukuran net voli pantai adalah 8,5x1 meter dengan tinggi tiang sama dengan voli biasa. Ukuran bola voli biasa 65 hingga 67 sentimeter, bola voli pantai 66 hingga 68 sentimeter.

Nah, sudah tahu, kan, perbedaan voli pantai dan voli biasa? Keduanya cukup menarik. Kamu bisa mencobanya bersama teman. Siap-siap bermain ramai-ramai, ya!

Baca Juga: Profil Fahri Septian, Timnas Voli Putra yang Sabet Emas SEA Games 2023

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya