Naik 4 Strip, Hafiz/Gloria Temani Owi/Butet di 10 Besar Dunia

Keduanya diharapkan menjadi penerus Owi/Butet

Hasil baik yang diperoleh pasangan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dalam dua turnamen terakhir yang diikuti keduanya membuat peringkat keduanya naik dengan cukup signifikan.

Dalam daftar ranking terbaru yang dikeluarkan oleh Badminton World Federation (BWF) pada hari Kamis (19/7/2018), Hafiz/Gloria naik 4 peringkat ke posisi 7 dunia dan menjadi ganda campuran peringkat 2 Indonesia di bawah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Naik peringkat karena hasil baik di dua turnamen

Naik 4 Strip, Hafiz/Gloria Temani Owi/Butet di 10 Besar Duniatwitter.com/INABadminton

Dalam dua turnamen yang mereka ikuti, Hafiz/Gloria menunjukkan penampilan yang baik dan konsisten. Di turnamen Blibli Indonesia Open 2018 dua pekan lalu, keduanya berhasil lolos sampai babak semifinal sebelum dikalahkan oleh Owi/Butet.

Sementara di Toyota Thailand Open 2018 pekan lalu, Hafiz/Gloria berhasil keluar sebagai juara tanpa kehilangan satu game pun.

Dua hasil positif tersebut membuat keduanya naik enam peringkat. Pekan lalu, Hafiz/Gloria naik dua strip dari peringkat 13 ke peringkat 11. Pekan ini, keduanya kembali merangkak dari peringkat 11 ke peringkat 7 dunia.

Hafiz/Gloria jadi andalan di Kejuaraan Dunia 2018

Naik 4 Strip, Hafiz/Gloria Temani Owi/Butet di 10 Besar Duniatwitter.com/INABadminton

Karena dekatnya jadwal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2018 (30 Juli - 5 Agustus) dengan jadwal pertandingan bulu tangkis pada Asian Games 2018 (19 - 28 Agustus), pasangan peringkat satu dunia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tidak dikirimkan pada Kejuaraan Dunia yang digelar di Nanjing, Tiongkok, agar dapat lebih fokus untuk Asian Games.

Tanggung jawab sebagai ganda campuran utama itu kemudian diberikan kepada Hafiz/Gloria yang merupakan pasangan di peringkat terbaik kedua setelah Owi/Butet.

Selain Hafiz/Gloria, PBSI juga mengirimkan tiga pasangan lainnya, yakni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami, serta Ronald/Annisa Saufika.

Secara tidak langsung, Hafiz/Gloria juga menjadi kandidat terkuat untuk Olimpiade Tokyo 2020

Naik 4 Strip, Hafiz/Gloria Temani Owi/Butet di 10 Besar Duniatwitter.com/INABadminton

Kabar mengenai akan pensiunnya Liliyana Natsir dan Debby Susanto pasca Asian Games merupakan hal yang menjadi sorotan banyak pihak, khususnya PBSI. Sebab itu artinya Indonesia akan kehilangan dua playmaker sekaligus.

Untuk menyiasatinya, PBSI merombak beberapa pasangan ganda campuran, termasuk mengikutsertakan atlet spesialis ganda putra, Ricky Karandasuwardi ke dalam tim ganda campuran, untuk mencari penerus Owi/Butet.

Dari empat pasangan baru hasil rombakan, sampai saat ini, Hafiz/Gloria merupakan pasangan yang paling menjanjikan. Selain berhasi mencapai babak semifinal di Indonesia Open dan menjadi juara di Thailand Open, keduanya juga sempat lolos ke babak perempat final All England 2018 di bulan Maret lalu.

Selain Hafiz/Gloria, pasangan lain yang sempat menunjukkan tren permainan yang positif adalah pasangan Praveen/Melati yang di awal tahun ini menjadi runner-up di India Open 2018.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya