Jadwal 4 Turnamen Bulu Tangkis Penting Bulan Agustus 2018

Dua di antaranya merupakan target besar PBSI

Setelah mengikuti lima turnamen bulutangkis dalam lima pekan berturut-turut yang dimulai dari mulai Malaysia Open, Indonesia Open, Thailand Open, Singapore Open, dan ditutup dengan Akita Masters hari ini (29/7/2018), para pebulu tangkis Tanah Air akan bersiap mengikuti turnamen-turnamen selanjutnya di bulan Agustus.

Dari banyak turnamen, terdapat empat turnamen penting yang dua di antaranya merupakan kejuaraan besar dan menjadi target khusus Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Berikut daftar turnamennya.

1. Total BWF World Championships 2018

Jadwal 4 Turnamen Bulu Tangkis Penting Bulan Agustus 2018twitter.com/INABadminton

Total BWF World Championships 2018 atau Kejuaraan Dunia 2018 merupakan turnamen individu Grade 1 yang menjadi bagian dari HSBC BWF World Tour. Pada edisi ke-24 tahun ini, turnamen dengan poin ranking terbesar ini akan digelar di Kota Nanjing, Tiongkok, pada tanggal 30 Juli-5 Agustus mendatang.

PBSI menargetkan satu gelar di Kejuaraan Dunia. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti mengatakan, "Target kami satu gelar, harapannya bisa lebih dari satu. Kami tidak memfokuskan pasti dari ganda putra, bisa dari sektor mana saja. Tapi kalau peluang memang paling besar dari ganda putra."

"Ganda campuran juga berpeluang, begitu juga ganda putri. Tanpa bermaksud mengecilkan tunggal putra dan tunggal putri, justru ini jadi penyemangat dan harus bisa membuktikan kalau mereka juga mampu," tambah Susy.

Di Kejuaraan Dunia 2018 ini, Indonesia mengirimkan 17 wakil dengan rincian sebagai berikut:

  1. Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Tommy Sugiarto
  2. Tunggal Putri: Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung
  3. Ganda Putra: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Berry Angriawan/Hardianto, dan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso
  4. Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani, dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Agatha Imanuela
  5. Ganda Campuran: Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan/Melati Daeva Octavianti, Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami, dan Ronald Alexander/Annisa Saufika.

2. Yonex Sunrise Vietnam Open 2018

Jadwal 4 Turnamen Bulu Tangkis Penting Bulan Agustus 2018bwfbadminton.com

Turnamen Yonex Sunrise Vietnam Open 2018 yang merupakan turnamen level International Challenge akan digelar pada tanggal 7-12 Agustus mendatang, tepatnya satu pekan setelah Kejuaraan Dunia 2018.

Turnamen level ini biasanya digunakan oleh para pemain muda untuk menambah jam terbang mereka atau oleh para atlet yang peringkatnya tidak cukup untuk ikut turnamen di level yang lebih tinggi.

Kesempatan ini tak disia-siakan oleh Indonesia yang mengirimkan 27 wakilnya ke turnamen ini. Dari 27 wakil ini, dua di antaranya merupakan wakil gado-gado yang dimotori oleh Rusydina Antardayu Riodingin.

Pebulu tangkis ini bermain di tiga nomor, yakni tunggal putri serta ganda putri dan campuran bersama dua pemain Malaysia.

Berikut daftar lengkap pemain Indonesia yang bertanding di Vietnam Open 2018:

  1. Tunggal Putra: Firman Abdul Kholik, Shesar Hiren Rhustavito, Sony Dwi Kuncoro, Andre Marteen, Gatjra Piliang Fiqihila Cupu, Henrikho Kho Wibowo, Cico Aura Dwi Wardoyo, Muhammad Bayu Pangisthu, dan Fikri Ihsandi Hadmadi.
  2. Tunggal Putri: Rusydina Antardayu Riodingin dan Yulia Yosephin Susanto.
  3. Ganda Putra: Angga Pratama/Rian Agung Saputro, Rehan Naufal Kusharjanto/Rinov Rivaldy, Calvin Kristanto/Giovani Dicky Oktavan, dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.
  4. Ganda Putri: Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Nitya Krishinda Maheswari/Rosyita Eka Putri Sari, Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto, Mychelle Crhystine Bandaso/Serena Kani, Pitha Haningtyas Mentari/Virni Putri, dan Rusydina Antardayu Riodingin/Peiy Yee Payee Lim.
  5. Ganda Campuran: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami, Fachryza Abimanyu/Bunga Fitriani Romadhini, Andika Ramadiansyah/Mychelle Crhystine Bandaso, Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan Mohammad Arif Ab Latif Arif/Rusydina Antardayu Riodingin.

2. Asian Games 2018

Jadwal 4 Turnamen Bulu Tangkis Penting Bulan Agustus 2018bwfbadminton.com

Pesta olahraga empat tahunan bagi negara-negara Asia ini akan digelar di Jakarta-Palembang dari mulai tanggal 18 Agustus - 2 September 2018. Pada edisi ke-18 ini, Asian Games 2018 mempertandingkan 465 nomor dari 40 cabang olahraga.

Dari semua cabang olahraga tersebut, cabor bulu tangkis sendiri akan digelar pada tanggal 19 - 28 Agustus di Istora Senayan, Jakarta. Pada cabor ini, diperebutkan 7 medali emas dari nomor tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, beregu putra dan putri, serta ganda campuran.

Di kejuaraan ini PBSI menargetkan dua medali emas, khususnya dari nomor ganda putra dan campuran melalui pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo serta Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Indonesia mengirimkan 20 atlet dengan rincian sebagai berikut:

Tim putra:

  1. Jonatan Christie
  2. Anthony Sinisuka Ginting
  3. Ihsan Maulana Mustofa
  4. Marcus Fernaldi Gideon
  5. Kevin Sanjaya Sukamuljo
  6. Fajar Alfian/
  7. Muhammad Rian Ardianto
  8. Mohammad Ahsan
  9. Tontowi Ahmad
  10. Ricky Karanda Suwardi.

Tim putri:

  1. Fitriani
  2. Gregoria Mariska Tunjung
  3. Ruselli Hartawan
  4. Greysia Polii
  5. Apriyani Rahayu
  6. Della Destiara Haris
  7. Rizki Amelia Pradipta
  8. Ni Ketut Mahadewi Istarani
  9. Liliyana Natsir
  10. Debby Susanto.

3. Spain Masters 2018

Jadwal 4 Turnamen Bulu Tangkis Penting Bulan Agustus 2018bwfbadminton.com

Spain Masters 2018 yang merupakan turnamen level Super 300 dan turnamen bulu tangkis terbesar di Spanyol. Negeri Matador ini menjadi sorotan dunia bulu tangkis usai atletnya, Carolina Marin, sukses meraih gelar Juara Dunia 2014-2015 serta medali emas Olimpiade Rio 2016.

Dalam daftar Main & Qualifying (M&Q), tidak ada pemain Indonesia yang ikut serta. Selain karena jaraknya yang jauh, penyelenggarannya juga beririsan dengan Asian Games, yakni pada tanggal 28 Agustus - 2 September 2018.

Namun, turnamen yang digelar di kota Barcelona, Spanyol, ini tetap diikuti oleh banyak pebulu tangkis elit dunia lainnya, seperti Carolina Marin, Mathias Boe/Carsten Mogensen, serta pasangan suami istri Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

Selain atlet-atlet tersebut, ada dua pasangan lain yang turut menjadi sorotan, yakni Lee Yong Dae/Kim Gi Jung serta Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol. Keempat pemain tersebut sebelumnya sempat menyatakan akan pensiun dari dunia bulu tangkis. Namun, melihat nama keempatnya kembali muncul, sepertinya mereka menunda rencana tersebut.

Belum diketahui apa alasan para pemain ganda tersebut kembali bermain. Namun, jika melihat peta kekuatan bulu tangkis Korea, yang dalam dua tahun terakhir ini sangat fluktuatif, bisa jadi keempatnya sengaja dimainkan kembali untuk mendongkrak mental para pemain muda Korea, khususnya di sektor ganda, yang saat ini belum menunjukkan prestasi serupa seperti pada beberapa tahun ke belakang.

Lee Yong Dae merupakan peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 di nomor ganda campuran, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol merupakan Juara Dunia 2014 Copenhagen, sementara Kim Gi Jung, bersama dengan Kim Sa Rang merupakan peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2013-2014.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya