Nadal Hadapi Thiem di Final Grand Slam French Open 2018

Siapa pun yang menang, akan menciptakan sejarah

Turnamen Grand Slam French Open 2018 akan sampai di babak akhir. Di pertandingan semifinal nomor tunggal putra, peringkat satu dunia dan unggulan pertama asal Spanyol, Rafael Nadal kembali lolos ke babak final. Ia akan menghadapi unggulan ketujuh dari Austria, Dominic Thiem.

1. Kedua pemain mengalahkan lawan-lawannya dalam straight set

Nadal Hadapi Thiem di Final Grand Slam French Open 2018indianexpress.com

Petenis peringkat delapan dunia, Dominic Thiem berhasil lolos lebih dulu pada pertandingan yang digelar pada Jumat (6/8) siang hari. Thiem berhasil menghentikan laju impresif petenis peringkat 72 dunia asal Italia, Marco Cecchinato dengan skor 7-5, 7-6 (12-10), 6-1.

Kemudian pada semifinal sesi sore, juara bertahan Rafael Nadal berhasil menyusul Thiem ke babak final usai mengalahkan petenis Argentina, Juan Martin del Potro dengan skor 6-4, 6-1, 6-2.

2. Final Grand Slam ke-23 bagi Nadal dan final pertama bagi Thiem

Nadal Hadapi Thiem di Final Grand Slam French Open 2018indianexpress.com

Sebagai pemain yang lebih senior dan berpengalaman, Nadal yang kini berusia 32 tahun berhasil lolos ke final Grand Slam ke-23 dalam kariernya. Dari ke-23 final tersebut, Nadal telah berhasil meraih 16 gelar Grand Slam dan 10 di antaranya merupakan gelar di Roland Garros.

Sementara bagi petenis berusia 24 tahun, Thiem, final nanti merupakan final Grand Slam pertamanya. Prestasi ini memperbaiki hasil yang ia raih pada dua edisi sebelum ini di mana Thiem berhasil lolos sampai babak semifinal di French Open tahun 2016 dan 2017.

3. Siapa pun yang menang, akan menciptakan sejarah

Nadal Hadapi Thiem di Final Grand Slam French Open 2018express.co.uk

Final di French Open 2018 ini merupakan final ke-11 Nadal di turnamen tanah liat terbesar di dunia ini. Dari 10 final sebelumnya, Nadal selalu berhasil meraih gelar juara. Dalam sejarah tenis, belum ada satu pun petenis putra yang berhasil meraih 11 gelar Grand Slam di satu turnamen yang sama.

Sedangkan di nomor putri, petenis Australia, Margaret Court berhasil meraih 11 gelar juara di turnamen Grand Slam Australian Open. Namun, Court meraih prestasi tersebut dari sebelum era terbuka. Jika Nadal berhasil meraih gelar juara, maka ia akan menjadi petenis pertama yang meraih 11 gelar Grand Slam pada era terbuka.

Sementara bagi Thiem, jika berhasil menjadi juara ia akan meraih gelar Grand Slam pertamanya. Selain itu, Thiem juga akan menjadi petenis Austria kedua setelah Thomas Muster yang berhasil meraih gelar di Roland Garros.

Melihat prestasi kedua pemain, dapat disimpulkan bahwa kedua pemain merupakan spesialis lapangan tanah liat. Dari head-to-head, Nadal unggul dengan kedudukan 6-3. Namun kemenangan terakhir justru dicatatkan oleh Thiem, yakni di ATP World Tour Masters 1000 Madrid.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya