Owi/Butet ke Semifinal, Indonesia Segel Satu Tempat di Final

Keduanya akan hadapi wakil Indonesia di semifinal

Turnamen Blibli Indonesia Open 2018 telah memasuki babak perempat final. Babak delapan besar dimulai pukul 12.00 WIB hari ini (6/7/2018). Pasangan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses melangkah ke babak semifinal.

Dengan hasil ini, Indonesia memastikan diri menyegel satu tempat di partai puncak karena pertandingan babak perempatfinal lainnya mempertemukan dua wakil Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja melawan Ricky Karandasuwardi/Debby Susanto.

1. Owi/Butet kalahkan wakil Tiongkok dengan relatif mudah

Owi/Butet ke Semifinal, Indonesia Segel Satu Tempat di Finalbwfbadminton.com

Bermain di partai pembuka, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir bermain dengan sangat baik. Melawan pasangan Tiongkok, Zhang Nan/Li Yinhui, pasangan Indonesia ini menang dengan skor meyakinkan, 21-17, 21-14.

Pertemuan tadi menjadi yang keempat bagi kedua pasangan dan Owi/Butet kembali memperpanjang rekor kemenangan mereka menjadi 4-0 atas pasangan Tiongkok tersebut.

Di babak semifinal, Owi/Butet akan melawan pemenang antar Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja versus Ricky Karandasuwardi/Debby Susanto.

2. Menjaga asa mempertahankan gelar

Owi/Butet ke Semifinal, Indonesia Segel Satu Tempat di Finalbwfbadminton.com

Owi/Butet merupakan juara bertahan di turnamen Indonesia Open. Tahun lalu, keduanya berhasil meraih gelar pertama mereka di turnamen ini dengan mengalahkan unggulan pertama dari Tiongkok, Zheng Siwei/Chen Qingchen dengan skor 22-20, 21-15.

Kemenangan tersebut menjadi awal dari tiga kemenangan beruntun yang diraih Owi/Butet di final turnamen bulu tangkis. Setelahnya, Owi/Butet kembali menang di Kejuaraan Dunia 2017 dan French Open 2017 atas lawan yang sama. Akibatnya, Zheng Siwei/Chen Qingchen pun dipecah.

Jika berhasil mempertahankan gelarnya, maka Owi/Butet akan menjadi ganda campuran Indonesia pertama yang berhasil menorehkan prestasi tersebut sejak Tri Kusharjanto/Minarti Timur mempertahankan gelar mereka pada tahun 1998-1999. Bahkan pasangan Tri Kus/Minarti sukses meraih lima gelar Indonesia Open beruntun dari tahun 1995-1999.

3. Ganda putri Jepang juga segel satu tempat di final

Owi/Butet ke Semifinal, Indonesia Segel Satu Tempat di Finalbwfthomasubercups.com

Setali tiga uang dengan ganda campuran Indonesia, ganda putri Jepang juga berhasil menyegel satu tempat di babak final usai dua wakilnya di perempat final mengalahkan lawan-lawan mereka.

Juara Olimpiade Rio 2016, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi sukses mengalahkan duet muda Tiongkok, Huang Dongping/Li Wenmei melalui pertarungan rubber game dengan skor 13-21, 21-12, 21-19.

Tak lama berselang, rekan senegara mereka yang merupakan Juara Asia 2018, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota juga sukses melaju semifinal usai mengalahkan pasangan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dengan skor 21-14, 22-20.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya