Owi/Butet Gapai Puncak, Indonesia Punya Dua Ganda di Peringkat 1 Dunia

Indonesia jadi satu-satunya negara yang punya dua pemain/pasangan di peringkat satu dunia

Dalam daftar peringkat baru yang dikeluarkan BWF pada Kamis (3/5) kemarin, seperti yang sudah diprediksi, pasangan ganda campuran kebanggaan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akhirnya berhasil menjadi ganda campuran peringkat satu dunia. Setelah hampir delapan tahun berpasangan, keduanya akhirnya bisa merasakan singgasana nomor wahid tersebut.

Meskipun kalah di babak final Badminton Asia Championships (BAC) atau Kejuaraan Asia atas Wang Yilyu/Huang Dongping, tetapi poin yang dikumpulkan Owi/Butet sudah lebih dari cukup untuk mengungguli lawannya tersebut yang saat ini bertengger di peringkat dua.

Dengan prestasi ini, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang berhasil menempatkan dua pemain/pasangannya di peringkat satu dunia. Sebab nomor lain masing-masing dihuni oleh wakil dari negara berbeda, yakni Viktor Axelsen dari Denmark, Tai Tzu Ying dari China Taipei, serta Chen Qingchen/Jia Yifan dari Tiongkok.

1. Setelah Kido/Hendra dan Nova/Butet, kini giliran Minions dan Owi/Butet

Owi/Butet Gapai Puncak, Indonesia Punya Dua Ganda di Peringkat 1 Duniabwfbadminton.com

Dengan naiknya Owi/Butet ke peringkat satu dunia, keduanya akan menemani Minions yang sudah berada di posisi tersebut sejak September 2017 lalu. Ini merupakan kali kedua Butet menjadi nomor satu dunia di nomor ganda campuran setelah sebelumnya juga meraih prestasi serupa bersama dengan Nova Widianto.

Ini juga merupakan kedua kalinya Indonesia punya dua pemain/pasangan di peringkat puncak BWF sejak tahun 2008. Kala itu, pasangan ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan serta pasangan ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir juga menjadi pasangan nomor satu dunia.

2. Posisi Minions aman karena tabungan poinnya banyak

Owi/Butet Gapai Puncak, Indonesia Punya Dua Ganda di Peringkat 1 Duniabwfbadminton.com

Berbeda dengan beberapa pebulutangkis lain, seperti Viktor Axelsen dan Tai Tzu Ying, yang harus mengalami penurunan ranking karena perubahan jadwal turnamen di tahun 2018, ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo atau yang dikenal dengan julukan Minions tidak mengalami hal tersebut karena pundi-pundi poin yang dimiliki keduanya sangat banyak.

Meskipun Minions merupakan juara di Malaysia Open 2017 semifinalis di Singapore Open 2017, yang poin ranking keduanya hangus di bulan April lalu, tetapi karena cadangan poin yang dimiliki Minions sangat banyak, mereka tetap bertahan di peringkat satu. Bahkan perolehan poin ranking keduanya sempat menyentuh angka 100989 yang merupakan rekor poin ranking terbanyak yang pernah diraih oleh pasangan ganda putra manapun.

3. Owi/Butet akan jadi nomor satu setidaknya sampai 7 minggu ke depan

Owi/Butet Gapai Puncak, Indonesia Punya Dua Ganda di Peringkat 1 Duniabwfbadminton.com

Dengan jumlah poin ranking sebesar 76270, yang salah satunya berasal dari Indonesia Open 2017, maka Owi/Butet akan menikmati posisi mereka ini sampai setidaknya 7 minggu ke depan, yakni saat poin ranking Indonesia Open 2017 hangus di minggu ketiga bulan Juni mendatang. Meskipun minggu depan Australia Open 2018 akan digelar dan poin ranking Owi/Butet sebesar 2220 akan hangus, tetapi poin setelahnya, yakni 74050 tetap lebih besar dari poin ranking Wang/Huang yang akan menjadi 70580 pasca Australia Open.

Saat nanti poin Indonesia Open 2017 hangus, hampir dapat dipastikan bahwa Owi/Butet akan turun dari singgasana mereka. Namun jika keduanya tampil di Malaysia Open dan Indonesia Open 2018 serta mendapat hasil yang baik, bukan tidak mungkin bahwa Owi/Butet dapat merebut kembali posisi tersebut. Mari kita tunggu bersama.

 

Sumber:

https://sport.idntimes.com/soccer/ari-cipta-gunawan/akhirnya-owibutet-akan-jadi-ganda-nomor-satu-dunia-c1c2

http://bwfbadminton.com/rankings/

http://bwfbadminton.com/rankings/2/bwf-world-rankings/8/men-s-doubles/2018/18?rows=25&page_no=1&player1_id=26394&player2_id=80057 (Ranking Minions)

http://bwfbadminton.com/rankings/2/bwf-world-rankings/10/mixed-doubles/2018/18?rows=25&page_no=1&player1_id=54267&player2_id=14727 (Ranking Owi/Butet)

https://web.archive.org/web/20080714045153/http://www.internationalbadminton.org:80/sranking_ms.asp?id1=3 (Ranking Markis Kido/Hendra Setiawan - situs aslinya sudah tidak ada, jadi tidak bisa disebutkan tanggal dan bulan spesifiknya karena hanya bisa mengandalkan archive.org)

https://web.archive.org/web/20080516065224/http://www.internationalbadminton.org:80/sranking_ms.asp?id1=5 (Ranking Nova Widianto/Liliyana Natsir - situs aslinya sudah tidak ada, jadi tidak bisa disebutkan tanggal dan bulan spesifiknya karena hanya bisa mengandalkan archive.org)

http://bwfcorporate.com/events/calendar

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya