5 Pemain Non-Unggulan Ini Lolos ke Perempat Final Kejuaraan Dunia 2018

Dua diantaranya akan memperebutkan tiket babak semifinal

Turnamen Total BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia 2018 menjadi turnamen yang memberikan kesan tersendiri bagi para pemain. Khususnya bagi pemain-pemain non-unggulan yang berhasil mengalahkan pemain yang lebih diunggulkan.

Seperti yang terjadi pada pemain Brasil, Ygor Coelho, yang di babak ketiga (32 besar) kemarin mengalahkan wakil India, H.S. Prannoy. Sayang, langkah Coelho harus terhenti di babak 16 besar usai dikalahkan pebulu tangkis China Taipei, Chou Tien Chen.

Namun, kejutan tersebut tak hanya dilakukan oleh pebulutangkis Brasil ini. Beberapa pemain non-unggulan lain pun ada yang masih bertahan dan terus melaju sampai babak perempat final yang akan digelar hari Jumat (3/8/2018).

1. Sai Praneeth

5 Pemain Non-Unggulan Ini Lolos ke Perempat Final Kejuaraan Dunia 2018bwfbadminton.com

Pebulutangkis India peringkat 26 dunia ini lolos ke babak perempat final usai mengalahkan sesama pemain non-unggulan asal Denmark, Hans-Kristian Vittinghus, dengan skor, 21-13, 21-11 dalam tempo 39 menit. Di babak 8 besar, Praneeth yang merupakan juara Singapore Open 2017 akan bertemu dengan unggulan ke-6 sekaligus favorit juara, Kento Momota.

Hal yang menarik adalah, dari dua pertemuan sebelumnya, pebulutangkis India ini selalu meraih kemenangan. Namun, yang perlu dicatat adalah, keduanya terakhir bertemu di tahun 2013.

Sejak itu kedua pemain telah mengalami perkembangan, baik dari segi mental, fisik, maupun kematangan bermain. Menarik untuk melihat bagaimana pertandingan keduanya berlangsung.

2. Kanta Tsuneyama

5 Pemain Non-Unggulan Ini Lolos ke Perempat Final Kejuaraan Dunia 2018bwfbadminton.com

Pebulutangkis Jepang berperingkat 27 dunia ini juga lolos ke babak 8 besar usai mengalahkan pebulutangkis non-unggulan lainnya, yakni wakil Prancis, Brice Leverdez, dengan skor 21-17, 21-15. Di babak kedua, Tsuneyama juga mengalahkan wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.

Di perempat final, juara Thailand Open 2018 ini akan kembali menghadapi pebulutangkis non-unggulan lain, yakni Daren Liew asal Malaysia yang lolos usai mengalahkan wakil India, Srikanth Kidambi.

3. Daren Liew

5 Pemain Non-Unggulan Ini Lolos ke Perempat Final Kejuaraan Dunia 2018bwfbadminton.com

Absennya Lee Chong Wei karena gangguan pernapasan sepertinya membuat tunggal putra Malaysia ini bersemangat untuk menjadi pengganti pebulutangkis kebanggaan Malaysia tersebut. Usai menjadi juara di French Open 2012, karier Daren mengalami penurunan dan lebih sering diturunkan di turnamen level bawah.

Di babak 16 besar, Daren berhasil mengalahkan pebulutangkis India unggulan ke-5, Srikanth Kidambi, dengan skor identik, 21-18, 21-18. Di babak pertama, Daren mengalahkan pemain Indonesia, Jonatan Christie.

Di perempat final, pebulutangkis peringkat 39 dunia ini akan melawan pebulutangkis non unggulan lain, yakni Kanta Tsuneyama, yang lolos usai mengalahkan pebulutangkis Prancis, Brice Leverdez.

4. Aaron Chia/Soh Wooi Yik

5 Pemain Non-Unggulan Ini Lolos ke Perempat Final Kejuaraan Dunia 2018nst.com.my

Jika mesti menebak ganda putra Malaysia mana yang akan lolos ke perempat final Kejuaraan Dunia 2018, maka mungkin jawabannya adalah peraih medali perak Olimpiade Rio 2016, Goh V Shem/Tan Wee Kiong, atau mungkin ganda peringkat dua Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Namun, fakta di lapangan berkata lain. Kedua ganda di atas justru kandas lebih dulu sebelum mencapai babak perempat final. Ganda putra ketiga Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, berhasil menjaga asa negaranya untuk meraih medali di Kejuaraan Dunia 2018 ini, khususnya di nomor ganda putra.

Pasangan peringkat 35 dunia ini lolos ke babak 8 besar usai mengalahkan Juara Eropa 2018, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, dengan skor 21-18, 21-16. Di babak perempat final, Aaron/Soh akan melawan Juara Asia 2018, Li Junhui/Liu Yuchen.

5. Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa

5 Pemain Non-Unggulan Ini Lolos ke Perempat Final Kejuaraan Dunia 2018scroll.in

Sama seperti Malaysia, India juga meloloskan dua wakil non-unggulannya ke babak 8 besar. Kombinasi junior-senior, Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa lolos ke perempat final usai mengalahkan pasangan Malaysia yang baru saja menjuarai turnamen Singapore Open 2018, Goh Soon Huat/Shevon Jamie Lai, dengan skor 20-22, 21-14, 21-6.

Di babak 8 besar, pasangan peringkat 40 dunia ini akan ditantang oleh unggulan pertama sekaligus favorit juara, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Pertemuan nanti akan menjadi yang pertama bagi kedua pasangan.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya