5 Pesepak Bola Asing Terbaik yang Pernah Direkrut oleh Liverpool

Ada mantan pemain Barcelona #IDNTimesSport

Sejak ditangani Jurgen Klopp, Liverpool bisa dibilang menemukan kembali performa terbaiknya. Klub berjuluk The Reds tersebut pun semakin konsisten untuk bersaing dalam perebutan gelar Premier League dan Liga Champions. Semua itu tentu saja tidak terlepas dari banyaknya pemain bintang yang berada di skuad Liverpool saat ini.

Liverpool sendiri dikenal sebagai klub sepak bola yang sangat sering mendatangkan pemain dari luar Inggris. Hebatnya, beberapa nama di antaranya berhasil menorehkan catatan yang impresif di Anfield. Berikut ini lima pemain asing terbaik yang pernah didatangkan oleh Liverpool.

1. Mohamed Salah (Mesir) 

5 Pesepak Bola Asing Terbaik yang Pernah Direkrut oleh LiverpoolMohamed Salah (90min.com)

Mohamed Salah merupakan salah satu pemain terbaik di kompetisi Eropa saat ini. Mantan pemain Chelsea itu direkrut oleh Liverpool dari AS Roma pada bursa transfer musim panas 2017. Sejak bergabung dengan The Reds, ia langsung berkembang menjadi salah satu penyerang terbaik di kompetisi Premier League.

Pemain berusia 29 tahun itu juga sukses meraih dua penghargaan top skor Premier League pada musim 2017/2018 dan 2018/2019. Tidak hanya itu, Salah juga berhasil mempersembahkan trofi Piala Dunia Antarklub, Liga Champions, dan Premier League untuk Liverpool.

2. Virgil van Dijk (Belanda) 

5 Pesepak Bola Asing Terbaik yang Pernah Direkrut oleh LiverpoolVirgil van Dijk (90min.com)

Virgil van Dijk didatangkan oleh Liverpool dari Southampton pada bursa transfer musim dingin 2018. Bek asal Belanda ini saat itu digaet dengan biaya yang sangat fantastis, yakni 84,65 juta euro atau setara Rp1,4 triliun. Nominal tersebut sempat membuat sang pemain menjadi bek termahal sedunia.

Walau dibeli dengan harga yang sangat mahal, van Dijk berhasil membuktikan dirinya. Ia secara konsisten memberikan performa kelas dunia untuk Liverpool. Postur tubuhnya yang tinggi juga kerap kali membuat penyerang lawan sangat sulit untuk melewatinya.

Baca Juga: 5 Pemain yang Diboyong Liverpool pada Deadline Day dan Nasibnya Kini

3. Luis Suarez (Uruguay) 

5 Pesepak Bola Asing Terbaik yang Pernah Direkrut oleh LiverpoolLuis Suarez (eurosport.com)

Luis Suarez merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Liverpool di era modern. Pemain asal Uruguay ini bahkan mendapatkan penghargaan penyerang terbaik Premier League musim 2013/2014. Musim tersebut memang menjadi tahun terbaik Suarez selama membela Liverpool.

Pasalnya, ia sukses menciptakan 31 gol dari 33 pertandingan di kasta tertinggi Inggris. Berkat torehan itu, ia juga sempat memenangi sepatu emas Premier League. Tahun tersebut sekaligus menjadi musim terakhir Suarez bersama Liverpool karena ia memutuskan hengkang ke Barcelona pada akhir musim.

4. Alisson Becker (Brasil) 

5 Pesepak Bola Asing Terbaik yang Pernah Direkrut oleh LiverpoolAlisson Becker (eurosport.com)

Penjaga gawang asal Brasil ini merupakan salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Alisson Becker telah menjadi salah satu tokoh kunci dalam keberhasilan tim asuhan Jurgen Klopp dalam meraih sejumlah trofi bergengsi. Alisson sendiri didatangkan dari AS Roma pada bursa transfer musim panas 2018 dengan biaya 62,5 juta euro atau setara Rp1 triliun.

Harga tersebut sempat membuat Alisson menjadi kiper termahal di dunia, sebelum akhirnya dipecahkan oleh Kepa Arrizabalaga yang direkrut Chelsea. Hal yang sangat menonjol dalam diri Alisson adalah kehebatannya dalam memberikan umpan jarak jauh dan refleks yang luar biasa. Musim lalu ia bahkan sempat mencetak gol ke gawang WBA melalui sundulan sekaligus memastikan Liverpool tetap berada dalam zona Liga Champions.

5. Sadio Mane (Senegal) 

5 Pesepak Bola Asing Terbaik yang Pernah Direkrut oleh LiverpoolSadio Mane (liverpool.com)

Sadio Mane bergabung dengan The Reds dari Southampton pada musim panas 2016. Ketika itu, pemain asal Senegal ini direkrut dengan biaya senilai 41,2 juta euro atau setara Rp698 miliar. Di musim debutnya, sang pemain langsung membuktikan kualitasnya dan memainkan peran yang sangat penting untuk Liverpool.

Namun, kehadiran Mohamed Salah justru membuat performanya tidak terlalu cemerlang. Walau begitu, Mane masih memainkan peran kunci di skuad Liverpool saat ini.

Itulah lima pemain asing terbaik yang pernah direkrut oleh Liverpool. Tercatat hanya Luis Suarez yang tidak lagi memperkuat Liverpool saat ini. Dari nama-nama di atas, siapa idolamu, Kopites?

Baca Juga: 7 Striker yang Pernah Membela Liverpool dan Chelsea 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya