6 Pembelian Termahal Manchester United di Era Ole Gunnar Solskjær

Ada yang cuma jadi penghuni bangku cadangan The Red Devils

Sejak ditunjuk jadi manajer Manchester United pada Desember 2018 lalu menggantikan posisi Jose Mourinho, Ole Gunnar Solskjær belum bisa mempersembahkan satu trofi pun ke kabinet piala yang ada di Old Trafford. Prestasti terbaik Ole Gunnar Solskjær adalah membawa Manchester United runner-up Premier League dan runner-up Europa League.

Meski begitu, manajamen The Red Devils sudah menghabiskan banyak uang untuk membeli pemain yang diinginkan oleh manajer asal Norwegia tersebut. Dan di bawah ini adalah enam pembelian termahal Manchester United di era Ole Gunnar Solskjær.

1. Harry Maguire (Rp1,43 triliun)

6 Pembelian Termahal Manchester United di Era Ole Gunnar SolskjærHarry Maguire (independent.co.uk)

Duo bek tengah Manchester United saat itu yakni Phil Jones dan Chris Smalling dianggap tak cukup bagi The Red Devils. Pada awal musim 2019/2020, Manchester United akhirnya menambah kekuatan di lini belakang dengan mendatangkan Harry Maguire dari Leicester City.

Harry Maguire didatangkan dengan biaya yang fantastis yakni mencapai 87 juta Euro atau sekitar Rp1,43 triliun, menjadikan Maguire sebagai bek dengan biaya transfer tertinggi hingga saat ini. The Red Devils yang dilanda krisis karena tak memiliki sosok pemimpin, menunjuk Maguire sebagai kapten tim pada pertengahan musim 2019/2020.

Maguire merupakan bek tengah andalan pelatih Ole Gunnar Solskjær. Di bawah Ole Gunnar Solskjær, Maguire sudah tampil dalam 120 laga bersama The Red Devils di semua ajang. Memang, Maguire belum memberikan trofi apapun untuk klubnya saat ini.

2. Jadon Sancho (Rp1,4 triliun)

6 Pembelian Termahal Manchester United di Era Ole Gunnar SolskjærJadon Sancho (premierleague.com)

Sudah memiliki winger muda potensial dalam diri Mason Greenwood dan Marcus Rashford, tapi sayangnya Ole Gunnar Solskjær merasa mereka berdua belum cukup untuk untuk lini depan timnya. Manchester United pada awal musim 2020/2021 lalu mengeluarkan dana yang banyak untuk mendatangkan winger muda lainnya yakni Jadon Sancho.

Sancho dibeli dari Borussia Dortmund seharga 85 juta Euro atau setara dengan Rp1,4 triliun, harga yang tinggi untuk pemain berusia 21 tahun itu. Penampilannya yang apik musim lalu dengan torehan 16 gol dan 20 assist dari 38 laga, membuat The Red Devils tak ragu merogoh kocek yang dalam.

Namun, sejauh ini Sancho belum bisa membuktikan bahwa harga tersebut pantas untuknya. Bersama Manchester United musim ini, Sancho lebih banyak duduk di bangku cadangan dan bermain sebagai pemain pengganti. Ia baru tampil dalam 13 laga bersama Manchester United di semua ajang dan belum menciptakan gol atau assist.

3. Bruno Fernandes (Rp1 triliun)

6 Pembelian Termahal Manchester United di Era Ole Gunnar SolskjærBruno Fernandes (premierleague.com)

Dalam formasi yang digunakan oleh Ole Gunnar Solskjær, menempatkan satu gelandang dibelakang penyerang yang berfungsi sebagai pengumpan bola serta menjadi pencetak gol lewat lini kedua. Hal itu dilakukan oleh Bruno Fernandes dengan sangat baik sejauh ini.

Mantan pemain Sporting Lisbon itu dibeli Manchester United pada Januari 2020 lalu dengan biaya mencapai 63 juta Euro atau sama dengan Rp1 triliun. Ia menjadi bagian puzzle yang hilang dalam skema racikan pelatih asal Norwegia. Sejak kedatangannya, Bruno langsung menjadi nyawa permainan The Red Devils.

Gelandang asal Portugal tersebut tak hanya piawai memberikan umpan matang, namun ia juga memiliki akurasi tendangan yang akurat. Jadi, wajar jika statistik Bruno Fernandes tergolong luar biasa untuk seorang gelandang. Ia sudah mencipatakan 44 gol dan 35 assist dalam 96 laga di semua kompetisi bersama The Red Devils.

4. Aaron Wan-Bissaka (Rp909,2 miliar)

6 Pembelian Termahal Manchester United di Era Ole Gunnar SolskjærAaron Wan-Bissaka (manutd.com)

Kepergian Ashley Young membuat Manchester United harus bergerak cepat untuk mencari bek sayap kanan yang mumpuni. Pilihan mereka jatuh pada Aaron Wan-Bissaka yang kala itu bermain untuk Cyrstal Palace. Wan-Bissaka akhirnya berlabuh di Old Trafford dengan biaya transfer mencapai 55 juta Euro atau setara dengan Rp909,2 miliar.

Sejak dibeli pada 1 Juli 2019 lalu, Wan-Bissaka terus menerus jadi bek sayap kanan pilihan pertama pelatih Ole Gunnar Solskjær, posisinya tak tergoyahkan hingga saat ini. Di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjær, Wan-Bissaka sudah tampil dalam 114 laga dengan raihan 2 gol dan 10 assist.

5. Raphael Varane (Rp661,2 miliar)

6 Pembelian Termahal Manchester United di Era Ole Gunnar SolskjærRaphael Varane (manutd.com)

Sudah memenangkan segalanya bersama Real Madrid mulai dari LaLiga, Copa del Rey, Liga Champions hingga Piala Dunia Antraklub, membuat Raphael Varane ingin mencari tantangan baru bersama dengan klub baru. Tujuannya adalah Premier League dan Mancehster United bersedia membayar biaya Varane 40 juta Euro setara dengan Rp661,2 miliar.

Sejak kedatangannya di Old Trafford, Varane langsung menjadi bek tengah pilihan pertama, ia berduet dengan kapten tim, Harry Maguire. Namun, dalam beberapa pekan terakhir Varane absen karena menderita cedera selangkangan dan cedera hamstring. Sejauh ini, Varane sudah tampil bersama The Red Devils dalam 9 laga di semua kompetisi.

6. Donny van de Beek (Rp644,7 miliar)

6 Pembelian Termahal Manchester United di Era Ole Gunnar SolskjærDonny van de Beek (express.co.uk)

Donny van de Beek pernah tampil sangat gemilang bersama Ajax Amsterdam, terutama pada musim 2018/2019 lalu. Saat itu, Van de Beek membawa Ajax melaju hingga semifinal Liga Champions dan menjauarai Eredivisie. Namanya pun masuk dalam nominasi Ballon d'Or 2019 lalu, bersama dengan rekan setim lainnya.

Berkat itu, Van de Beek dilirik banyak klub Eropa. Manchester United akhirnya berhasil mendatangkan Van de Beek pada bursa tranfser musim panas 2020/2021 lalu dengan harga 39 juta Euro atau sama dengan atau sama dengan Rp644,7 miliar.

Namun, sejak bergabung dengan skuad The Red Devils, karier Van de Beek seolah meredup. Ole Gunnar Solskjær yang lebih percaya pada Bruno Fernandes, Paul Pogba dan Fred untuk mengisi lini tengah, membuat Van de Beek harus puas banyak duduk di bangku cadangan.

Bersama Manchester United sejauh ini, Van de Beek tampil dalam 41 laga, kebanyakan ia memulainya sebagai pemain pengganti. Ia masih memiliki kontrak hingga Juni 2025 mendatang, namun mencari klub baru adalah solusi terbaik untuknya saat ini. 

Belum mempersembahkan trofi apapun dalam tiga tahun kariernya di Old Trafford, nyatanya posisi Ole Gunnar Solskjær masih aman. Bahkan manajemen tak tanggung dalam menggelontorkan banyak uang demi pemain yang Ole mau. Kira-kira, siapa lagi pemain yang akan masuk daftar ini?

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya