5 Rekor NBA yang Tercipta dalam Satu Laga, Fantastis!

Masih menanti dipecahkan

Sebagai kompetisi basket yang dapat dikatakan terbaik di dunia, National Basketball Association alias NBA memang menyuguhkan banyak tontonan seru. Tidak cuma persaingan memperebutkan cincin juara, tetapi juga sejumlah catatan impresif.

Dalam perjalannya lebih dari 70 tahun, sudah ada banyak rekor yang dihasilkan di liga bola basket tersebut. Berikut capaian yang tercipta dalam satu pertandingan, yang akhirnya menjadi rekor kompetisi dan masih belum bisa dipecahkan hingga detik ini.

1. Wilt Chamberlain bukukan 55 rebound 

5 Rekor NBA yang Tercipta dalam Satu Laga, Fantastis!Wilt Chamberlain (twitter.com/sixers)

Pada 24 November 1960, Wilt Chamberlain yang kala itu membela Philadelphia Warriors membuat 55 rebound saat timnya melawan Boston Celtics. Catatan tersebut masih menjadi rekor rebound terbanyak yang dilakukan oleh pemain NBA dalam satu pertandingan.

Dijukuki Wilt the Stilt dan Goliath, Chamberlain memang termasuk pemain top dalam sejarah NBA. Pebasket yang masuk draft NBA tahun 1959 tersebut dua kali merebut cincin juara. Tidak hanya itu, ia juga sempat empat kali dinobatkan sebagai Most Valuable Player alias MVP.

2. Wilt Chamberlain cetak 100 poin

5 Rekor NBA yang Tercipta dalam Satu Laga, Fantastis!Wilt Chamberlain (twitter.com/sixers)

Tidak cuma rebound, Wilt Chamberlain hingga detik ini masih menjadi pemain dengan catatan skor tertinggi dalam satu laga di pentas NBA. Ia sukses membuat 100 poin saat Philadelphia Warriors mengalahkan New York Knicks 169-147 pada tahun 1962 silam.

Dilansir dari situs resmi NBA, Chamberlain benar-benar superior malam itu. Ia membuat 23 poin pada kuarter pertama dan total 41 poin sebelum jeda. Kemudian, dirinya mengumpulkan 28 poin di kuarter ketiga dan membuat fans meneriakkan "Give it to Wilt! Give it to Wilt!"

Baca Juga: LeBron James Berpeluang Lewati Rekor Kareem Abdul-Jabbar di NBA

3. Dale Ellis bermain selama 69 menit

5 Rekor NBA yang Tercipta dalam Satu Laga, Fantastis!Dale Ellis (web.facebook.com/SeattleSonics)

Bagi pemain sepak bola, bermain selama 70 menit dalam satu laga mungkin sudah biasa. Namun, untuk pertandingan basket, itu adalah waktu yang lama. Pasalnya, rata-rata atlet basket "hanya" turun selama 40 menit dalam satu pertandingan atau bahkan bisa kurang.

Nah, pada November 1989 silam, Dale Ellis menunjukkam bahwa dia punya napas yang kuat. Ia bermain selama 69 menit saat membela Seattle Super Sonics melawan Milwaukee Bucks. Saat itu, laga harus melewati lima kali overtime sebelum akhirnya dimenangkan Bucks 155-154.

4. Elmore Smith membuat 17 blok 

5 Rekor NBA yang Tercipta dalam Satu Laga, Fantastis!Elmore Smith (twitter.com/bball_ref)

Pada Oktober 1973, Elmore Smith membukukan 17 blok untuk LA Lakers saat bersua Portland Trail Blazers dan menjadi rekor hingga detik ini. Kala itu, ia menepis 11 tembakan di babak pertama, juga rekor NBA, dengan 6 blok di kuarter pertama dan 5 blok di kuarter lainnya.

Secara keseluruhan, Smith mencatatkan triple-double dengan 12 poin, 16 rebound, dan 17 blok dalam 48 menit bermain. Seiring dengan kinerja cemerlang Gail Goodrich yang menghasilkan 49 poin, LA Lakers meraih kemenangan atas lawannya dengan skor 111-98.

5. Scott Skiles ciptakan 30 assist

5 Rekor NBA yang Tercipta dalam Satu Laga, Fantastis!Scott Skiles (twitter.com/orlandomagic)

John Stockton boleh memimpin catatan assist terbanyak sepanjang sejarah NBA dengan 15.806 atau unggul lebih dari 3.000 assist yang dibukukan Jason Kidd. Namun, bukan kedua pemain tersebut yang bisa membuat rekor assist terbanyak dalam satu pertandingan.

Adalah Scott Skiles yang hingga kini masih memegang rekor assist terbanyak dalam satu laga NBA. Ia membuat 30 umpan berujung angka saat membawa Orlando Magic mengalahkan Denver Nuggets pada tahun 1990 silam. Ia melewati raihan 29 assist milik Kevin Porter.

 

Selain diciptakan pemain, sejumlah klub juga membuat rekor mengesankan. Cleveland Cavaliers, misalnya, pernah mengalahkan Miami Heat dengan skor telak 148-80 pada 17 Desember 1991 silam, memberikan margin kemenangan terbesar dalam sejarah NBA.

Baca Juga: 10 Potret Jeremy Sochan, Pebasket Nyentrik NBA Berkebangsaan Polandia

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya