Sebastian Vettel Berhasil Memenangkan GP Bahrain

Ini merupakan kemenangan kedua Vettel secara beruntun di musim ini

Dalam lanjutan seri balapan Formula 1, pebalap Jerman, Sebastian Vettel, kembali memenangkan seri berikutnya di Bahrain setelah unggul 0,699 detik dari pesaing terdekatnya, Valtteri Bottas, finish di posisi kedua disusul oleh Lewis Hamilton yang finish di posisi ketiga. Bagaimana jalannya balapan?

1. Vettel mengawali balapan dengan status pole position

Sebastian Vettel Berhasil Memenangkan GP Bahraintwitter.com/f1

Dilansir dari BBC, Sebastian Vettel memulai balapan dari posisi pole position setelah sebelumnya meriah waktu tercepat di babak kualifikasi. Rekan Vettel di Ferrari, Kimi Raikonnen, tergeser oleh Valtteri Bottas yang berhasil menyalip Raikonnen. Sehingga berhasil berada di posisi kedua untuk sementara.

Rekan Bottas, Lewis Hamilton, tampil sangat memukau setelah sebelumnya memulai balapan di posisi 9 dan mampu menyalip satu demi satu pembalap.

Insiden antara pembalap Force India, Sergio Perez, dengan pembalap Toro Rosso, Brendon Hartley, bertabrakan satu sama lain sehingga balapan berlangsung agak lambat. Namun, nasib yang lebih buruk justru dialami oleh tim Red Bull Racing-TAG Heuer.

Karena Daniel Ricciardo sempat mengalami masalah elektrik pada mobil yang dikendarainya. Sedangkan Max Verstappen gagal mencapai finish setelah mengalami pecah ban pada saat baru berjalan 5 lap.

Padahal, sebelumnya Verstappen juga mengalami masalah ini di lap ke-2, sebelum akhirnya memutuskan untuk benar-benar keluar dari balapan.

2. Strategi penggantian ban oleh Vettel merupakan langkah yang cerdik sekali

Sebastian Vettel Berhasil Memenangkan GP Bahraintwitter.com/F1

Selama balapan, Vettel mengambil kesempatan untuk mengganti ban yang semula adalah supersoft menjadi soft di lap 18. Langkah tersebut juga diikuti oleh rekannya, Raikonnen yang melakukannya di lap berikutnya. Usai melakukan pergantian ban, untuk sementara Lewis Hamilton menduduki posisi terdepan.

Bottas yang masuk pit stop, Vettel mengambil kesempatan untuk mendekati Hamilton yang berada di posisi terdepan sementara. Di lap 26, Vettel berhasil menyalip Hamilton berkat bantuan DRS (Drag Reduction System).

Setelah disalip, Hamilton langsung masuk pit stop untuk menggantikan ban menjadi medium, sama seperti yang dilakukan oleh Bottas. Sayangnya, Raikonnen harus mengakhiri balapan lebih awal. Karena ada insiden yang secara tak sengaja menabrak kru Ferrari setelah keluar dari pit stop di lap 37.

Posisi terdepan masih belum berubah dan Bottas pun tak mau menyerah begitu saja. Akan tetapi, pertahanan Vettel yang dinilai sangat baik ini menggagalkan Bottas untuk menggeser Vettel di posisi terdepan menjelang garis finish.

Pada akhirnya, Vettel memenangkan balapan ini dengan unggul 0,699 detik dari Bottas setelah melalui drama yang begitu sengit di beberapa lap terakhir.

"Dengan 10 lap tersisa, saya datang di radio dan mengatakan saya memiliki segalanya di bawah kendali. Itu bohong. Saya berusaha membuatnya sebersih mungkin. Dengan mereka pergi ke media, saya berpikir: 'Itu skakmat.' Karena kita harus masuk lagi. Itu adalah strategi hebat dan menempatkan kami di bawah banyak tekanan. Saya harus merawat ban. Itu berhasil tetapi hanya saja Valtteri memiliki sedikit mengendus tetapi dia kehabisan lap," ujar Vettel yang diungkapkan usai balapan, seperti yang dikutip dari BBC.

3. Vettel mengulangi kesuksesan tahun lalu di Bahrain, Pierre Gasly sukses tampil mengejutkan

Sebastian Vettel Berhasil Memenangkan GP Bahraintwitter.com/F1

Menang di balapan seri Bahrain ini menjadikan Vettel memenangkan dua kali berturut-turut di Bahrain sekaligus menang di dua seri awal pada tahun 2018 ini. Untuk saat ini, Vettel berada di puncak klasemen pebalap unggul 17 poin dari pesaing terdekatnya dari tim Mercedes, Lewis Hamilton yang memperoleh 33 poin.

Tak hanya itu saja, pebalap dari tim Scuderia Toro Rosso-Honda, Pierre Gasly, sukses mencatatkan sejarah baru di Formula 1 dengan finish di posisi ke-4 balapan seri Bahrain. Seperti yang diketahui, Pierre Gasly ini merupakan pendatang baru di Formula 1, dan sebelumnya berkompetisi di ajang Super Formula.

Untuk kelas konstruktor sendiri, Ferrari berada di posisi terdepan dengan peroleh 65 poin, yang disusul oleh pesaing terdekatnya, Mercedes, dengan peroleh 55 poin. Berkat finish di posisi 4 oleh Pierre Gasly, tim Scuderia Toro Rosso-Honda sukses berada di peringkat 6 sementara, dengan perolehan 12 poin.

Sebelumnya di seri Australia, tim ini belum mengoleksi poin sama sekali setelah kedua pembalap berada di posisi belakang serta keluar dari balapan. Di balapan berikutnya akan diadakan di China di Sirkuit Shanghai Internasional yang digelar pada tanggal 15 April 2018 ini.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya