5 WNI yang Sukses Jadi Pelatih Bulutangkis di Luar Negeri

Mereka lebih berprestasi dan 'dihargai' di luar negeri

Perkembangan bulutangkis dunia gak bisa dilepaskan dari peran serta Indonesia lho! Kalian gak percaya? Buktinya hingga kini banyak lho mantan alias eks atlet sukses Indonesia yang hijrah ke luar negeri untuk melatih.

Para pelatih bulutangkis ini dulunya sebagian besar merupakan pemain bulutangkis yang membela Indonesia di berbagai ajang. Diantara mereka ini berhasil membawa prestasi bersejarah di negara yang ia latih. Kira-kira siapa saja ya mereka?

1. Hendrawan.

5 WNI yang Sukses Jadi Pelatih Bulutangkis di Luar Negeribadmintonindonesia.org

Sejak 2009, mantan pemain tunggal putra Indonesia ini melatih tim bulutangkis Malaysia. Ia juga mampu membawa performa Lee Chong Wei yang kala itu sempat merosot drastis hingga ke peringkat 151 dunia naik ke peringkat 5 besar dunia.

Hendrawan sendiri berjasa membawa Lee Chong Wei ke final Olimpiade 2016 lalu, tapi sayangnya lagi-lagi gagal meraih medali emas pertamanya untuk Indonesia. Selama sebagai pemain, Hendrawan menorehkan prestasi bersejarah dengan tiga kali meraih Piala Thomas dan 1 kali juara dunia.

2. Tong Sin Fu.

5 WNI yang Sukses Jadi Pelatih Bulutangkis di Luar Negeriindosport.com

Pelatih legendaris yang pernah dimiliki Indonesia ini melahirkan pemain-pemain berbakat dan di tangan pelatih inilah prestasi-prestasi bulutangkis Indonesia saat itu tak dapat tergeser oleh negara-negara lain. Sayangnya, karena masalah keinginan menjadi WNI dipersulit membuat Tong Sin Fu meninggalkan Indonesia ke Tiongkok pada awal 2000an.

Di Tiongkok, Tong Sin Fu melahirkan pemain-pemain bulutangkis berbakat. Salah satunya adalah Lin Dan yang sudah berhasil meraih semua gelar bergengsi.

3. Atik Jauhari.

5 WNI yang Sukses Jadi Pelatih Bulutangkis di Luar Negeriligamahasiswa.co.id

Pelatih yang pernah melatih bulutangkis Indonesia di era 80an hingga 90an ini sukses melatih di beberapa negara. Seperti Swedia, Thailand sampai India pernah merasakan didikan pelatih yang satu ini. Tak heran, banyak sekali pemain-pemain berpotensial yang ia didik. Salah satunya ketika melatih India dengan melahirkan pemain tunggal putri terbaik Saina Nehwal yang mampu menembus dominasi tunggal putri dari Tiongkok.

4. Mulyo Handoyo.

5 WNI yang Sukses Jadi Pelatih Bulutangkis di Luar Negeriespn.co.uk

Mantan pelatih Taufik Hidayat ini kini melatih bulutangkis di India. Di sana, Mulyo Handoyo memberikan prestasi yang luar biasa bagi perkembangan olahraga bulutangkis. Salah satu anak didiknya adalah Srikanth Kidambi yang perlahan-lahan menjadi pemain yang tak bisa ditaklukan oleh lawan-lawannya.

Selain itu, Mulyo juga melatih di sektor tunggal putri sehingga perkembangan bulutangkis India semakin cepat dan bukan tak mungkin lagi India menjadi saingan terberat dalam bulutangkis.

5. Rexy Mainaky.

5 WNI yang Sukses Jadi Pelatih Bulutangkis di Luar Negeridjarumbadminton.com

Salah satu pemain legendaris bulutangkis Indonesia ini pernah menjadi pelatih bulutangkis termahal di dunia. Perjalanan karir melatih dimulai saat menerima tawaran sebagai pelatih bulutangkis Inggris selama beberapa tahun. Sukses mengorbitkan para pemain sektor ganda, Rexy terbang ke Malaysia dan di sana juga ia melahirkan pemain paling berbakat.

Sebut saja Tan Boon Heong & Koo Kien Keat. Sempat melatih tim bulutangkis Indonesia selama 2 tahun dan berhasil membawa tim Thomas Indonesia melaju ke final Piala Thomas 2016 sebelum dikalahkan Denmark. Kini, Rexy melanjutkan petualangannya untuk melatih bulutangkis Thailand.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya