6 Fakta Unik Damian Lillard, Penembak Jitu Portland Trail Blazers

Saingan Stephen Curry?

Nama Damian Lillard tentu sudah tidak asing bagi para penggemar basket. Pemain berposisi point guard ini dikenal sangat piawai dalam melakukan tembakan jarak jauh.

Dengan kemampuannya ini, Lillard dapat dengan mudah mencetak poin tanpa harus bersusah payah menerobos ke dalam area pertahanan lawan. Ia mampu meminimalisasi adu fisik dengan para big man lawan sekaligus mengurangi risiko cedera.

Nah, untuk mengenal Lillard lebih dalam, mari kita simak beberapa fakta di bawah. Let's go!

1. Awal karier Damian Lillard

6 Fakta Unik Damian Lillard, Penembak Jitu Portland Trail BlazersDamian Lillard (nba.com)

Lillard memulai karier basketnya di Arroyo, sebuah SMA di California. Pada saat itu, ia memiliki postur yang kurang tinggi untuk seorang pebasket, yakni 1,65 meter. Hal ini membuatnya kurang diminati para pencari bakat. Tak putus asa, Lillard sempat berpindah SMA beberapa kali untuk mengembangkan kemampuan basketnya.

Setelah tamat SMA, Lillard—yang saat itu hanya berlabel rekrutan bintang dua—berkuliah di Weber State University. Di sinilah Lillard mulai menunjukkan potensinya dengan mencetak banyak poin.

Puncaknya, pada 3 Desember 2011, ia berhasil mencetak 41 poin sekaligus membawa timnya meraih kemenangan. Lillard pun memutuskan untuk mengikuti NBA Draft 2012 dan terpilih di urutan ke-6 ronde pertama oleh Portland Trail Blazers.

2. Alasan memilih nomor punggung 0

6 Fakta Unik Damian Lillard, Penembak Jitu Portland Trail BlazersDamian Lillard (nba.com)

Lillard memiliki alasan tersendiri di balik nomor punggung 0 yang ia kenakan hingga saat ini. Nomor 0 tersebut diketahui merepresentasikan perjalanan hidup Lillard.

Ia memulai hidupnya dari Oakland, yang merupakan tempat kelahirannya, sampai ke Ogden dan Oregon, yang tak lain adalah markas Portland Trail Blazers. Lillard menganggap nomor 0 sebagai simbol huruf "O" yang merupakan inisial Oakland, Ogden, dan Oregon.

Baca Juga: 5 Draft Pick Terbaik Portland Trail Blazers dalam 30 Tahun Terakhir 

3. Salah satu penembak jarak jauh terbaik di NBA

6 Fakta Unik Damian Lillard, Penembak Jitu Portland Trail BlazersDamian Lillard (nba.com)

Saat ini, Lillard dikenal sebagai salah satu shooter terbaik di NBA. Kemampuannya yang dapat menembak dari berbagai sudut lapangan ini kerap memaksa pemain lawan untuk bekerja keras menjaganya.

Lillard dapat memanfaatkan setiap celah kecil yang ada untuk melepaskan tembakan mautnya. Sejauh ini, Lillard berada di peringkat ke-10 pencetak tripoin terbanyak sepanjang sejarah NBA.

4. Pemain bergaji terbesar sepanjang sejarah Portland Trail Blazers

6 Fakta Unik Damian Lillard, Penembak Jitu Portland Trail BlazersDamian Lillard (nba.com)

Sebagai seorang pemain kaliber bintang, tak heran Lillard menerima gaji yang sangat besar. Lillard sendiri sudah 6 kali terpilih NBA All-Star, 4 kali All-NBA Second Team, dan banyak penghargaan lainnya.

Gaji Lillard bahkan melebihi beberapa legenda Blazers, seperti Clyde Drexler, Bill Walton, hingga Scottie Pippen. Ini tentu terbayar lunas dengan performa Lillard yang cukup solid dan konsisten. Sayang, mereka belum pernah juara NBA.

5. Memiliki gelar sarjana

6 Fakta Unik Damian Lillard, Penembak Jitu Portland Trail BlazersDamian Lillard (nba.com)

Tidak seperti kebanyakan pemain NBA yang memutuskan tidak melanjutkan kuliah demi berfokus di NBA, Lillard tetap mengutamakan pendidikan. Lillard berhasil menamatkan kuliahnya di Weber State University pada 2015 dan mendapat gelar sarjana di bidang Technical Sales.

Hal ini tentu sangat bermanfaat seandainya ia sudah tidak bermain basket dan membutuhkan pekerjaan di bidang lain. Lillard bisa menggunakan gelarnya untuk melanjutkan hidup.

6. Pertemuan pertama dengan rekan setimnya, CJ McCollum

6 Fakta Unik Damian Lillard, Penembak Jitu Portland Trail BlazersDamian Lillard dan CJ McCollum (twitter.com/nbacom)

Sebagian besar orang pasti mengira bahwa Lillard dan CJ McCollum saling mengenal setelah menjadi rekan setim di Blazers. Ternyata, keduanya diketahui mulai saling mengenal melalui sosial media Twitter

Tak disangka, setahun setelah Lillard dipilih Blazers pada 2012, McCollum yang mengikuti NBA Draft 2013 juga dipilih oleh Blazers. Mereka pun menjadi rekan setim sekaligus tandem maut.

Itulah tadi beberapa fakta dari Damian Lillard. Apakah ada dari kalian yang terinspirasi olehnya? Jangan menyerah dan tetap semangat untuk menggapai mimpi kalian, ya!

Baca Juga: Kisah Perjalanan Phil Jackson, Pengoleksi 13 Gelar Juara NBA

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya