5 Fakta Saga Trade Nets dan 76ers, Libatkan James Harden

James Harden dan Ben Simmons bertukar tim

Setelah gagal merengkuh gelar juara NBA tahun lalu, Brooklyn Nets bergerak cepat dalam pertukaran pemain kali ini. Hal ini mereka lakukan dengan harapan bisa meningkatkan peluang mereka di NBA Playoff  musim ini.

Begitu juga dengan Philadelphia 76ers yang ingin memperkuat tim agar lebih siap menjelang playoff  mendatang. Polemik soal Ben Simmons akhirnya terang sudah setelah ia terlibat dalam trade dengan Brooklyn Nets ini.

Melibatkan banyak pemain, simak sederet fakta tentang saga trade antara Brooklyn Nets dan Philadelphia 76ers berikut ini!

1. Awal baru bagi Ben Simmons setelah 6 tahun bermain untuk 76ers

5 Fakta Saga Trade Nets dan 76ers, Libatkan James Hardenpotret Ben Simmons (nba.com)

Ben Simmons dipilih oleh Philadelphia 76ers pada NBA Draft 2016 lalu di urutan pertama. Sejak saat itu, Simmons belum tidak pernah berpindah ke tim lain. Performanya selama di 76ers pun terbilang cukup bagus meski belum berhasil mengantarkan 76ers menjuarai NBA.

Simmons berhasil meraih berbagai penghargaan, antara lain 3 kali terpilih NBA All-Star, 2 kali NBA-All Defensive First Team, dan NBA Rookie of the Year. Meski memiliki kelemahan dalam menyerang, kemampuan playmaking  dan bertahannya menjadi nilai tambah bagi Brooklyn Nets.

2. Brooklyn Nets mendapat 3 pemain baru dari Philadelphia 76ers

5 Fakta Saga Trade Nets dan 76ers, Libatkan James Hardenpotret Seth Curry (instagram.com/sdotcurry)

Dalam pertukaran pemain kali ini, Brooklyn Nets mendapatkan 3 pemain baru. Mereka adalah Ben Simmons, Andre Drummond, dan Seth Curry, yang tak lain adalah adik dari bintang Warriors, Stephen Curry. Mereka juga mendapatkan 2 jatah pick ronde pertama dari 76ers untuk NBA Draft musim depan.

Andre Drummond yang bermain di posisi center  sekaligus pernah 2 kali terpilih NBA All-Star dapat memperkuat pertahanan Nets. Di sisi lain, Seth Curry yang termasuk salah satu penembak jitu terbaik di NBA saat ini. Kehadirannya tentu dapat mempertajam lini serang Nets di area tiga angka. Sementara itu, Ben Simmons sendiri dikenal sebagai salah satu point guard  dengan kemampuan bertahan yang hebat.

Baca Juga: 5 Fakta Saga Trade Portland Trail Blazers dan New Orleans Pelicans

3. Philadelphia 76ers mendapat 2 pemain baru dari Brooklyn Nets

5 Fakta Saga Trade Nets dan 76ers, Libatkan James Hardenpotret James Harden (nba.com)

Philadelphia 76ers mengambil langkah yang cukup berani dalam pertukaran kali ini dengan menukar point guard All-Star mereka, Ben Simmons. Sebagai gantinya, mereka mendapatkan James Harden dan Paul Millsap.

Langkah 76ers ini juga cukup berisiko mengingat usia Millsap yang sudah tidak muda dan Harden yang beberapa kali harus berkutat dengan cedera hamstring. Harden sendiri juga akan berusia 33 tahun pada bulan Agustus 2022 mendatang. Dikhawatirkan, cepat atau lambat ia akan mengalami penurunan performa seiring bertambahnya usia. 

4. Komposisi pemain Nets semakin solid dengan kehadiran Ben Simmons

5 Fakta Saga Trade Nets dan 76ers, Libatkan James Hardenpotret Ben Simmons (instagram.com/bensimmons)

Sebelumnya, Nets dikenal sebagai tim dengan lini serang yang mematikan lewat trio James Harden, Kevin Durant, dan Kyrie Irving. Masing-masing dari mereka adalah pencetak angka yang sangat hebat. 

Akan tetapi, mereka memiliki kekurangan dalam hal pertahanan. Salah satu penyebabnya adalah Harden yang cenderung kurang bagus dalam bertahan. Dengan hadirnya Ben Simmons yang dikenal akan kemampuan bertahannya, tentu bakal membuat Nets lebih solid di sisa musim 2021/2022 ini.

5. Peluang 76ers berpeluang menjuarai NBA meningkat

5 Fakta Saga Trade Nets dan 76ers, Libatkan James Hardenpotret Joel Embiid (nba.com)

Dengan datangnya James Harden yang merupakan salah satu pencetak angka terhebat di NBA saat ini, tentu akan mendongkrak ketajaman lini serang 76ers. Bersama center  All-Star 76ers, Joel Embiid, yang juga piawai dalam mencetak angka, Harden akan membuat 76ers kian berpeluang dalam NBA Playoff mendatang.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan mereka bisa menjadi juara NBA 2021/2022 ini. Namun, Doc Rivers mesti mengatasi kekurangan Harden dalam bertahan jika benar-benar ingin menjadi pesaing serius dalam perburuan juara musim ini. Meski demikian, tentu sosok Matisse Thybulle dan Joel Embiid yang ahli dalam bertahan disinyalir mampu menegasikan kekurangan James Harden dalam bertahan.

Tim manakah yang lebih diuntungkan dalam trade kali ini? Akankah para pemain baru dapat memberi dampak positif bagi masing-masing tim? Siapakah di antara Brooklyn Nets dan Philadelphia 76ers yang akan berbicara banyak di NBA Playoff 2021/2022?

Baca Juga: 6 Tim NBA yang Mengirim Lebih dari Satu Pemain pada NBA All-Star 2022

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya