Michael Jordan dan Pebasket Top yang Pernah Mengenakan Nomor 23

Ada yang masuk Hall of Fame!

Mendengar nomor punggung 23 dalam dunia basket, kita pasti akan teringat nama Michael Jordan. Selain sang legenda, ternyata ada beberapa pemain hebat lain yang mengenakan nomor tersebut.

1. Draymond Green

Michael Jordan dan Pebasket Top yang Pernah Mengenakan Nomor 23Draymond Green (nba.com)

Draymond Green menggunakan nomor punggung 23 sejak awal kariernya pada 2012. Pemain yang terpilih oleh Golden State Warriors pada NBA Draft 2012 di urutan ke-35 ronde pertama ini terkenal dengan kemampuan bertahannya. Hal ini terbukti dari keberhasilannya meraih 1 kali NBA Defensive Player of the Year, 4 kali All-NBA Defensive First Team, dan 2 kali All-NBA Defensive Second Team.

Green adalah salah satu pilar penting Warriors bersama Klay Thompson dan Stephen Curry. Meski tidak banyak mencetak angka, Green adalah defender yang sangat tangguh. Ia juga mampu menjadi penyusun serangan yang cerdik. Tanpa Green, Warriors belum tentu mampu meraih juara NBA tiga kali.

2. Anthony Davis

https://www.youtube.com/embed/kGFHdjdjGZ4

Anthony Davis menggunakan nomor punggung 23 saat membela New Orleans Pelicans. Saat pindah ke Los Angeles Lakers, nomor punggung 23 telah diambil LeBron James, sehingga Davis memilih menggunakan nomor 3. Davis, yang bertinggi badan 2,08 meter ini, sendiri adalah salah satu big man terbaik sepanjang sejarah.

Memiliki postur menjulang, Davis memiliki kemampuan drible, operan, hingga tembakan jarak jauh yang sangat apik. Pemain yang dipilih Pelicans di urutan pertama NBA Draft 2012 ini juga sangat dominan di bawah ring dengan kemampuan post play serta rebound yang luar biasa. 

Davis telah meraih beberapa penghargaan sepanjang kariernya, seperti 1 juara NBA 2020 bersama Lakers, 8 kali NBA All-Star, 1 NBA All-Star Game MVP, dan masih banyak lainnya. Sayang, belakangan ini, Davis sering mengalami cedera yang membuatnya melewatkan beberapa pertandingan.

3. LeBron James

Michael Jordan dan Pebasket Top yang Pernah Mengenakan Nomor 23LeBron James (nba.com)

LeBron James adalah ikon basket era modern. Pemain kelahiran Akron, Ohio, 30 Desember 1984 ini mengikuti NBA Draft 2003 dan terpilih di urutan pertama oleh Cleveland Cavaliers. James terpilih lewat NBA Draft setelah lulus SMA.

James mengenakan nomor punggung 23 pada awal kariernya di Cavaliers, sebelum kemudian berganti ke nomor 6 di Miami Heat. Ia berhasil merengkuh gelar juara NBA pertamanya bersama tim asal Florida. Heat yang pada masa itu diperkuat juga oleh Dwayne Wade dan Chris Bosh adalah salah satu tim paling dominan.

Sepanjang kariernya, James telah meraih berbagai penghargaan, seperti 17 kali NBA All-Star, 4 kali juara NBA, 4 Finals MVP, dan 4 MVP. Ia hanya pernah menggunakan dua nomor punggung (6 dan 23) sejauh ini. James sendiri kembali menggunakan nomor 23 saat pulang ke Cavaliers dan pindah ke Lakers. Sekarang, ia kembali mengenakan nomor punggung 6 agar Anthony Davis bisa mengenakan nomor punggung 23.

Baca Juga: Saat Dani Alves Disamakan dengan Michael Jordan

4. Calvin Murphy

Michael Jordan dan Pebasket Top yang Pernah Mengenakan Nomor 23Calvin Murphy (nba.com)

Calvin Murphy mengenakan jersey bernomor punggung 23 sepanjang kariernya di NBA. Pemain yang pensiun pada 1983 ini bermain selama 13 tahun di San Diego Rockets (sekarang Houston Rockets). Ia adalah salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah Rockets.

Memiliki tinggi badan 1,75 m, Murphy berhasil mendominasi di posisinya sebagai guard. Murphy memiliki kecepatan, akurasi tembakan, dan olah bola yang sangat hebat. Ia juga memiliki akurasi tembakan bebas yang sangat tinggi, yaitu di atas 90 persen. 

Pemain yang masuk Hall of Fame ini sebenarnya tidak diprediksi akan bersinar. Tinggi badan yang kurang dan terpilih di urutan ke-18, yang bisa dibilang kurang prospek pada masa itu, sirna karena kerja keras dan determinasi tinggi. Murphy berhasil membuktikan dirinya.

5. Lou Hudson

https://www.youtube.com/embed/jcpZMNBzmhM

Sebelum dipopulerkan Michael Jordan, jersey nomor 23 terlebih dahulu dipopulerkan oleh Lou Hudson. Pemain kelahiran 11 Juli 1944 ini menggunakan nomor punggung 23 sepanjang kariernya. Hudson sendiri telah bermain untuk dua tim, yaitu Atlanta Hawks dan Los Angeles Lakers.

Hudson yang dipilih Hawks di urutan ke-4 ronde pertama ini adalah salah satu shooter terbaik pada masa itu. Meski tidak banyak dikenal publik, Hudson yang terpilih NBA All-Star enam kali memiliki statistik karier 20,8 poin per game dan 4,4 rebound per gim. Sayang, namanya belum masuk Hall of Fame.

6. Michael Jordan

Michael Jordan dan Pebasket Top yang Pernah Mengenakan Nomor 23Michael Jordan (nba.com)

Kita semua pasti sudah tahu siapa Michael Jordan. Pemain yang dianggap ikon basket sekaligus pebasket terbaik sepanjang masa ini membuat nomor punggung 23 menjadi sangat populer. Hingga saat ini, Jordan masih dianggap sebagai pengguna nomor 23 terbaik yang pernah ada dalam sejarah.

Jordan, yang namanya masuk Hall of Fame ini, telah menjuarai NBA sebanyak enam kali bersama Chicago Bulls. Saat itu, mereka juga diperkuat pemain bintang, seperti Dennis Rodman dan Scottie Pippen. Selain itu, masih banyak penghargaan bergengsi yang telah diraih Jordan. Ia setidaknya mengantongi 14 kali NBA All-Star, 9 kali All-NBA Defensive Team, 6 Finals MVP, dan 5 NBA MVP. 

Selama kariernya, Jordan yang dipilih Chicago Bulls di urutan ke-3 ronde pertama ini hanya bermain untuk dua tim, yakni Bulls dan Washington Wizards. Meski bermain pada era 1990-an yang dipenuhi pemain sekelas Magic Johnson, Larry Bird, Hakeem Olajuwon, dan Karl Malone, Jordan adalah yang paling bersinar.

Baca Juga: Sepatu Nike Pertama Michael Jordan Dijual Rp21 Miliar, Fantastis!

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya