Comscore Tracker

Sebelum Christian Koloko, 5 Pemain Kamerun Ini Pernah Menjajal NBA

Ada Joel Embiid yang jadi jagoan Philadelphia 76ers

Terpilihnya Christian Koloko di urutan ke-33 NBA Draft 2022 kembali memberi harapan pemain Kamerun untuk berkiprah di NBA. Pasalnya, cukup sedikit pemain Kamerun yang bisa menembus liga tersohor sedunia itu. Apalagi bisa menjadi pemain bintang.

Sebelum Christian Koloko, setidaknya ada lima pemain Kamerun yang pernah bermain di NBA. Itu termasuk Joel Embiid, yang kini menjadi bintang utama Philadelphia 76ers.

1. Luc Richard Mbah a Moute

Sebelum Christian Koloko, 5 Pemain Kamerun Ini Pernah Menjajal NBALuc Richard Mbah a Moute (nba.com)

Luc Richard Mbah a Moute bisa dibilang salah satu pemain basket Kamerun yang sangat berjasa. Pasalnya, ia yang membukakan jalan ke NBA bagi bintang Philadelphia 76ers, Joel Embiid, dan bintang Toronto Raptors, Pascal Siakam.

Mbah a Moute sendiri memulai kariernya di NBA setelah dipilih Milwaukee Bucks di urutan ke-37 pada NBA Draft 2008. Selama di NBA, ia sudah berkelana ke enam tim berbeda. Selain Bucks, ada pula Sacramento Kings, Minnesota Timberwolves, Philadelphia 76ers, Los Angeles Clippers, dan Houston Rockets.

2. Pascal Siakam

Sebelum Christian Koloko, 5 Pemain Kamerun Ini Pernah Menjajal NBAPascal Siakam (nba.com)

Pascal Siakam adalah pemain yang dipilih di urutan ke-27 oleh Toronto Raptors pada NBA Draft 2016. Pada awal kariernya di NBA, pemain berposisi power forward ini tampil kurang memuaskan, sehingga dikirim ke tim NBA G League.

Siakam mulai bersinar pada musim ketiganya bersama Raptors. Rutin bermain sebagai starter, pemain berusia 28 tahun ini selalu membukukan poin berdigit ganda tiap musimnya. Siakam juga salah satu pemain kunci di balik keberhasilan Raptors juara NBA 2018/2019.

Baca Juga: Buah Manis Ketabahan Hati Klay Thompson di NBA

3. Joel Embiid

Sebelum Christian Koloko, 5 Pemain Kamerun Ini Pernah Menjajal NBAJoel Embiid (nba.com)

Joel Embiid bisa dibilang pemain Kamerun tersukses yang bermain di NBA. Center berusia 28 tahun ini sudah mengoleksi banyak penghargaan individu bersama timnya, Philadelphia 76ers. Embiid sendiri dipilih Sixers di urutan ketiga pada NBA Draft 2014.

Embiid sudah membuktikan aura kebintangannya sejak musim debutnya di NBA. Pemain yang beberapa kali masuk nominasi NBA MVP dan sudah lima kali terpilih NBA All-Star ini langsung menjadi tulang punggung Sixers. Ia rutin mencetak poin maupun rebound  berdigit ganda.

4. DJ Strawberry

https://www.youtube.com/embed/cWwe8LLXmr8

DJ Strawberry memulai kariernya di NBA setelah dipilih di urutan ke-57 pada NBA Draft 2007 oleh Phoenix Suns. Sayangnya, ia hanya bertahan setahun di Phoenix, sebelum akhirnya bermain di luar NBA.

Bermain sebagai shooting guard, Strawberry hanya memainkan total 33 pertandingan bersama Suns. Pria berusia 37 tahun ini masih aktif bermain hingga saat ini dengan membela klub Liga Mesir, Zamalek.

5. Ruben Boumtje-Boumtje

Sebelum Christian Koloko, 5 Pemain Kamerun Ini Pernah Menjajal NBARuben Boumtje-Boumtje (nbcsports.com)

Ruben Boumtje-Boumtje adalah pemain angkatan tertua dalam daftar ini. Ia mengikuti NBA Draft 2001 dan dipilih di urutan ke-50 oleh Portland Trail Blazers. Nasib pria berusia 44 tahun ini sedikit lebih baik ketimbang DJ Strawberry.

Pasalnya, Boumtje-Boumtje sempat 3 tahun berkarier di NBA bersama Blazers, meski akhirnya terlempar keluar NBA. Ia kini sudah pensiun dan terakhir bermain untuk Bayern Munich, klub basket di Liga Jerman.

Dalam daftar ini, hanya Joel Embiid dan Pascal Siakam yang masih aktif di NBA saat ini. Keduanya juga bisa disebut pemain bintang dan menjadi sosok sentral bagi timnya masing-masing. Mampukah Christian Koloko mengikuti jejak sukses kedua pemain itu ke depannya?

Baca Juga: Kiprah Stephen Curry di NBA 2021/2022, Akhirnya Jadi Finals MVP!

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya