5 Striker Terbaik yang Pernah Dimiliki Southampton

Pernah dengar Rickie Lambert?

Southampton telah berdiri sejak 1885. Sejak itu, telah banyak pemain sepak bola hebat yang membela klub berjuluk The Saints ini. Lima di antaranya berposisi striker.

Masing-masing dari mereka punya peran dan kontribusi tersendiri dalam sejarah Southampton. Lantas, siapa sajakah mereka?

1. Terry Paine

https://www.youtube.com/embed/W7pny5KhOUI

Terry Paine adalah pemain dengan jumlah penampilan terbanyak untuk Southampton dengan total 819 penampilan selama 18 tahun. Pemain berposisi striker ini telah mencatatkan 187 gol yang merupakan terbanyak ke-4 dalam sejarah Southampton.

Paine termasuk dalam skuad Inggris 1966 yang menjuarai Piala Dunia meski hanya bermain sekali karena cedera. Paine memiliki gelar MBE yang merupakan gelar kehormatan Inggris karena berkontribusi besar bagi timnas Inggris. Ia juga dinobatkan sebagai presiden kehormatan Southampton pada 2013.

2. Mick Channon

https://www.youtube.com/embed/Jtt7ZDjkY9g

Mick Channon adalah pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Southampton dengan torehan 227 gol dalam 602 pertandingan. Ia memulai kariernya di Southampton pada 1965 silam. 

Pada 1977, Channon sempat meninggalkan Southampton yang saat itu bermain di divisi dua Liga Inggris. Ia pindah ke Manchester City yang bermain di divisi satu. Akan tetapi, karena minimnya kesempatan bermain, ditambah Southampton yang tampil menjanjikan, Paine kembali ke Southampton pada 1979.

Baca Juga: 5 Striker Terbaik Manchester United Usai Ditinggal Ruud van Nistelrooy

3. Ron Davies

https://www.youtube.com/embed/VHFaZeeaQOM

Ron Davies bermain untuk Southampton pada 1966—1973. Pemain berkebangsaan Wales ini diboyong dengan tujuan memperkuat skuad Southampton. Davies pun berhasil tampil tidak mengecewakan. 

Davies berhasil membukukan total 153 gol dari 281 penampilan bersama Southampton. Setelah 7 tahun membela Southampton, ia sempat bermain untuk Portsmouth dan klub raksasa Inggris, Manchester United, selama masing-masing 1 tahun.

4. Rickie Lambert

https://www.youtube.com/embed/8LwAJZeLyAs

Rickie Lambert berseragam Southampton selama 5 tahun (2009—2014). Semasa di Southampton, ia mendapat julukan mesin gol Southampton karena konsistensi dan ketajamannya dalam mencetak gol.

Pemain kelahiran 16 Februari 1982 ini telah memainkan 235 pertandingan dengan mencatatkan 117 gol bagi Southampton. Lambert pernah 11 kali membela timnas Inggris dan membukukan 3 gol.

5. James Beattie

https://www.youtube.com/embed/1-lic2YQtwM

James Beattie membela Southampton pada 1998—2005. Pada awal era 2000-an, Beattie adalah striker paling produktif yang dimiliki Southampton. Pemain kelahiran 27 Februari 1978 ini membantu Southampton menembus FA Cup Final 2003.

Selama 7 tahun di Southampton, Beattie berhasil mencatatkan 76 gol dalam 235 pertandingan sebelum pindah ke Everton. Setelah pensiun pada 1 Juli 2013 lalu, Beattie kini menjabat sebagai asisten manajer untuk Wigan Athletic.

Dari beberapa nama di atas, siapakah yang paling berjasa bagi Southampton? Akankah ada pemain hebat yang akan didatangkan Southampton pada masa depan? Mampukah Southampton yang kini bertengger di peringkat ke-10 Premier League merangkak naik?

Baca Juga: 10 Potret Mohammed Salisu, Bek Jagoan Southampton

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya