Serba-serbi di Balik Rekor 71 Poin Damian Lillard di NBA

Pemain kedua yang mencetak 70 poin pada 2022/2023 ini

Performa Damian Lillard kembali meledak di NBA. Ia mencetak 71 poin dalam kemenangan Portland Trail Blazers (131-114) atas Houston Rockets di Moda Center, Portland, Oregon, Amerika Serikat, Senin (27/2/2023).

Lillard adalah pemain kedua setelah Donovan Mitchell yang berhasil mencetak poin di atas 70 di NBA 2022/2023. Ia juga berhasil mengukir berbagai rekor dengan performa ini.

1. Pencapaian poin tertinggi dalam sejarah karier dan tim

Serba-serbi di Balik Rekor 71 Poin Damian Lillard di NBADamian Lillard (nba.com/blazers)

Damian Lillard baru saja mengalami malam terbaik dalam kariernya. Ia berhasil mengukir namanya dalam sejarah.

Perolehan 71 poinnya memecahkan rekor poin tertingginya dalam 1 pertandingan. Sebelumnya, ia hanya sempat mengoleksi 61 poin.

Lillard pun masuk ke dalam rekor tim. Ia menjadi pencetak poin tertinggi Blazers dalam satu pertandingan.

2. Pemain ke-8 yang berhasil mencetak 70 poin dalam 1 pertandingan

Serba-serbi di Balik Rekor 71 Poin Damian Lillard di NBADamian Lillard (nba.com)

Musim 2022/2023 merupakan kali pertama terdapat lebih dari 1 pemain yang mencetak 70 poin dalam 1 musim. Damian Lillard menyusul Donovan Mitchell yang lebih dahulu mencetak poin serupa.

Lillard juga masuk ke dalam jajaran legenda. Ia merupakan pemain ke-8 yang berhasil mencetak 70 poin dalam 1 pertandingan. Ia menyusul Donovan Mitchell, Devin Booker, Kobe Bryant, David Robinson, David Thompson, Elgin Baylor, dan Wilt Chamberlain.

Baca Juga: Profil Damian Lillard, Shooter Andalan Portland Trail Blazers

3. Pemain tertua yang mampu memberikan performa langka

Serba-serbi di Balik Rekor 71 Poin Damian Lillard di NBADamian Lillard (nba.com)

Bagi Damian Lillard, umur hanyalah sebuah angka. Ia berusaha memberikan yang terbaik untuk kesuksesan timnya.

Dengan usia 32 tahun, Lillard merupakan pemain tertua yang mampu mencetak 70 poin dalam 1 pertandingan. Rekor ini sebelumnya dipegang David Robinson (28 tahun) pada 1994.

4. Berapi-api sepanjang pertandingan

Serba-serbi di Balik Rekor 71 Poin Damian Lillard di NBADamian Lillard dan Portland Trail Blazers (twitter.com/nbastats)

Damian Lillard tampil ganas dari awal hingga akhir pertandingan. Secara keseluruhan, ia mencatat 71 poin, 6 rebound, dan 6 assist dalam 39 menit. Lillard juga berhasil mencetak 13 tembakan tripoin.

Hal ini membuatnya menjadi satu-satunya pemain NBA yang mencetak 70 poin dengan setidaknya 10 tembakan tripoin. Lillard bahkan mampu mencetak rekor poin terbanyak yang berhasil dicetak di bawah 40 menit waktu bermain.

5. Musim terbaik Damian Lillard sejauh ini

Serba-serbi di Balik Rekor 71 Poin Damian Lillard di NBADamian Lillard (twitter.com/trailblazers)

Damian Lillard sedang menjalani musim legendaris dalam kariernya. Ia selalu memberikan performa individual yang fantastis pada 2022/2023 ini.

Per 28 Februari 2023, Lillard mencatat rataan 32,3 poin, 4,3 rebound, dan 7,2 assist dengan akurasi tembakan 47,2 persen pada 2022/2023. Selama Februari 2023, performanya meningkat drastis dengan rataan 40 poin, 6 rebound, dan 7 assist.

Damian Lillard tidak pernah lelah untuk tampil dominan demi kesuksesan Portland Trail Blazers. Meskipun memiliki banyak rekor impresif, ia tetap fokus kepada gelar juara NBA.

Baca Juga: Damian Lillard, Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah Trail Blazers

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya