Pakai Ban C2 Selama 57 Lap, Albon Raih Poin pada F1 GP Australia

Williams akhirnya dapat poin

Alexander Albon sukses mengamankan sebiji poin pada balapan Formula 1 GP Australia. Padahal pembalap berkebangsaan Thailand itu harus memulai lomba dari posisi paling buncit.

Kesuksesan Albon menyumbangkan poin untuk Williams diiringi dengan cerita unik. Pasalnya, ia menggunakan ban jenis C2 selama 57 lap dari total 58 lap pada balapan yang digelar di Albert Park Circuit pada Minggu (10/4/2022).

1. Gagal lolos ke Q2, catatan waktu Albon juga didiskualifikasi akibat masalah bahan bakar

Pakai Ban C2 Selama 57 Lap, Albon Raih Poin pada F1 GP AustraliaAlexander Albon pada Q1 GP Australia (twitter.com/Anthony_Nagel_)

Alexander Albon gagal menembus Q2 pada sesi kualifikasi GP Australia. Ia hanya mampu menempati posisi ke-16 saat Q1 dihelat. Namun, kesialan Albon tak berhenti sampai di situ.

Albon dikenai penalti tiga posisi start karena menyebabkan kecelakaan pada balapan GP Arab Saudi. Selain itu, catatan waktunya saat kualifikasi dianggap gugur lantaran mobil yang dipakai tidak memenuhi syarat pengambilan bahan bakar sebanyak 1 liter untuk sampel pengecekan.

Tentu hal tersebut membuat Albon harus start dari posisi ke-20 saat balapan. Sebuah kondisi yang menyulitkan bagi dirinya dan Williams jika ingin finis pada zona poin.

2. Pakai ban C2 sejak awal balapan, Albon bertahan dengan ban yang sama hingga lap 57

Pakai Ban C2 Selama 57 Lap, Albon Raih Poin pada F1 GP AustraliaAlexander Albon pada balapan GP Australia 2022 (twitter.com/WilliamsRacing)

Sejak awal balapan, Williams menggunakan strategi menggunakan ban C2 untuk mobil Williams. Ban C2 merupakan kompon hard yang dibawa Pirelli pada balapan kali ini. Tentu pemakaian ini dimaksudkan agar Albon lebih lama berada di trek dan melakukan pit stop belakangan.

Berdasarkan perkiraan dari Pirelli, ban C2 akan mengalami penurunan performa maksimal pada lap 40. Akan tetapi, Albon justru merasakan hal sebaliknya dan tetap memakai ban tersebut hingga lap 57.

“Itu (ban C2) makin lebih baik dan pada akhirnya terasa seperti putaran kualifikasi pada 25 lap terakhir balapan. Pastinya, itu benar-benar di luar dugaan. Akan tetapi, hal tersebut sungguh-sungguh menunjukkan semua pekerjaan yang telah dilakukan kami saat di pabrik dan juga di trek ini,”kata Albon dilansir PlanetF1.

Baca Juga: Mengenal Alex Albon, Pembalap F1 Keturunan Thailand yang Kembali

3. Adanya safety car membantu masa pakai ban C2 pada mobil Albon

Pakai Ban C2 Selama 57 Lap, Albon Raih Poin pada F1 GP AustraliaAlexander Albon pada balapan GP Australia 2022 (twitter.com/WilliamsRacing)

Kondisi ban C2 yang dipakai Albon terbilang awet karena terbantu insiden saat balapan. Setidaknya ada tiga insiden yang membuat kinerja ban tidak begitu intens. Dua insiden itu yakni terjerembapnya mobil Carlos Sainz di gravel dan mobil Sebastian Vettel yang menabrak dinding menyebabkan safety car masuk.

Dengan adanya safety car untuk memimpin balapan, kendaraan dipacu lebih lambat dan menghemat pemakaian ban. Keputusan berani Williams pun menjadi salah satu faktor mengapa Albon tetap berada di trek.

Padahal, pada saat bersamaan, beberapa pembalap lain memanfaatkan situasi keluarnya safety car untuk mengganti ban ke kompon lain. Akan tetapi, pada akhirnya Albon melakukan pit stop wajib pada awal lap 58 dan mengamankan satu poin dengan finis di posisi ke-10.

4. Albon sempat khawatir ban C2 yang dipakai tak bisa bertahan lebih lama lagi 

Sejatinya, Albon sempat merasa khawatir dengan kondisi ban yang dipakai ketika terjadi virtual safety car (VSC). Kondisi VSC muncul akibat mobil Verstappen yang bermasalah dan harus menepi di sisi luar trek. 

Albon takut jika ban C2 yang dipakai sejak awal balapan tak bisa bertahan lebih lama dan posisinya berpotensi melorot terlempar dari sepuluh besar. Namun, rasa gusarnya perlahan sirna karena dia masih bisa masuk sepuluh besar meski masuk pit terlambat.

"Aku berpikir, ‘Oke, mereka (Williams) tahu sesuatu yang aku sendiri tidak tahu.’ Salah satu pembalap Haas masuk pit di depanku dan itulah poin saat aku berpikir ini akan menjadi balapan sulit sekarang karena DRS menyelamatkanku dari disalip oleh gerombolan di belakang,” kata Albon dikutip F1i.

5. Williams sudah meraih poin pada Formula 1 2022, kapan Aston Martin menyusul?

Pakai Ban C2 Selama 57 Lap, Albon Raih Poin pada F1 GP Australiaklasemen konstruktor usai GP Australia 2022 (twitter.com/F1)

Keberhasilan Albon meraih sebiji poin pada GP Australia membuat Williams pecah telur. Selama dua balapan beruntun, tim yang dikepalai Jost Capito tersebut menemani Aston Martin yang belum dapat satu poin pun.

Kini, tinggal Aston Martin yang belum mendapatkan poin. Pertanyaannya, akankan Aston Martin bisa keluar dari posisi paling buncit di klasemen pada balapan-balapan berikutnya? Menarik untuk dinanti.

Baca Juga: Alexander Albon Kagum pada Kekuatan Mental Max Verstappen

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya