Alex Marquez Tak Terkejut dengan Hasil Honda di Tes Pramusim Sepang

Honda masih kesulitan menemukan performa terbaik

Performa Honda saat tes pramusim MotoGP di Sepang, Malaysia, pada 10--12 Februari 2023 jauh dari memuaskan. Hanya Marc Marquez yang masuk 10 besar catatan kombinasi tes Sepang.

Hasil kurang menjanjikan Honda ditanggapi Alex Marquez. Adik kandung Marc Marquez itu mengaku tak terkejut Honda masih mengalami kesulitan menemukan performa terbaik.

1. Marc Marquez jadi satu-satunya pembalap yang masuk 10 besar di tes Sepang

Alex Marquez Tak Terkejut dengan Hasil Honda di Tes Pramusim SepangMarc Marquez saat tes pramusim MotoGP 2023 di Sepang (motogp.com)

Data MotoGP mencatat, Marc Marquez jadi satu-satu pembalap Honda yang menembus posisi 10 besar dalam catatan kombinasi tiga hari tes pramusim Sepang. Pembalap asal Spanyol itu mencatatkan waktu 1 menit 58,666 detik pada hari ketiga tes.

Marc Marquez berjarak 0,777 detik dari Luca Marini yang berada di puncak catatan waktu kombinasi. Sementara itu, hasil berbeda didapat Alex Marquez yang kini memacu Desmosedici GP22 bersama Gresini Racing.

Alex Marquez berada di posisi kesembilan dengan perolehan waktu 1 menit 58,385 detik. Ia unggul 0,281 detik dari kakaknya yang memacu motor RC213V.

2. Joan Mir soroti Honda yang masih kalah dibanding Ducati dan Aprilia

Alex Marquez Tak Terkejut dengan Hasil Honda di Tes Pramusim SepangJoan Mir saat tes pramusim MotoGP 2023 di Sepang (motogp.com)

Sementara Marc Marquez meraih posisi ke-10, Joan Mir harus puas berada di posisi ke-12. Juara dunia MotoGP 2020 itu menorehkan waktu 1 menit 58,784 detik. Hasil tersebut membuat Mir kurang puas. Ia menyebut Honda masih tertinggal jauh dari Ducati dan Aprilia yang tampil mengesankan selama tes Sepang. 

"Kami masih jauh dari Ducati dan Aprilia. Kami butuh sebuah langkah maju. Tentu saja, Anda selalu melihat pada rekan setim untuk memantau posisi motornya. Namun, jika kami berdua meningkat ke Ducati, aku akan sangat senang. Jadi, aku lebih memikirkan tentang Ducati," jelas Mir dilansir Motorsport.com.

Baca Juga: Enea Bastianini Peringatkan Marc Marquez soal Ketatnya MotoGP 2023

3. Marc Marquez minta Honda ambil tindakan guna benahi performa RC213V

Alex Marquez Tak Terkejut dengan Hasil Honda di Tes Pramusim SepangMarc Marquez saat tes pramusim MotoGP 2023 di Sepang (motogp.com)

Rasa tidak puas juga disampaikan oleh Marc Marquez. Secara terang-terangan, pemilik enam gelar juara dunia kelas utama MotoGP itu lebih senang dengan kondisi fisiknya ketimbang performa RC213V.

Ia menyoroti masalah di tes Valencia yang kembali muncul saat tes Sepang. Ia meminta Honda mengambil langkah agar performa motor meningkat demi bersaing di barisan depan.

"Waktunya telah tiba untuk menyelesaikannya. Dengan apa yang kami miliki, paling tidak, kami akan bertarung untuk berada di posisi lima besar," papar Marc Marquez.

4. Alex Marquez sebut Honda perlu waktu untuk atasi masalah yang terjadi

Alex Marquez Tak Terkejut dengan Hasil Honda di Tes Pramusim Sepangpembalap Gresini Racing Alex Marquez (motogp.com)

Suara sumbang yang disuarakan Joan Mir dan Marc Marquez ternyata tak terlalu mengejutkan Alex Marquez. Pembalap bernomor motor 73 itu tahu seperti apa permasalahan yang terjadi pada pabrikan asal Jepang tersebut. Honda diyakini butuh waktu agar kesulitan yang dialami bisa terurai.

"Mereka punya orang-orang baru dan hal lainnya, tapi orang baru tak bisa mengubah hal-hal semacam itu. Jadi, mereka butuh waktu dan selalu lebih baik untuk berada di depan mereka," ungkap Alex Marquez dikutip Motorcycle Sports.

5. Hasil para pembalap Honda saat tes pramusim MotoGP 2023 di Sepang

Alex Marquez Tak Terkejut dengan Hasil Honda di Tes Pramusim SepangMarc Marquez saat tes pramusim MotoGP 2023 di Sepang (motogp.com)

MotoGP masih menyisakan satu tes tersisa di Portimao, Portugal. Tes tersebut akan digelar pada 11--12 Maret 2023, tepat dua pekan sebelum GP Portugal dilangsungkan.

Sesi tersebut perlu dimaksimalkan oleh Honda. Apabila performa saat tes Sepang kembali terulang di Portimao, bukan tidak mungkin mereka terlempar dari persaingan perebutan gelar juara.

Untuk yang penasaran dengan hasil para pembalap Honda di tes Sepang, kalian bisa melihat data berikut ini. Data berikut adalah waktu tercepat dalam kombinasi tiga hari tes.

  • 10. Marc Marquez (Repsol Honda Team) - 1 menit 58,666 detik
  • 12. Joan Mir (Repsol Honda Team) - 1 menit 58,784 detik
  • 19. Alex Rins (LCR Honda CASTROL) - 1 menit 58,932 detik
  • 21. Takaaki Nakagami (LCR Honda IDEMITSU) - 1 menit 59,535 detik
  • 24. Stefan Bradl (Honda Test Team) - 2 menit 0,435 detik.

Baca Juga: 11 Pembalap Honda dengan Podium Terbanyak pada Era MotoGP

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya