Alex Rins Girang Finis Runner-up di Sprint Race MotoGP Amerika 2023

Hasil terbaik sejak pindah dari Suzuki ke Honda

Alex Rins membuat seisi garasi LCR Honda tersenyum. Pembalap asal Spanyol itu sukses merampungkan sprint race GP Amerika di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, Amerika Serikat, Minggu (16/4/2023) dini hari WIB dengan finis sebagai runner-up.

Hasil tersebut menjadi torehan terbaik Alex Rins sejak pindah dari Suzuki. Bahkan, ia menilai balapan berdurasi sepuluh lap itu sebagai momen luar biasa.

1. Penampilan oke Alex Rins sudah tampak sejak sesi latihan GP Amerika

Alex Rins Girang Finis Runner-up di Sprint Race MotoGP Amerika 2023Alex Rins saat menjalani pekan balap GP Amerika 2023. (motogp.com)

Penampilan oke Alex Rins sudah terlihat sejak sesi latihan. Pembalap bernomor 42 itu berada di posisi kesembilan saat sesi latihan pertama (P1) lewat catatan waktu 2 menit 04,097 detik.

Catatan waktu tersebut dipertajam saat sesi latihan kedua (P2). Rins mampu bercokol di posisi ketiga setelah menorehkan waktu 2 menit 02,732 detik. Ia pun berhak lolos langsung ke sesi kualifikasi kedua (Q2).

2. Alex Rins mampu meraih posisi start kedua, tertinggal 0,160 detik dari Francesco Bagnaia

Alex Rins Girang Finis Runner-up di Sprint Race MotoGP Amerika 2023Alex Rins saat menjalani pekan balap GP Amerika 2023. (motogp.com)

Ketika Q2 bergulir, Alex Rins merebut posisi start kedua usai mencatatkan waktu 2 menit 02,052 detik. Ia berjarak 0,160 detik dari Francesco Bagnaia yang meraih pole position.

Alex Rins menjadi satu-satunya pembalap bermotor Honda yang memulai balapan dari posisi lima besar. Ini menjadi modal bagus guna bersaing melawan barisan para pembalap lain yang didominasi pabrikan asal Eropa.

3. Sempat melorot ke posisi ketiga, Alex Rins merampungkan sprint race di posisi kedua

Alex Rins Girang Finis Runner-up di Sprint Race MotoGP Amerika 2023Alex Rins memeluk motornya usai sprint race GP Amerika 2023. (motogp.com)

Saat lampu start padam tanda sprint race dimulai, Alex Rins berhasil melaju tanpa masalah. Walau sempat melorot ke posisi ketiga, pembalap berusia 27 tahun itu tetap tenang sembari mencari celah untuk menyalip Aleix Espargaro. 

Kesempatan itu datang pada lap ketujuh. Rins mampu mengambil kembali posisi kedua dari tangan Aleix Espargaro dan bertahan hingga balapan tuntas. Ia pun berhak mengantongi sembilan poin dari sprint race yang digelar di COTA.

4. Cerita Alex Rins soal sprint race di Circuit of the Americas

Alex Rins Girang Finis Runner-up di Sprint Race MotoGP Amerika 2023Alex Rins berfoto bersama Francesco Bagnaia dan Jorge Martin seusai sprint race GP Amerika 2023. (motogp.com)

Alex Rins tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya usai finis runner-up di sprint race GP Amerika. Ia menilai balapan yang dilakoninya sebagai hal menakjubkan. Rins lalu bercerita hal-hal yang dirinya alami saat balapan berlangsung.

"Aku kehilangan banyak waktu pada lap kedua. Aku pikir di belakang Bagnaia. Aku melaju lurus karena aku tak bisa menghentikan motor.

Kemudian, aku bertarung dengan Aleix Espargaro. Aku mencoba menyalipnya, tetapi itu tak mudah. Pada akhirnya, aku mencoba mengeluarkan kecepatanku dan itu cukup bagus," tutur Alex Rins dilansir Motorcycle Sports.

5. Alex Rins harus fokus demi meraih hasil terbaik saat main race GP Amerika

Alex Rins Girang Finis Runner-up di Sprint Race MotoGP Amerika 2023pembalap LCR Honda Alex Rins (motogp.com)

Jelang main race yang akan dihelat pada Senin (17/4/2023) dini hari WIB, Alex Rins mengaku siap menghadapi tantangan yang lebih berat. Apalagi, durasi balap yang dijalani dua kali lebih banyak dari sprint race.

Hanya saja, Rins sadar harus meningkatkan fokus dan kewaspadaan, terutama pada ban belakang motornya. Sebab, ia kesulitan menghentikan laju motor dan membuat ban belakangnya cepat terkikis.

"Ada 20 lap pada hari Minggu (waktu setempat). Kami harus tetap fokus dan mungkin mengoptimalkan pengaturan. Kami akan memberikan performa 100 persen lagi," tegas Rins dikutip Speedweek.

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya