Naik Podium di GP Bahrain, Fernando Alonso Puji Performa AMR23

Alonso naik podium pertama kalinya bersama Aston Martin

Fernando Alonso tersenyum selepas balapan Formula 1 2023 GP Bahrain. Pembalap asal Spanyol itu sukses naik podium setelah finis di posisi ketiga.

Performa AMR23 yang mentereng saat sesi latihan dan kualifikasi pun berlanjut ketika balapan. Alonso pun menyebut AMR23 sebagai mobil terbaik kedua di kejuaraan saat ini.

1. Performa Alonso yang konsisten sepanjang pekan balap GP Bahrain

Naik Podium di GP Bahrain, Fernando Alonso Puji Performa AMR23Kru Aston Martin menyambut Fernando Alonso saat finis di GP Bahrain 2023. (twitter.com/AstonMartinF1)

Alonso konsisten berada di posisi tiga besar selama sesi latihan GP Bahrain. Bahkan, pembalap bernomor mobil 14 itu menduduki posisi pertama pada sesi latihan kedua dan ketiga.

Saat sesi kualifikasi, Alonso mampu mengamankan posisi start kelima setelah mencatatkan waktu 1 menit 30,336 detik. Sementara itu, Lance Stroll yang merupakan rekan setim Alonso memulai balapan di posisi kedelapan setelah menorehkan waktu 1 menit 30,836 detik.

2. Sempat melorot ke posisi keenam, Alonso sukses tuntaskan balapan di posisi ketiga

Naik Podium di GP Bahrain, Fernando Alonso Puji Performa AMR23Fernando Alonso menyalip Lewis Hamilton saat balapan Formula 1 GP Bahrain 2023. (twitter.com/F1)

Saat balapan, Alonso sempat melorot ke posisi keenam. Akan tetapi, ia berhasil menyalip Lewis Hamilton pada lap 38 untuk berada di posisi kelima.

Berselang tiga lap, Charles Leclerc harus keluar balapan lantaran mobilnya mengalami kehilangan daya. Kondisi tersebut membuat Alonso naik ke posisi keempat.

Alonso kembali mendapat momentum menyalip. Kali ini, ia sukses merebut posisi ketiga dari Carlos Sainz pada lap 46. Posisi tersebut berhasil dipertahankan Alonso hingga chequered flag dikibarkan.

Baca Juga: 5 Alasan Fernando Alonso Bisa Sukses Bersama Aston Martin di F1 2023

3. Finis ketiga di GP Bahrain jadi podium ke-99 dalam karier Alonso di Formula 1

Naik Podium di GP Bahrain, Fernando Alonso Puji Performa AMR23Fernando Alonso mengangkat trofi usai finis ketiga di Formula 1 GP Bahrain 2023. (formula1.com)

Keberhasilan Alonso naik podium di GP Bahrain menjadi yang pertama dilakukannya bersama Aston Martin. Selain itu, finis ketiga di Bahrain International Circuit menandai podium ke-99 sepanjang kariernya di Formula 1.

Kali terakhir Alonso naik podium adalah di GP Qatar 2021 lalu. Kala itu, pembalap berusia 41 tahun itu finis ketiga saat memperkuat Alpine. Ia melintasi garis finis di belakang Lewis Hamilton dan Max Verstappen.

4. Alonso terkesan dengan upaya Aston Martin mengembangkan AMR23

Naik Podium di GP Bahrain, Fernando Alonso Puji Performa AMR23Fernando Alonso merayakan finis ketiga di GP Bahrain 2023 bersama kru Aston Martin. (twitter.com/AstonMartinF1)

Selepas balapan, Alonso merasa senang bisa finis di zona podium pada balapan pembuka musim 2023. Ia memuji kinerja Aston Martin dalam pengembangan AMR23 sepanjang libur musim balap.

"Finis di posisi podium pada balapan pertama tahun ini adalah hal luar biasa. Apa yang telah Aston Martin lakukan selama musim dingin untuk memiliki mobil terbaik kedua dalam balapan kali ini sangat fantastis," kata Alonso dilansir Racing News 365.

5. Alonso apresiasi hasil yang didapat Lance Stroll di GP Bahrain 2023

Naik Podium di GP Bahrain, Fernando Alonso Puji Performa AMR23Fernando Alonso memeluk Lance Stroll selepas balapan GP Bahrain 2023. (twitter.com/AstonMartinF1)

Alonso juga tak lupa mengucapkan selamat untuk Lance Stroll. Walau sempat absen saat tes pramusim lantaran alami cedera, Stroll mampu menyelesaikan balapan di posisi keenam.

"Selamat untuk Lance Stroll, rekan setim aku. Dia telah menjalani operasi 12 hari lalu. Sekarang, dia bertarung dengan semua orang. Hasil luar biasa untuk tim," ucap Alonso.

 

Alonso kini menduduki posisi ketiga klasemen pembalap usai meraup 15 poin. Di sisi lain, Aston Martin berada di posisi runner-up klasemen konstruktor setelah mengoleksi 23 poin.

Baca Juga: Fernando Alonso Percaya Lance Stroll Bisa Jadi Juara Dunia Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya