Campur Aduk Perasaan Oscar Piastri usai Finis Keempat di GP Inggris

Oscar Piastri raih hasil terbaik pada musim debutnya di F1

Hasil memuaskan diperoleh Oscar Piastri di Formula 1 2023 GP Inggris. Pembalap McLaren itu mampu finis di posisi keempat dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Silverstone pada 9 Juli 2023 malam WIB. Itu menjadi hasil terbaiknya sejauh ini dalam musim debutnya di Formula 1.

Selepas balapan, Piastri mengungkapkan perasaanya yang bercampur aduk. Ia merasa senang atas raihan yang didapat setelah awal musim yang berat bersama McLaren. Di sisi lain, pembalap berkebangsaan Australia itu tak menutupi rasa kecewa karena gagal naik podium.

1. Oscar Piastri mampu amankan posisi start ketiga saat sesi kualifikasi

Campur Aduk Perasaan Oscar Piastri usai Finis Keempat di GP InggrisOscar Piastri saat pekan balap Formula 1 GP Inggris 2023. (oscarpiastri.com)

Oscar Piastri memperoleh posisi start bagus di GP Inggris. Ia mampu mencatatkan waktu tercepat ketiga saat sesi kualifikasi. Piastri menorehkan waktu 1 menit 27,092 detik dan berhak berada di baris start kedua berdampingan dengan Charles Leclerc.

Posisi start ketiga menjadi hasil kualifikasi terbaik yang diperoleh Piastri sejauh ini pada 2023. Sebelum GP Inggris, hasil kualifikasi terbaik yang mampu ditorehkan Piastri adalah posisi kedelapan. Capaian itu terjadi saat GP Arab Saudi dan Kanada.

Selepas lampu start padam, Piastri berhasil mempertahan posisi ketiga dari kejaran pembalap di belakangnya. Justru, Piastri mendapat kesempatan berduel dengan Max Verstappen untuk perebutan posisi kedua. Akan tetapi, Verstappen mampu menjauh dan menyalip Lando Norris pada lap kelima untuk memimpin jalannya balapan.

2. Posisi sempat melorot karena masuk pit, Piastri tuntaskan balapan di posisi keempat

Campur Aduk Perasaan Oscar Piastri usai Finis Keempat di GP InggrisOscar Piastri saat balapan Formula 1 GP Inggris 2023. (twitter.com/McLarenF1)

Posisi ketiga mampu dipertahankan Piastri sebelum akhirnya masuk ke pit pada lap 29 untuk mengganti ban ke jenis hard. Pergantian ban tersebut membuat Piastri melorot ke posisi keenam. Pembalap berusia 22 tahun itu berupaya mengejar ketertinggalan dari para pembalap di depannya yang belum melakukan pergantian ban.

Akan tetapi, usaha pengejaran Piastri terhambat oleh adanya safety car yang memandu jalannya balapan. Safety car masuk ke trek imbas dari mobil Kevin Magnussen yang mengalami masalah dan berhenti di atas lintasan. Alhasil, sejumlah pembalap memanfaatkan momen untuk melakukan pergantian ban.

Kondisi tersebut membuat Piastri naik ke posisi keempat. Saat balapan kembali berjalan normal pada lap 39, Piastri memiliki momentum untuk mengejar Lewis Hamilton yang ada di depannya. Di sisi lain, Piastri juga berada dalam tekanan karena George Russell terus mengejar dirinya agar bisa mengudeta posisi keempat.

Pada prosesnya, Piastri bisa menjauh dari kejaran Russell. Akan tetapi, ia juga tak bisa mengejar Hamilton yang kian melesat di posisi ketiga. Alhasil, Piastri harus puas melintasi garis finis di posisi keempat.

3. Piastri sedikit kecewa karena gagal naik podium, tetapi senang bisa finis keempat

Campur Aduk Perasaan Oscar Piastri usai Finis Keempat di GP Inggrispembalap McLaren Oscar Piastri (formula1.com)

Kesempatan Piastri meraih podium pertamanya di Formula 1 harus menemui kegagalan di GP Inggris. Hal tersebut membuat dirinya kecewa, terlebih performa McLaren selama pekan balap kali ini lebih bagus dibandingkan pada seri-seri sebelumnya. Walau begitu, Piastri tetap senang atas pencapaian yang mampu ditorehkannya.

“Menyakitkan berada sangat dekat dengan podium. Kami terlihat sangat bagus. Kami melakukan semua yang kami bisa. Kami menjauh dari mobil-mobil di belakang. Namun, semua menjadi satu detik terlalu jauh di belakang ketika safety car keluar.

Itu sedikit menyakitkan. Namun, aku sangat senang bahwa aku kecewa dengan posisi keempat, berbeda dengan yang telah terjadi pada awal musim ini,” jelas Piastri dilansir Racing News 365.

Tambahan 12 poin usai balapan GP Inggris mengerek posisi Piastri di klasemen pembalap. Pembalap bernomor mobil 81 itu kini bercokol di posisi kesebelas dengan raihan 17 poin. Piastri masih tertinggal 25 poin dari rekan setimnya, Lando Norris, yang bertengger di posisi kesembilan.

Baca Juga: Raih Poin Perdana, Oscar Piastri Ikuti Jejak Dua Pendahulunya

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya