Charles Leclerc Sebut Angin Jadi Penghambat Performa SF-23

Performa Ferrari belum konsisten

Performa Ferrari di Formula 1 2023 belum stabil. Mereka kesulitan untuk bersaing di barisan depan melawan sejumlah tim, seperti Red Bull, Mercedes, dan Aston Martin. Tim berlogo kuda jingkrak itu bahkan harus finis di belakang McLaren saat balapan di GP Inggris pada 9 Juli 2023 lalu.

Jelang GP Hungaria, Charles Leclerc membeberkan faktor yang menjadi penghambat SF-23 untuk tampil maksimal. Pembalap asal Monako itu menyebut angin dapat memengaruhi performa mobil ketika beradu cepat di atas lintasan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

1. Ferrari baru meraih 2 podium dalam 10 seri balap Formula 1 2023

Charles Leclerc Sebut Angin Jadi Penghambat Performa SF-23Charles Leclerc membawa trofi usai main race GP Austria 2023. (formula1.com)

Hingga GP Inggris, Ferrari baru dua kali naik podium. Semua didapat dari Charles Leclerc ketika finis ketiga di GP Azerbaijan serta finis kedua di GP Austria. Belum ada kemenangan yang dikantongi Ferrari sepanjang Formula 1 2023 menjelang GP Hungaria.

Ferrari bahkan mengalami pekan balap kurang mengesankan di GP Inggris. Leclerc yang memulai balapan dari posisi keempat harus puas melintasi garis finis di posisi kesembilan. Sementara itu, Carlos Sainz membuntuti di posisi kesepuluh.

Kedua pembalap bahkan takluk dari duo McLaren, yaitu Lando Norris dan Oscar Piastri, dalam balapan yang digelar di Sirkuit Silverstone. Norris berhasil menuntaskan balapan di posisi kedua, sedangkan Piastri mampu meraih posisi finis keempat. Sebuah hasil yang tentu saja kurang memuaskan untuk Ferrari.

2. Angin jadi masalah utama yang mengganjal performa SF-23

Charles Leclerc Sebut Angin Jadi Penghambat Performa SF-23Charles Leclerc saat menjalani pekan balap GP Inggris 2023. (formula1.com)

Ferrari bukan tidak ada upaya untuk meningkatkan performa SF-23. Tim yang dikepalai Frederic Vasseur itu sudah memberikan upgrade untuk mobil mereka dalam beberapa pekan terakhir. Charles Leclerc menyebut perkembangan performa mobil berada ke arah yang tepat. Akan tetapi, ia menyoroti masalah angin yang memberi pengaruh pada performa mobil di atas lintasan.

“Itu berjalan ke arah yang tepat. Seperti yang telah kami lihat di GP Inggris, tiap kali angin benar-benar berembus pada hari Minggu, maka itu adalah salah satu kelemahan utama kami. Namun, kami melakukan beberapa langkah maju. Kami tahu bahwa kami masih butuh untuk meningkatkannya,” kata Chalres Leclerc dilansir PlanetF1.

Baca Juga: Ferrari Bersiap Hadapi Perubahan Alokasi Ban di Formula 1 GP Hungaria

3. Charles Leclerc yakin Ferrari bisa mengambil langkah tepat untuk tingkatkan performa SF-23

Charles Leclerc Sebut Angin Jadi Penghambat Performa SF-23Charles Leclerc melambaikan tangan saat berada di podium GP Azerbaijan 2023. (formula1.com)

Charles Leclerc masih menyimpan optimisme untuk meraih hasil maksimal di GP Hungaria. Ia menilai karakteristik Sirkuit Hungaroring sedikit cocok dengan SF-23. Akan tetapi, Leclerc melihat adanya potensi dari tim-tim lain memberi kejutan selama pekan balap. Meski begitu, Leclerc cukup yakin Ferrari bisa mengambil langkah bagus demi capaian yang lebih baik.

“Aku tidak ragu bahwa kami akan meningkat, lalu kami butuh beberapa waktu untuk membuat suku cadang dan tentunya untuk teknisi dalam menemukan cara terbaik mengatasi masalah. Kami telah melihat langkah positif yang menuju ke arah itu. Sekarang, kami hanya butuh untuk terus mendorong,” jelas Leclerc.

4. Charles Leclerc punya catatan kurang oke saat balapan di GP Hungaria

Charles Leclerc Sebut Angin Jadi Penghambat Performa SF-23Charles Leclerc saat menjalani pekan balap GP Azerbaijan 2023. (formula1.com)

Charles Leclerc punya rekor kurang oke di GP Hungaria. Ia belum pernah finis di zona tiga besar saat berjibaku di Sirkuit Hungaroring. Musim lalu, Leclerc harus puas finis di posisi keenam setelah memulai balapan dari posisi ketiga. Kesalahan strategi menjadi biang kerok ia gagal merengkuh hasil bagus tahun lalu. Walau begitu, Leclerc menilai dirinya tampil cepat di GP Hungaria 2022 meski gagal finis podium.

“Aku tak berpikir itu menjadi sebuah trek di mana aku menjadi sangat cepat pada masa lalu. Aku pikir aku memiliki pekan balap yang bagus tahun lalu. Namun, kami tidak meraih podium karena sejumlah alasan.

Aku pikir kecepatan pada akhirnya ada di sana yang sejujurnya aku tak berpikir aku melakukan pekerjaan baik di trek ini. Akan tetapi, aku percaya bahwa kami harus bagus akhir pekan ini,” tandas Leclerc.

Charles Leclerc kini bertengger di posisi ketujuh klasemen pembalap. Ia sudah mengumpulkan 74 poin dari 10 seri balap untuk Ferrari. Akankah Leclerc dapat finis di zona podium dan meraup poin akhir pekan ini di Sirkuit Hungaroring? Kita nantikan saja!

Baca Juga: George Russell Kritik Manuver Charles Leclerc di Balapan F1 GP Inggris

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya