Damon Hill: Hamilton Masih Berpeluang Raih Gelar Juara Formula 1 2022

Mercedes masih belum tampilkan performa mengesankan

Lewis Hamilton saat ini masih belum meraih kemenangan pada dua balapan awal Formula 1 2022. Posisi di klasemen sementara pun juga menunjukkan pembalap Mercedes itu tertinggal dari Verstappen.

Padahal, keduanya saling bersaing berebut gelar juara sejak awal musim. Banyak pihak menganggap kans Hamilton meraih gelar juara dunia pada musim ini kian kecil.

Apalagi, performa W13 yang masih kalah dibandingkan mobil Red Bull dan Ferrari. Namun, menurut Damon Hill, pembalap legenda F1 asal Inggris ini berpendapat jika Hamilton masih punya peluang meraih gelar juara dunia tahun ini.

1. Mercedes belum menunjukkan performa meyakinkan pada dua balapan awal musim 2022

Damon Hill: Hamilton Masih Berpeluang Raih Gelar Juara Formula 1 2022Lewis Hamilton pada balapan GP Arab Saudi (formula1.com)

Formula 1 musim 2022 baru saja menggelar dua balapan, yakni GP Bahrain dan Arab Saudi. Namun, performa Mercedes belum menunjukkan tanda-tanda meyakinkan. Tim berjuluk Silver Arrows itu diasapi oleh Red Bull dan Ferrari.

Satu-satunya hasil baik yang didapat Mercedes pada dua balapan tersebut adalah finis ketiga pada GP Bahrain. Lewis Hamilton yang berhasil mempersembahkan itu untuk timnya meski pada GP Arab Saudi ia hanya mampu finis di posisi 10.

Sementara itu, George Russell belum meraih posisi podium. Akan tetapi, ia lebih konsisten masuk lima besar dengan berada di posisi ke-4 pada GP Bahrain serta posisi ke-5 dalam balapan di Arab Saudi.

2. Damon Hill berpendapat jika Mercedes dan Hamilton masih berpeluang raih gelar juara dunia

Damon Hill: Hamilton Masih Berpeluang Raih Gelar Juara Formula 1 2022Lewis Hamilton pada balapan GP Arab Saudi (formula1.com)

Kondisi yang terjadi pada kubu Mercedes tak ayal membuat banyak orang ragu akan potensi mereka dalam kontestasi gelar juara musim ini. Namun, Damon Hill berpandangan bahwa Mercedes dan Hamilton akan segera bangkit dalam waktu dekat.

“Ya, aku tidak melihat mengapa dia (Hamilton) tak punya peluang. Aku rasa dia seorang yang punya tembakan panjang. Peluang tampaknya cukup panjang, jadi mungkin layak untuk memberinya kesempatan,” kata Hill dilansir PlanetF1.

Baca Juga: Puasa Medsos Tuntas, Lewis Hamilton Kembali Sapa Penggemar

3. Mercedes masih punya banyak waktu untuk buktikan bisa bersaing di deretan depan

Damon Hill: Hamilton Masih Berpeluang Raih Gelar Juara Formula 1 2022mobil W13 milik Lewis Hamilton (twitter.com/MercedesAMGF1)

Lebih lanjut, Hill menyebut jika musim Formula 1 masih panjang. Oleh karena itu, Mercedes masih punya banyak waktu untuk membuktikan mereka mampu bersaing di barisan depan melawan Red Bull dan Ferrari. 

“Seperti yang aku katakan sebelumnya, ini akan menjadi pertarungan yang panjang. Kita tidak mengingat beberapa balapan awal musim ini saat memasuki pertengahan. Ini akan menjadi sebuah kerja keras sebab ada 23 balapan dalam semusim.

Jika Anda punya pertarungan yang terjadi di depan Anda, maka Anda tidak memiliki tim dominan. Tidak mungkin mereka akan sejauh itu. Jadi, kemungkinan besar Mercedes bisa masuk dalam campuran itu,” jelas Hill.

4. Hill tak melihat Hamilton tunjukkan rasa frustrasi terhadap performa timnya

Damon Hill: Hamilton Masih Berpeluang Raih Gelar Juara Formula 1 2022pembalap Mercedes Lewis Hamilton (twitter.com/MercedesAMGF1)

Sebelumnya, Mercedes telah menyatakan jika usaha mereka membereskan masalah yang ada tidak terjadi dalam waktu semalam. Hamilton juga berkontribusi untuk mencoba membawa Mercedes keluar dari masa-masa sulit di awal musim. 

Memang, Hamilton merasa kecewa akan performa W13 terutama pada GP Arab Saudi. Akan tetapi, Hill tak melihat Hamilton menunjukkan rasa frustrasi pada kinerja mobil dan juga timnya.

“Aku rasa jika dia frustrasi, maka dia akan menunjukkan sangat sedikit tanda-tanda. Aku pikir dia menunjukkan kekecewaan dan rasa khawatir karena dia ingin menang. Namun, aku rasa dia punya tujuh gelar juara dunia sudah diraihnya.

Dan, itu tak nyaman saat Anda hampir meraih gelar juara dunia kedelapan kali dan menjadi pembalap tak terbantahkan sepanjang masa. Jadi, dia akan sangat bertekad, tapi aku rasa dia punya ketenangan dan kedewasaan saat ini yang menarik untuk dilihat,” ungkap Hill dikutip F1i.

5. Jadwal pekan balap Formula 1 2022 GP Australia

Damon Hill: Hamilton Masih Berpeluang Raih Gelar Juara Formula 1 2022tampilan area start-finish Albert Park Circuit (twitter.com/ausgrandprix)

Formula 1 musim 2022 akhirnya kembali menyambangi Australia. Balapan yang akan berlangsung di Albert Park Circuit itu sudah absen dua musim beruntun lantaran pandemi COVID-19.

Tentu, balapan kali ini akan dinantikan banyak orang. Terlebih, sebagian besar sirkuit mengalami perombakan guna meningkatkan peluang bagi pembalap melakukan aksi menyalip. 

Kalian tentu tak ingin ketinggalan aksi-aksi seru dari para pembalap Formula 1 pada akhir pekan ini, kan? Oleh karena itu, kalian perlu simak jadwal lengkapnya berikut ini.

  • Jumat, 8 April 2022

Sesi latihan 1: 10.00 – 11.00 WIB

Sesi latihan 2: 13.00 – 14.00 WIB

  • Sabtu, 9 April 2022

Sesi latihan 3: 10.00 – 11.00 WIB

Kualifikasi: 13.00 – 14.00 WIB

  • Minggu, 10 April 2022

Main Race: 12.00 WIB

Baca Juga: Lewis Hamilton Akui Mercedes Butuh Waktu untuk Jinakkan Mobil Baru

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya