Daniel Ricciardo Menang di Balapan Penuh Drama GP Tiongkok

Asapi Bottas dan Raikkonen, Vettel dan Verstappen alami tabrakan

Daniel Ricciardo keluar sebagai pemenang dalam GP Tiongkok yang berlangsung Minggu (15/4/2018) siang. Pebalap asal Australia itu berhasil mengungguli dua pebalap Finlandia, Valtteri Bottas dan Kimi Raikkonen. Ricciardo finis dengan jarak waktu 8,894 detik di depan Bottas. Keberhasilan Ricciardo memenangi seri ketiga Formula 1 musim ini terjadi dalam balapan penuh drama.

1. Vettel pimpin balapan di depan Bottas

Daniel Ricciardo Menang di Balapan Penuh Drama GP TiongkokTwitter Formula 1

Di awal balapan Sebastian Vettel langsung memimpin jalannya balapan di depan Bottas yang berhasil menyalip Raikkonen di tikungan pertama. Max Verstappen yang memakai ban ultra soft berhasil menyalip Hamilton serta Raikkonen untuk posisi ketiga.

Verstappen baru memasuki pit stop pada lap ke-18, diikuti oleh Ricciardo yang juga masuk pada lap sama dan menggunakan ban berjenis medium. Hamilton pun menyusul masuk pit stop satu lap kemudian, dikutip dari Motorsport.com.

2. Masuk pit stop lebih awal, Bottas berhasil salip Vettel

Daniel Ricciardo Menang di Balapan Penuh Drama GP TiongkokTwitter Formula 1

Valtteri Bottas yang masuk pada lap 19, satu lap lebih awal dari Vettel, berhasil menyalip pebalap Ferrari itu untuk merebut posisi kedua. Bottas menyalip tepat saat Vettel keluar dari pit stop. Namun, Bottas butuh waktu hingga lap ke-27 untuk dapat menyalip Raikkonen yang belum melakukan pergantian ban.

Bottas mengambil alih balapan disusul Vettel dengan gap satu detik. Sementara itu, Raikkonen baru memasuki pit stop pada lap 28, yang membuat posisinya melorot ke urutan 6.

3. Ricciardo & Verstappen manfaatkan masuknya Safety Car untuk ganti ban

Daniel Ricciardo Menang di Balapan Penuh Drama GP TiongkokTwitter Formula 1

Drama dalam balapan ini bermula dari kejadian tabrakan yang dilakukan pebalap Toro Rosso, Pierre Gasly pada lap 31. Pebalap yang tampil fantastis dengan finis keempat di Bahrain itu menabrak rekan setimnya Brendon Hartley di tikungan Hairpin.

Tabrakan keduanya pun menyebabkan safety car harus keluar karena adanya serpihan di lintasan akibat tabrakan keduanya. Masuknya safety car dimanfaatkan Verstappen dan Ricciardo untuk mengganti ban ke jenis soft.

Langkah ini tidak diikuti oleh pebalap Ferrari maupun Mercedes saat safety car masih berada di lintasan. Balapan kembali dilanjutkan pada lap 36 setelah lintasan dianggap bersih dari serpihan.

4. Pergantian ban buat Ricciardo mampu merangsek ke posisi dua

Daniel Ricciardo Menang di Balapan Penuh Drama GP TiongkokTwitter Formula 1

Selepas balapan kembali dilanjutkan, Ricciardo dan Verstappen mulai merangsek ke posisi terdepan. Pergantian ban yang dilakukan saat adanya Safety Car membuahkan hasil bagi Ricciardo. Dirinya mampu menyalip Raikkonen pada lap 38 untuk posisi kelima.

Pada lap ke 39, terjadi pertarungan antara Hamilton dan Vertsappen untuk posisi ketiga. Namun, Verstappen melebar dan dimanfaatkan Ricciardo untuk menyalip rekan setimnya itu lalu menyalip Hamilton di tikungan hairpin, dikutip dari Autosport.com.

Ricciardo pada akhirnya berhasil menyalip Vettel untuk merangsek ke posisi dua.

5. Vettel ditabrak Verstappen, Ricciardo rebut posisi satu dari Bottas

Daniel Ricciardo Menang di Balapan Penuh Drama GP TiongkokTwitter Formula 1

Drama kembali terjadi pada lap 43 saat Vettel ditabrak oleh Verstappen di tikungan hairpin. Tabrakan ini menjadi petaka bagi Vettel. Sebab posisinya melorot ke posisi keenam. Sementara Verstappen diberi penalti 10 detik akibat tabrakan itu.

Nico Hulkenberg dan Fernando Alonso berhasil menyalip Vettel  di sisa lomba dan membuatnya harus puas finis di posisi ke-8, seperti dilansir Motorsportweek.com. Sementara itu, Ricciardo berhasil merebut posisi satu dari Bottas pada lap 46 dan bertahan hingga akhir balapan.

Hasil ini membuat Ricciardo berada di urutan keempat klasemen pebalap dengan 37 poin. Vettel yang hanya finis di urutan ke-8 masih bertengger di singgasana klasemen dengan 54 poin. Namun, jaraknya dengan Hamilton di klasemen hanya tinggal 9 poin.

Itu terjadi lantaran Hamilton berhasil finis di posisi keempat dan berhasil meraih tambahan 12 poin.

6. Hasil lengkap balapan Formula 1 2018 GP Tiongkok

Daniel Ricciardo Menang di Balapan Penuh Drama GP TiongkokTwitter Formula 1

Berikut adalah hasil lengkap balapan Formula 1 GP Tiongkok yang berlangsung Minggu (15/4/2018) siang WIB.

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya