Ducati Penasaran dengan Tanggapan Marc Marquez Selepas Tes Valencia

Marc Marquez jalani tes dengan baik

MotoGP 2023 telah usai pada Minggu, 26 November 2023. Akan tetapi, tim dan pembalap tak bisa langsung menikmati liburan selepas seri terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Mereka langsung menjalani tes resmi pada Selasa (28/11/2023) sore WIB sebagai persiapan menyongsong musim 2024.

Salah satu yang menjadi pusat perhatian selama tes di Valencia adalah Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol itu untuk kali pertama memacu motor Desmosedici setelah menghabiskan 11 musim bersama Honda. Hasil yang ditorehkan Marc Marquez saat tes juga oke. Tak mengherankan Ducati penasaran dengan komentar Marc Marquez soal motor milik pabrikan Italia itu.

1. Marc Marquez menduduki posisi keempat saat tes MotoGP di Valencia

Marc Marquez menjalani tes resmi di Valencia tanpa kendala. Pemilik delapan gelar juara dunia di semua kelas MotoGP itu bahkan sempat berada di posisi teratas setelah jeda makan siang. Pada akhirnya, Marc Marquez merampungkan tes dengan berada di posisi keempat.

Pembalap bernomor motor 93 itu menorehkan waktu 1 menit 29,424 detik. Marc Marquez hanya berselisih 0,171 detik dari Maverick Vinales yang menjadi pembalap tercepat. Marc Marquez melahap 49 lap di atas motor Desmosedici. 

Menilik data Motorcycle Sports, Marc Marquez menjadi pembalap Ducati terbaik kedua dalam tes Valencia. Ia tepat berada di belakang Marco Bezzecchi yang bertengger di posisi ketiga. Kedua pembalap terpisah 0,078 detik.

2. Catatan impresif Marc Marquez saat tes Valencia mendapat tanggapan Gresini Racing

Catatan impresif saat tes membuat Marc Marquez terlihat semringah. Ia melemparkan senyum, terutama setelah menjalani stint pertama mengendarai Desmosedici. Hal tersebut mendapat tanggapan dari Michele Masini selaku manajer tim Gresini Racing. Masini menyebut tes Valencia menjadi momen luar biasa untuk timnya.

"Hari ini adalah hal luar biasa untuk tim. Rasanya sangat bagus di kedua garasi. Tentang Marc Marquez, aku tak bisa membicarakannya, tetapi Anda dapat melihat waktu putarannya.

Kami sedikit lelah setelah musim panjang ini. Namun, kami sekarang sudah tak sabar memulai musim baru. Selalu bersikap membumi, tetapi kami bisa bekerja dengan sangat baik pada tahun depan dengan atmosfer seperti ini," kata Masini dilansir Crash.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik MotoGP 2023, Marc Marquez Akhirnya Ganti Tim

3. Gigi Dall'Igna ingin mengetahui komentar Marc Marquez soal performa Desmosedici

Ducati Penasaran dengan Tanggapan Marc Marquez Selepas Tes Valenciapembalap Gresini Racing, Marc Marquez (instagram.com/estrellagalicia00)

Tak hanya Gresini Racing, Ducati juga tampak bersemangat dengan penampilan Marc Marquez di tes Valencia. Gigi Dall'Igna mengakui dirinya penasaran untuk mendengar komentar Marc Marquez selepas memacu Desmosedici. Pria yang menjabat sebagai General Manager Ducati Corse itu menilai Marc Marquez sebagai sosok yang penting dalam kejuaraan balap motor.

"Aku ingin mendengar komentarnya. Dia adalah salah satu pembalap paling penting dalam sejarah balap motor. Aku ingin mendengar tanggapannya terhadap motor kami," kata Dall'Igna dikutip Crash.

4. Hasil tes pembalap MotoGP 2024 yang berstatus pindah tim ataupun debutan

Ducati Penasaran dengan Tanggapan Marc Marquez Selepas Tes ValenciaMarc Marquez saat menjalani tes di Valencia. (instagram.com/ausmotogp)

Performa Marc Marquez menjadi yang terbaik saat tes Valencia jika dibandingkan dengan pembalap lain yang berstatus pindah tim ataupun debutan. Berdasarkan data Motorcycle Sports, Fabio Di Giannantonio yang menjadi pembalap tercepat kedua dengan status tersebut. Pembalap yang kini memperkuat VR46 Racing Team itu berada di posisi ketujuh lewat catatan waktu 1 menit 29,662 detik. Adapun daftar catatan waktu pembalap pindah tim dan debutan saat tes Valencia adalah sebagai berikut.

4. Marc Marquez (Gresini Racing) - 1 menit 29,424 detik

7. Fabio Di Giannantonio (VR46 Racing Team) - 1 menit 29,662 detik

10. Luca Marini (Repsol Honda) - 1 menit 29,956 detik

16. Franco Morbidelli (Pramac Racing) - 1 menit 30,206 detik

17. Johann Zarco (LCR Honda) - 1 menit 30,283 detik

18. Pedro Acosta (GASGAS Tech3debutan) - 1 menit 30,476 detik

19. Alex Rins (Monster Energy Yamaha) - 1 menit 30,564 detik.

Tes Valencia menjadi awal dari perjalanan MotoGP 2024. Tim dan pembalap akan menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 1--3 Februari 2024 mendatang. Itu adalah jadwal shakedown test yang akan diikuti oleh pembalap debutan serta test rider.

Selepas shakedown test, tim dan pembalap MotoGP akan melakukan tes pramusim di sirkuit Sepang pada 6--8 Februari 2024. Setelah itu, mereka kembali menjalani tes di Lusail International Circuit, Qatar, pada 19--20 Februari 2024. Menarik untuk menantikan perkembangan tim dan pembalap saat tes pramusim bergulir tahun depan sebelum seri perdana MotoGP 2024.

Baca Juga: Marquez Semringah Jajal Ducati, Ciabatti: Motornya Bagus dan Cocok

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya