Comscore Tracker

Enea Bastianini Akui Sulit Menyalip Pembalap Lain pada MotoGP Jepang

Tekanan ban depan dinilai menjadi penyebabnya

Enea Bastianini menuntaskan balapan di posisi sepuluh besar pada balapan MotoGP Jepang. Pada balapan yang berlangsung Minggu (26/9/2022) siang WIB, pembalap Gresini Racing itu melintasi garis finis di posisi kesembilan.

Selepas balapan, Enea Bastianini akui sulit menyalip pembalap lain pada MotoGP Jepang, termasuk saat berduel dengan Francesco Bagnaia. Apa yang menyebabkan Bestia mengalami hal semacam itu?

1. Enea Bastianini sempat terjatuh saat Q1

Enea Bastianini Akui Sulit Menyalip Pembalap Lain pada MotoGP JepangEnea Bastianini terjatuh saat sesi Q1 pada GP Jepang 2022. (motogp.com)

Enea Bastianini harus menjalani kualifikasi dari sesi pertama (Q1). Ini lantaran kombinasi catatan waktu pada FP1 dan FP2 yang dicatatkannya tak masuk sepuluh besar. 

Saat Q1 berlangsung, pembalap berkebangsaan Italia itu terjatuh dalam kondisi trek yang basah akibat hujan. Bestia pun harus puas menyudahi sesi Q1 di posisi kelima. Capaian tersebut membuat Bastianini memulai balapan dari posisi start ke-15.

2. Bastianini sempat terlibat duel dengan Bagnaia dalam perebutan posisi kesembilan

Enea Bastianini Akui Sulit Menyalip Pembalap Lain pada MotoGP JepangEnea Bastianini dan Francesco Bagnaia pada balapan GP Jepang 2022 (motogp.com)

Selepas lampu start padam, Enea Bastianini perlahan mulai menyalip pembalap yang berada di depannya. Pada lap tiga, ia sudah bercokol di posisi ke-12 tepat di belakang Francesco Bagnaia.

Pada lap dua belas, Bastianini berhasil merangsek ke posisi sembilan dan berupaya mengejar Fabio Quartararo yang ada di depannya. Akan tetapi, Bagnaia yang berhasil disalipnya masih membayangi di belakang.

Puncaknya, pada lap 21, Bagnaia mampu menyalip Bastianini dalam perebutan posisi kesembilan. Bastianini pun berupaya mengejar rekan setimnya musim depan itu dalam beberapa lap yang tersisa.

Pada akhirnya, posisi kesembilan kembali jatuh ke tangan Bastianini menyusul Bagnaia yang terjatuh di tikungan tiga pada lap terakhir. Pembalap bernomor motor 23 itu meraup tujuh poin dari balapan yang berlangsung di Twin Ring Motegi.

Baca Juga: 3 Pembalap MotoGP Bicara Peluang Juara untuk Enea Bastianini

3. Soroti tekanan ban depan yang naik begitu cepat ketika menguntit pembalap lain

Enea Bastianini Akui Sulit Menyalip Pembalap Lain pada MotoGP JepangEnea Bastianini dan Francesco Bagnaia pada balapan GP Jepang 2022 (motogp.com)

Enea Bastianini memberi pandangan atas capaian yang dirinya raih pada GP Jepang kali ini. Ia merasa telah melakukan pekerjaan dengan baik meski harus start dari posisi ke-15.

Meski begitu, ia menyoroti perihal tekanan udara ban depan yang naik begitu cepat ketika berada di belakang pembalap lain. Sebab, kondisi tersebut membuatnya kesulitan melakukan manuver menyalip.

"Penting bagiku memperbaiki posisi saat start dan menggunakan ban soft karena aku memutuskan untuk melakukannya. Namun, itu cukup sulit karena tekanan udara ban depan naik sangat cepat ketika Anda berada di belakang yang lainnya.

Itulah yang kemudian membuatku sulit menyalip pembalap lain, khususnya saat pengereman. Aku juga punya Bagnaia di depanku yang kami tahu melakukan pengereman yang sangat terlambat. Itu hal yang sulit," ujar Bastianini dilansir Motorcycle Sports.

4. Dugaan ban aus membuat motornya tak tampil cepat dalam sepuluh lap terakhir

Enea Bastianini Akui Sulit Menyalip Pembalap Lain pada MotoGP JepangEnea Bastianini pada balapan GP Jepang 2022 (motogp.com)

Enea Bastianini juga merasakan bahwa motor yang digebernya tidak begitu cepat pada fase akhir balapan. Ia menduga ban motornya telah aus pada sepuluh lap terakhir.

"Setelah itu, tak masalah jika aku tak punya banyak pembalap di depanku. Aku memacu kecepatanku secara konsisten di bawah waktu 1 menit 46 detik.

Namun, aku tidak benar-benar cepat pada bagian akhir balapan. Aku pikir ban telah menurun secara signifikan dalam sepuluh lap terakhir," kata Bastianini dikutip Speedweek.

5. Enea Bastianini masih bertengger di posisi keempat klasemen pembalap

Enea Bastianini Akui Sulit Menyalip Pembalap Lain pada MotoGP Jepangklasemen sementara MotoGP 2022 usai GP Jepang (twitter.com/MotoGP)

Tujuh poin yang diperoleh seusai finis kesembilan pada GP Jepang memang belum mengerek posisi Enea Bastianini di klasemen pembalap. Ia masih bercokol di peringkat keempat dengan mengemas 170 poin.

Jarak Bastianini dengan Fabio Quartararo yang menduduki posisi puncak klasemen kini bertambah menjadi 49 poin. Akan tetapi, Bestia mampu memangkas ketertinggalan dari Aleix Espargaro yang berada di posisi ketiga menjadi 24 poin.

Baca Juga: Enea Bastianini Intip Peluang Jadi Juara MotoGP 2022

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya