Enea Bastianini Tak Menyangka Raih Kemenangan Pertama pada GP Qatar

Persembahkan kemenangan kepada mendiang Fausto Gresini

Enea Bastianini membuka MotoGP 2022 dengan kemenangan. Ia berhasil finis pertama pada GP Qatar yang berlangsung Minggu (7/3/2022) malam WIB. Hal ini tentu membuat pembalap asal Italia itu bangga.

Bastianini mengaku tak menyangka bisa meraih kemenangan pertama pada GP Qatar sekaligus kemenangan pertamanya dalam karier di kelas utama. Sebuah capaian yang juga membuat Gresini Racing senang bukan kepalang.

1. Sempat melorot hingga posisi ke-5, Enea Bastianini mampu finis sebagai pemenang

Enea Bastianini Tak Menyangka Raih Kemenangan Pertama pada GP QatarEnea Bastianini berselebrasi usai finis pertama pada GP Qatar 2022. (motogp.com)

Enea Bastianini mencatat hasil apik sejak sesi kualifikasi. Ia mampu meraih posisi start kedua di belakang Jorge Martin.

Namun, saat lampu start padam ia melorot ke posisi kelima. Meski begitu, ia tetap tak menyerah menyalip pembalap lain di depannya. 

Bastianini mampu menyalip Marc Marquez pada lap 7 untuk pertarungan perebutan posisi ketiga. Kemudian, pembalap bernomor motor 23 itu sukses menyalip Brad Binder saat trek lurus start-finish pada lap 14. 

Puncaknya, Bastianini sukses merebut pimpinan balapan dari Pol Espargaro pada lap 19. Ia mampu menyalip pembalap Repsol Honda itu sebelum memasukii tikungan pertama. Pada akhirnya, Bastianini mampu melenggang sebagai pemenang GP Qatar.

2. Enea Bastianini tak menyangka mampu meraih kemenangan, target awal hanya incar podium

Enea Bastianini Tak Menyangka Raih Kemenangan Pertama pada GP QatarEnea Bastianini memegang piala pada podium GP Qatar 2022. (motogp.com)

Enea Bastianini tentu merasa senang mampu meraih kemenangan pada balapan yang berlangsung di Lusail International Circuit. Pembalap berjuluk Bestia itu mengaku dirinya hanya mengincar posisi di podium. Oleh karena itu, ia tak menyangka bisa merebut kemenangan pada balapan kali ini.

“Ini tak terduga karena saya senang hari ini bisa naik podium dan meraih kemenangan. Saya melihat pada mata Nadia Padovani (Team Principal Gresini Racing Team) ada motivasi Fausto Gresini untuk maju bersama tim. Selain itu, sangat luar biasa melihat wajah semua orang dalam tim setelah balapan usai,” kata Bastianini dilansir Motorsport.com.

Baca Juga: [BREAKING] Enea Bastianini Juara MotoGP Qatar 2022

3. Atmosfer tim yang kondusif membuat Enea Bastianini termotivasi

Enea Bastianini Tak Menyangka Raih Kemenangan Pertama pada GP QatarEena Bastianini seusai balapan GP Qatar 2022 (motogp.com)

Lebih lanjut, Bastianini berujar bahwa atmosfer dalam tim sangat kondusif dan membuatnya termotivasi untuk meraih hasil maksimal pada GP Qatar. Ia pun memberikan pujian kepada mendiang Fausto Gresini dan Nadia Padovani atas kerja keras mereka selama ini.

“Benar-benar bagus karena Fausto telah mendatangkan orang-orang yang sangat baik untuk tim ini. Sekarang, Nadia telah membawa tim ini bersama sama dan atmosfernya sungguh fantastis. Semua orang sanga termotivasi dan itu membuat kemungkinan untuk melakukan hal seperti ini,” papar Bastianini.

4. Persembahkan kemenangan GP Qatar untuk mendiang Fausto Gresini

Enea Bastianini Tak Menyangka Raih Kemenangan Pertama pada GP Qatarpembalap Gresini Racing Enea Bastianini (motogp.com)

Bastinianini juga tak lupa mempersembahkan kemenangan ini untuk mendiang Fausto Gresini. Suami Nadia Padovani itu meninggal dunia pada 23 Februari 2021 setelah berjuang untuk sembuh dari COVID-19.

“Aku ingin mendedikasikan kemenangan ini untuk Fausto Gresini sebab dia banyak mendorongku. Hasil yang fantastis. Aku sangat senang untuk keluargaku yang ada di rumah. Aku juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semuanya untuk hasil ini,” terang Bestia dikutip Motorcycle Sports.

5. Enea Bastianini pimpin klasemen sementara, Fabio Quartararo tempati posisi ke-9

Enea Bastianini Tak Menyangka Raih Kemenangan Pertama pada GP Qatarpembalap Gresini Racing Enea Bastianini (motogp.com)

Enea Bastianini saat ini memimpin klasemen dengan perolehan 25 poin. Sementara itu, juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo berada di posisi ke-9 dengan 7 poin. Adapun runner-up musim lalu yakni Francesco Bagnaia mengalami insiden dengan Jorge Martin pada lap 12 sehingga tak bisa melanjutkan balapan.

 

MotoGP musim 2022 akan menyambangi Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret mendatang, Kira-kira, siapa yang akan memenangi balapan pada GP Mandalika untuk pertama kalinya?

Baca Juga: Pembalap Italia Sapu Bersih MotoGP Qatar, Menang di Semua Kelas!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya