Comscore Tracker

Espargaro Heran Tak Bisa Salip Quartararo pada MotoGP 2022 Inggris

Aleix Espargaro harus puas finis kesembilan

Aleix Espargaro melintasi garis finis pada balapan MotoGP 2022 Inggris di posisi kesembilan. Pembalap Aprilia itu hanya meraup 7 poin dari balapan yang berlangsung, Minggu (7/8/2022), malam WIB itu.

Aleix Espargaro pun mengungkapkan keheranannya selepas balapan tuntas. Ia merasa punya kesempatan besar untuk menyalip Fabio Quartararo yang finis satu posisi lebih baik darinya.

Akan tetapi, peluang tersebut gagal ia maksimalkan. Apakah kegagalan itu merupakan buntut rasa sakit di tubuhnya akibat insiden terjatuh pada sesi latihan terakhir?

1. Aleix Espargaro punya peluang salip Quartararo pada lap terakhir

Espargaro Heran Tak Bisa Salip Quartararo pada MotoGP 2022 InggrisAleix Espargaro pada GP Inggris 2022 (motogp.com)

Sebetulnya, Aleix Espargaro punya peluang finis di depan Quartararo pada lap terakhir. Ia berhasil menyalip Quartararo pada tikungan 16 atau Brooklands.

Akan tetapi, Quartararo dengan mudah mengambil kembali posisinya dan finis di posisi kedelapan. Selisih waktu kedua pembalap saat melintasi garis finis tak terlampau jauh, yakni 0,161 detik. 

2. Aleix sebut kondisi tubuhnya bukan alasan atas hasil kurang oke di Silverstone

Espargaro Heran Tak Bisa Salip Quartararo pada MotoGP 2022 InggrisAleix Espargaro pada GP Inggris 2022 (motogp.com)

Selepas balapan, Aleix mengaku bahwa dirinya sedikit merasakan sakit pada tubuhnya saat balapan. Namun, dirinya menegaskan bahwa kondisi itu bukanlah alasan atas hasil kurang oke di Sirkuit Silverstone.

"Aku merasa baik. Rasa sakit bukanlah alasan. Tentu, aku tak benar-benar bisa bergerak bebas di atas motor dan membantu motor untuk menikung. Aku merasakan sedikit rasa sakit selama balapan. Namun, rasa sakit yang kualami itu tak seberapa.

Meski begitu, faktor ini tetap bikin kecewa karena aku tak bisa menyalip. Aku tak bisa agresif. Aku finis jauh dari pemenang balapan. Namun, selama akhir pekan ini aku punya kecepatan yang kuat. Jadi, mengecewakan bahwa aku tak bisa bertarung untuk kemenangan," ujar Aleix dilansir Motorcycle Sports.

Baca Juga: Rossi dan Stoner Bantu Bagnaia Menang di MotoGP 2022 Inggris

3. Aleix juga dibuat tak paham dengan fakta yang terjadi selama balapan

Espargaro Heran Tak Bisa Salip Quartararo pada MotoGP 2022 InggrisAleix Espargaro pada balapan GP Inggris 2022 (motogp.com)

Aleix juga merasa heran dengan fakta selama balapan berlangsung. Ini termasuk dengan keberhasilan Ducati lewat kemenangan Francesco Bagnaia di posisi pertama dan Jack Miller yang finis ketiga.

Padahal, pembalap bernomor motor 41 itu berujar bahwa kedua pembalap tim pabrikan Ducati itu kurang tampil cepat selama pekan balap MotoGP 2022 Inggris. Akan tetapi, Bagnaia dan Jack Miller mampu berada di podium bersama rekan setim Aleix, yakni Maverick Vinales

"Aku tak bisa memahami balapan pada hari ini (MInggu). Kedua pembalap Ducati tak punya kecepatan selama pekan balap dan mereka menang. Mereka melakukan pekerjaan baik. Aku tak paham dimana mereka menemukan kecepatannya.

Marco Bezzecchi juga sangat kuat. Quartararo sangat kuat dan finis bersama denganku. KTM berada di grup pimpinan. Enea Bastianini di luar 15 besar saat FP1. Aku benar-benar tak paham dengan apa yang terjadi," ungkap Aleix heran.

4. Aleix bakal jalani pengecekan tubuh lebih lanjut di Barcelona usai alami highside saat FP4

Espargaro Heran Tak Bisa Salip Quartararo pada MotoGP 2022 Inggrispembalap Aprilia Aleix Espargaro (motogp.com)

Berbicara soal rasa sakit yang diderita setelah mengalami highside saat FP4, Aleix sempat menjalani proses X-Ray di medical centre Sirkuit Silverstone. Dari hasilnya tak ditemukan adanya patah tulang.

Meski begitu, kakak kandung Pol Espargaro itu bakal menjalani pemeriksaan lebih lanjut setibanya di Barcelona, Spanyol, usai rangkaian MotoGP 2022 Inggris. Langkah pengecekan tersebut dikonfirmasi langsung oleh Aleix.

"Kondisi kakiku lebih baik dari kemarin (Sabtu). Aku bisa berjalan. Namun, setelah balapan aku merasakan sakit di kaki, leher, dan punggung. AKu harus banyak istirahat sebelum MotoGP Austria.

Aku akan ke Rumah Sakit Dexeus untuk melakukan pengecekan menyeluruh tubuhku guna memastikan tidak ada yang patah. Aku pikir dengan waktu pemulihan, aku bisa tampil dalam kondisi 100 persen di Austria," jelas Aleix.

5. Aleix Espargaro tertinggal 22 poin dari Fabio Quartararo di klasemen pembalap

Espargaro Heran Tak Bisa Salip Quartararo pada MotoGP 2022 Inggrisklasemen pembalap MotoGP usai GP Inggris 2022 (twitter.com/MotoGP)

Aleix Espargaro masih berada di posisi kedua klasemen dengan perolehan 158 poin. Ia tertinggal 22 poin dari Fabio Quartararo yang masih berada di puncak klasemen sementara.

Sementara itu, Bagnaia yang finis terdepan pada balapan di Silverstone kini bercokol di posisi ketiga dengan koleksi 131 poin. Jarak poin antara pembalap asal Italia itu dengan Quartararo pun makin terpangkas menjadi 49 poin saja.

Seri MotoGP 2022 berikutnya akan dihelar di Red Bull Ring, Austria, Jumat--Minggu (19--21/8/2022), mendatang. Mampukah Aleix Espargaro pulih dan tampil dalam kondisi 100 persen pada seri balapan selanjutnya?

Baca Juga: Salah Pilih Ban, Fabio Quartararo Keteteran di MotoGP 2022 Inggris

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya