Esteban Ocon Gembira usai Finis Ketiga di Formula 1 GP Monako

Jadi podium ketiga Ocon bersama Alpine

Esteban Ocon tersenyum bahagia di Formula 1 GP Monako. Pembalap asal Prancis itu mampu menuntaskan balapan yang berlangsung pada Minggu (28/5/2023) malam WIB dengan finis di posisi ketiga.

Capaian itu tentu disambut gembira oleh Ocon dan Alpine selepas balapan. Apalagi, balapan yang berdurasi 78 lap itu disempat diwarnai oleh turunnya hujan yang membuat para tim bergerak cepat memikirkan strategi pit stop.

1. Esteban Ocon sukses amankan posisi start ketiga di GP Monako

Esteban Ocon Gembira usai Finis Ketiga di Formula 1 GP MonakoEsteban Ocon saat menjalani pekan balap GP Monako 2023. (formula1.com)

Esteban Ocon mencatatkan hasil bagus saat kualifikasi. Pembalap bernomor mobil 31 itu sukses menembus Q3 bersama rekan setimnya, Pierre Gasly. Ocon merampungkan sesi di posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 11,553 detik.

Posisi start Ocon berubah menjadi di tempat ketiga usai Charles Leclerc menerima hukuman turun tiga posisi start. Pembalap Ferrari itu dinilai menghalangi laju Lando Norris saat sesi kualifikasi berlangsung. Kondisi tersebut menjadi modal bagus untuk Ocon mengamankan posisi podium karena karakteristik sirkuit jalanan Monako yang lambat dan minimnya area untuk menyalip.

2. Esteban Ocon sempat alami insiden dengan Carlos Sainz pada awal balapan

Esteban Ocon Gembira usai Finis Ketiga di Formula 1 GP MonakoCarlos Sainz dan Esteban Ocon terlibat insiden saat balapan GP Monako 2023. (twitter.com/F1)

Esteban Ocon langsung menempel ketat Fernando Alonso selepas lampu start padam. Pada saat bersamaan, pembalap berusia 26 tahun itu juga berusaha mempertahankan posisinya dari kejaran Carlos Sainz yang memulai dari posisi keempat. Pertarungan antara keduanya terus terjadi pada 10 lap pertama balapan.

Sebuah insiden terjadi pada lap 11. Carlos Sainz menabrak bagian belakang mobil Esteban Ocon sesaat sebelum memasuki tikungan 10. Beruntung, mereka masih bisa melanjutkan balapan dan tak ada kerusakan parah yang terdapat pada mobil keduanya.

Esteban Ocon masuk ke pit pada lap 33 untuk mengganti ban dari medium ke hard. Ia berada di posisi ketujuh setelah melakukan pergantian ban. Perlahan Ocon naik ke posisi keempat usai menyalip Carlos Sainz pada lap 53.

Baca Juga: Melihat Dominasi Ayrton Senna di Formula 1 GP Monako, Tak Ada Lawan

3. Hujan mengguyur saat balapan, tetap Esteban Ocon berhasil finis di posisi ketiga

Tak berselang lama, sirkuit jalanan Monako mulai diguyur hujan. Satu per satu tim meminta para pembalap mereka untuk masuk ke pit guna mengganti ban. Esteban Ocon mendapat kesempatan mengganti ban ke jenis intermediate pada lap 55 dan keluar dari pit di posisi keenam.

Kemudian, Ocon naik ke posisi kelima setelah George Russell melakukan kesalahan di tikungan Mirabeau. Ocon kembali mengambil alih posisi kelima setelah Charles Leclerc dan Carlos Sainz ke pit pada lap 56. Posisi ketiga mampu dipertahankan hingga bendera chequered dikibarkan.

Keberhasilan Esteban Ocon finis ketiga menjadi podium ketiga baginya selama bersama Alpine. Sebelumnya, ia mampu finis kedua di GP Sakhir pada 2020 lalu ketika tim masih menggunakan nama Renault. Setahun berselang, Ocon berhasil meraih kemenangan perdananya di Formula 1 di GP Hungaria.

4. Apresiasi Esteban Ocon untuk kerja keras Alpine sepanjang pekan balap GP Monako

Esteban Ocon Gembira usai Finis Ketiga di Formula 1 GP MonakoEsteban Ocon berselebrasi usai finis ketiga di GP Monako 2023. (twitter.com/F1)

Esteban Ocon tak bisa menyembunyikan rasa gembiranya usai finis ketiga di GP Monako yang diisi dengan sejumlah drama. Ia tak lupa memuji kerja keras tim selama balapan berlangsung. Apalagi, Ocon menilai strategi timnya dalam pergantian ban dijalankan dengan sangat baik.

“Kami telah melakukannya! Ini adalah akhir pekan yang super dari semua orang yang ada di tim sejak hari pertama di simulator menuju ke sesi latihan. Kami meningkatkan mobil dari awal hingga akhir dan kami tidak menempatkan kesalahan. Bahkan, saat kami menggunakan ban intermediate, itu adalah putaran yang sempurna untuk melakukannya,” kata Ocon dilansir Racing News 365.

Tambahan 15 poin membuat posisi Esteban Ocon di klasemen pembalap terkerek naik. Ia kini bertengger di posisi kesembilan dengan perolehan 21 poin. Ia unggul tujuh poin dari Pierre Gasly yang berada di peringkat kesepuluh.

Baca Juga: Esteban Ocon Percaya Mick Schumacher akan Kembali ke Grid Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya