F1 GP Singapura Batal Digelar, Tiga Negara Berpeluang Menggantikan 

Amerika Serikat, Turki dan Tiongkok masuk pertimbangan

Bagi penggemar balapan F1 yang berada di daratan Asia GP Singapura adalah salah satu balapan yang paling dinanti. Balapan yang digelar pada malam hari dan menggunakan jalan raya tersebut menjadi salah satu daya tarik selain aksi-aksi para pembalap di lintasan.

Namun, harapan untuk bisa menyaksikan kembali balapan GP Singapura pada musim 2021 ini harus dipendam. Pasalnya, F1 mengumumkan pembatalan seri balap untuk kedua kalinya secara beruntun.

1. Dibatalkan karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19

F1 GP Singapura Batal Digelar, Tiga Negara Berpeluang Menggantikan Gelaran GP Singapura pada 2019 silam (formula1.com)

Berdasarkan pernyataan dari F1 melalui situs resmi mereka, pembatalan balapan berkaitan dengan pandemi COVID-19 yang kini masih merebak di berbagai negara, tak terkecuali Singapura.

“Formula 1 dan pihak penyelenggara balapan mengonfirmasi bahwa GP Singapura tahun ini dibatalkan dengan alasan keamanan dan logistik yang disebabkan oleh pandemi COVID-19”, bunyi pernyataan resmi F1.

Perlu diketahui, pemerintah Singapura menerapkan aturan ketat pada orang yang akan memasuki negara tersebut. Alhasil, sulit bagi F1 dan promotor balap di Singapura menggelar balapan di kawasan Marina Bay.

2. Pembatalan GP Singapura bukan keputusan yang mudah

F1 GP Singapura Batal Digelar, Tiga Negara Berpeluang Menggantikan Balapan malam di Marina Bay Circuit pada 2019 lalu (singaporegp.sg)

Deputy Chairman GP Singapura, Colin Syn, angkat bicara perihal pembatalan GP Singapura pada musim ini. Menurutnya, keputusan membatalkan kembali balapan di sana adalah keputusan yang sulit.

“Membatalkan balapan untuk kedua kalinya adalah keputusan yang tidak mudah. Tapi, keputusan ini diperlukan mengingat pembatasan yang berlaku untuk acara yang dihadiri banyak orang di Singapura”, paparnya dilansir RaceFans.

“Pada akhirnya, kami harus bertanggung jawab dan berhati-hati sebab keselamatan jadi yang utama saat ini”, lanjutnya.

Baca Juga: 5 Sirkuit Formula 1 Paling Ikonik Sepanjang Masa, Selalu Seru!

3. Pemegang tiket balap GP Singapura akan dapat pengembalian dana penuh

F1 GP Singapura Batal Digelar, Tiga Negara Berpeluang Menggantikan Para penggemar menonton balapan GP Singapura (tickets.formula1.com)

GP Singapura sejatinya bakal digelar pada 1-3 Oktober 2021 mendatang. Meski begitu, tidak ada tiket yang dijual untuk balapan tersebut hingga keputusan pembatalan seri balap keluar.

Adapun pemegang tiket GP Singapura musim 2020 yang menunda kedatangan mereka ke balapan musim ini tak perlu merasa risau. Sebab, pihak promotor memastikan akan mengembalikan dana secara penuh kepada mereka.

4. Tiga negara berpotensi gantikan GP Singapura

F1 GP Singapura Batal Digelar, Tiga Negara Berpeluang Menggantikan Gelaran GP Tiongkok 2019 silam (f1experiences.com)

Hingga saat ini belum dapat dipastikan pengganti GP Singapura yang batal. Namun, tiga negara yang kini dipertimbangkan masuk untuk mengisi slot yang kosong. Negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Turki dan Tiongkok.

Sebelumnya, GP Turki dan Tiongkok diproyeksikan masuk kalender balap F1 musim 2021. Tetapi, kedua seri balap tersebut dibatalkan dengan alasan keamanan guna mencegah penyebaran COVID-19. Kini, kedua seri tersebut menjadi kandidat mengisi slot kosong.

5. GP Amerika berpotensi dua jilid, jadwal GP Jepang bakal dimajukan

F1 GP Singapura Batal Digelar, Tiga Negara Berpeluang Menggantikan Bottas pada GP Amerika Serikat 2019 silam (f1i.com)

Pada lain pihak, GP Amerika berpotensi menggelar balapan sebanyak dua jilid. GP Amerika sudah ada pada kalender F1 2021 dan dijadwalkan menggelar balapan pada 22-24 Oktober.

Dilansir Motorsport.com, jika F1 memilih Amerika Serikat untuk mengisi posisi lowong maka ada kemungkinan memajukan jadwal GP Jepang. 

Nantinya, GP Jepang akan digelar pada tanggal penyelenggaraan GP Singapura, sementara GP Amerika Serikat dua jilid pada 15-17 Oktober dan 24 Oktober. Lantas, negara mana yang bakal dipilih? Kita nantikan bersama ya!

Baca Juga: 5 Persaingan Rekan Satu Tim Terpanas Sepanjang Sejarah Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya