Fernando Alonso Berpeluang Menang dalam 3 Seri Formula 1 2023

Alonso sedang mengincar kemenangan ke-33 

Fernando Alonso punya motivasi tinggi setelah sukses naik podium 4 kali dalam 5 seri awal Formula 1 2023. Alonso sedang dalam pencarian meraih kemenangan perdananya bersama Aston Martin di tengah performa yang sedang menanjak.

Pembalap asal Spanyol itu menyebut dirinya punya peluang finis terdepan dalam tiga seri balap yang akan datang. Lalu, seri balap mana saja yang masuk ke dalam target kemenangan Fernando Alonso?

1. Penampilan Fernando Alonso dalam lima seri balap awal terbilang konsisten

Fernando Alonso Berpeluang Menang dalam 3 Seri Formula 1 2023Fernando Alonso mengangkat trofi usai finis ketiga di GP Miami 2023. (formula1.com)

Penampilan Fernando Alonso dalam lima balapan awal Formula 1 musim ini cukup konsisten. Betapa tidak, pembalap bernomor mobil 14 sudah 4 kali finis di posisi ketiga di GP Bahrain, Arab Saudi, Australia, dan Miami. Hanya sekali Alonso gagal finis zona tiga besar ketika menuntaskan balapan di posisi keempat saat main race GP Azerbaijan.

Hasil tersebut jauh lebih baik ketimbang musim lalu saat memperkuat Alpine. Alonso gagal naik podium saat itu. Hasil terbaiknya adalah finis kesembilan di GP Bahrain. Bahkan, ia tercatat dua kali gagal finis di GP Arab Saudi dan Emilia Romagna.

2. Perolehan poin Fernando Alonso untuk Aston Martin lebih banyak ketimbang Lance Stroll

Fernando Alonso Berpeluang Menang dalam 3 Seri Formula 1 2023Fernando Alonso saat menjalani pekan balap GP Azerbaijan 2023. (formula1.com)

Performa yang stabil di balik kemudi AMR23 menempatkan Fernando Alonso sebagai salah satu pesaing terdekat duo Red Bull, Max Verstappen dan Sergio Perez. Ia juga punya andil dalam membawa Aston Martin bercokol di posisi kedua klasemen konstruktor. Sebanyak 102 poin yang didapat Aston Martin sebagian besar diperoleh dari hasil balapan Alonso.

Rinciannya, 75 poin didapat Alonso dan 27 poin dikoleksi Lance Stroll. Itu berarti sebanyak 73,5 persen total poin Aston Martin berhasil dicetak Alonso. Sebuah angka yang begitu dominan jika dibandingkan Stroll.

Baca Juga: Ambisi Fernando Alonso Meningkat setelah Finis Ketiga di GP Miami

3. Fernando Alonso tak mau berpuas diri meski sudah empat kali naik podium

Fernando Alonso Berpeluang Menang dalam 3 Seri Formula 1 2023pembalap Aston Martin Fernando Alonso (formula1.com)

Catatan impresif yang sudah dibukukan tak membuat Fernando Alonso berpuas diri. Justru ia berhasrat untuk mengincar kemenangan perdana bersama Aston Martin yang baru diperkuatnya musim ini. Dirinya optimistis finis pertama bisa diraih dalam waktu dekat dengan mobilnya saat ini.

“Aku pikir begitu. Kami kelihatannya memiliki mobil yang mungkin tidak tercepat di trek lurus. Kami butuh meningkatkannya, tetapi kami sangat bagus di tikungan,” ucap Alonso dilansir GPFans.

4. Tiga seri balap ini jadi incaran Fernando Alonso untuk merebut kemenangan

Fernando Alonso Berpeluang Menang dalam 3 Seri Formula 1 2023pembalap Aston Martin Fernando Alonso (formula1.com)

Fernando Alonso menyebut tiga sirkuit yang menjadi incarannya untuk merebut kemenangan. Itu didasarkan pada karakteristik sirkuit yang terbilang lambat dan punya banyak tikungan. Hal tersebut cocok dengan kelebihan AMR23 yang bagus ketika melibas tikungan.

“Jadi, aku akan bilang bahwa itu adalah sirkuit dengan kecepatan paling lambat di kejuaraan. Itu adalah Monako, Budapest (Hungaria), dan Singapura. Pada jenis sirkuit semacam itu, aku pikir kami menempatkan harapan kami saat ini.

Jika suatu hari ada celah di sana dan ada sebuah peluang, maka kami perlu memastikan bahwa kami ada di posisi tersebut. Kami masih belum membuat kesalahan apa pun saat pekan balap,” jelas Alonso.

Alonso kini bertengger di posisi ketiga klasemen pembalap. Ia tertinggal 30 poin dari Sergio Perez yang menduduki posisi runner-up. Sementara, jarak Alonso dan Max Verstappen yang menduduki singgasana klasemen terpaut 44 poin. 

Formula 1 akan kembali mengaspal di GP Emilia Romagna. Balapan yang digelar di Autodromo Enzo e Dino Ferrari itu akan digelar pada 19–21 Mei 2023 mendatang. Akankah Fernando Alonso meraih kemenangan perdana bersama Aston Martin? Layak untuk dinantikan bersama!

Baca Juga: Nostalgia 11 Kemenangan Fernando Alonso Bersama Ferrari di Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya