Fernando Alonso Nilai Keputusan Bergabung ke Aston Martin Sudah Tepat

Tampil mengesankan pada dua seri awal F1 2023

Fernando Alonso sedang berbahagia. Ia sukses naik podium berturut-turut pada dua seri awal Formula 1 2023.

Finis di posisi tiga besar tak lepas dari performa mengesankan AMR23 di atas lintasan. Alonso menilai keputusan untuk keluar dari Alpine dan bergabung dengan Aston Martin adalah pilihan tepat.

1. Fernando Alonso telah mengoleksi seratus podium, berpeluang menyalip Kimi Raikkonen

Fernando Alonso Nilai Keputusan Bergabung ke Aston Martin Sudah TepatFernando Alonso mengangkat trofi saat di podium GP Bahrain 2023. (formula1.com)

Fernando Alonso sukses menorehkan hasil cemerlang di GP Bahrain dan Arab Saudi. Pada dua balapan tersebut, ia mampu menuntaskan balapan di posisi ketiga di belakang duo Red Bull, Max Verstappen dan Sergio Perez.

Podium di GP Arab Saudi menjadi yang ke-100 untuk Alonso sepanjang berkiprah di Formula 1. Ia hanya butuh naik podium empat kali lagi agar bisa menyalip capaian Kimi Raikkonen dalam daftar pembalap dengan koleksi podium terbanyak.

Saat ini, Kimi Raikkonen berada di peringkat kelima dengan raihan 103 kali finis di posisi tiga besar. Menilik performa bagus pada dua seri perdana musim ini, bukan tak mungkin dalam waktu dekat Alonso mengudeta posisi yang diduduki Raikkonen.

2. Fernando Alonso senang bergabung dengan Aston Martin

Fernando Alonso Nilai Keputusan Bergabung ke Aston Martin Sudah TepatFernando Alonso merayakan keberhasilan finis ketiga di GP Bahrain 2023 bersama para kru Aston Martin. (formula1.com)

Torehan mengesankan pada awal musim ini tentu membuat Fernando Alonso semringah. Ia menilai keputusan berlabuh ke Aston Martin sebagai pilihan tepat. Menurutnya, musim terakhirnya bersama Alpine adalah momen penting sebelum menghadapi ketatnya persaingan tahun ini.

"Dari pertengahan tahun, saat aku menyepakati kontrak dengan Aston Martin, aku mulai berpikir tentang mereka, mempersiapkan diriku, berbicara dengan tim, dan menyiapkan mobil. Itu seperti hal pribadi, jika aku tidak bertahan di Alpine, maka versi terbaikku dalam 20 tahun di Formula 1 akan terlihat," jelas Alonso dilansir PlanetF1.

Baca Juga: Kiprah 100 Podium Fernando Alonso di Formula 1 

3. Fernando Alonso tak mau sesumbar soal prospek Aston Martin pada seri balap berikutnya

Fernando Alonso Nilai Keputusan Bergabung ke Aston Martin Sudah TepatFernando Alonso saat menjalani pekan balap GP Bahrain 2023. (formula1.com)

Capaian mentereng Fernando Alonso pada dua seri awal Formula 1 2023 diiringi pula dengan ekspektasi banyak pihak yang makin tinggi. Alonso sadar betul akan hal semacam itu.

Pembalap berusia 41 tahun itu menegaskan dirinya tak mau sesumbar mengenai prospek performanya pada seri-seri berikutnya. Apalagi, Aston Martin belum bisa menandingi Red Bull yang begitu digdaya saat ini.

"Kami telah memulai dengan baik melalui dua kali naik podium, tetapi Red Bull ada di ranah yang lain. Jadi, Anda harus tetap menjaga kaki Anda tetap menapak bumi," tegas Alonso dikutip SoyMotor.

4. Selain Red Bull, Fernando Alonso juga mewaspadai Ferrari dan Mercedes

Fernando Alonso Nilai Keputusan Bergabung ke Aston Martin Sudah TepatFernando Alonso berada di depan Carlos Sainz dan Lewis Hamilton saat balapan GP Bahrain 2023. (formula1.com)

Selain Red Bull, Fernando Alonso juga mengantisipasi kebangkitan Ferrari dan Mercedes. Ia merasa kedua tim itu berpeluang tampil lebih baik selepas GP Bahrain dan Arab Saudi. Meski begitu, Alonso tetap optimistis Aston Martin bisa bertarung agar tren positif terjaga.

"Akan ada sebuah balapan yang kami akan berada di posisi keeenam atau ketujuh karena Ferrari akan melakukan dengan baik di sirkuit. Mercedes juga akan bertumbuh karena mereka tim besar dan kami sudah melihat tahun lalu bahwa mereka memulai dari Q3 dan menang di GP Brasil. Itulah potensi yang Mercedes miliki," kata Alonso.

5. Penampilan gemilang Fernando Alonso rupanya memukau penggemar muda

Fernando Alonso Nilai Keputusan Bergabung ke Aston Martin Sudah TepatFernando Alonso mengangkat trofi usai finis ketiga di GP Arab Saudi 2023. (formula1.com)

Penampilan gemilang Fernando Alonso tak hanya menjadi kabar gembira untuk Aston Martin. Publik Spanyol juga ikut senang atas prestasi yang ditorehkan pemilik dua gelar juara dunia Formula 1 tersebut.

Selain itu, capaian gemilang pada awal musim ini mampu menarik minat penggemar muda untuk mendukung Alonso. Kondisi tersebut membuat sang pembalap senang dan sedikit terkejut.

"Sedikit mengejutkan bahwa generasi yang tidak melihatku pada 2005—2006 menjadi bersemangat. Mereka sangat tertarik dan percaya pada pertarungan untuk kemenangan atau gelar juara sebab mereka belum melihatku dan kami belum ada di posisi tersebut," pungkas Alonso.

Alonso dan Aston Martin kini sedang menikmati masa-masa indah pada awal musim 2023. Namun, mereka tak boleh terlena karena peluang Ferrari dan Mercedes untuk kembali tampil prima masih terbuka lebar.

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 yang Raih 100 Podium sebelum Fernando Alonso

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya