Dikritik Gagal Pertahankan Gelar Juara, Joan Mir Tak Mau Ambil Pusing

Joan Mir harus puas finis ketiga di klasemen akhir

Pembalap Suzuki, Joan Mir, gagal mempertahankan gelar juara dunia yang didapatkannya pada musim 2020. Di musim 2021 dirinya hanya mampu finis posisi ketiga di klasemen pembalap.

Hasil tersebut membuat Mir mendapatkan kritikan karena dianggap gagal menunjukkan performa terbaik. Namun, pembalap asal Spanyol itu mengaku tidak terlalu ambil pusing pada kritik yang dialamatkan padanya.

1. Joan Mir naik podium enam kali tanpa meraih kemenangan

Dikritik Gagal Pertahankan Gelar Juara, Joan Mir Tak Mau Ambil PusingJoan Mir pada GP Belanda (motogp.com)

Joan Mir memang gagal meraih gelar juara dunia di musim 2021. Pembalap bernomor motor 36 itu hanya mampu enam kali naik podium tanpa pernah sekali pun menang.

Di klasemen akhir pembalap, Mir tertinggal 70 poin dari Fabio Quartararo yang mampu merengkuh gelar juara dunia pertama dalam kariernya. Meski begitu, jika dibandingkan dengan rekan setimnya, Alex Rins, ia mampu tampil lebih baik dan konsisten selama satu musim.

2. Gagal mempertahankan gelar juara sebab kurangnya pengembangan motor

Dikritik Gagal Pertahankan Gelar Juara, Joan Mir Tak Mau Ambil PusingJoan Mir pada GP San Marino (motogp.com)

Kegagalan Mir mempertahankan gelar salah satunya akibat kurangnya pengembangan pada GSX-RR versi 2021. Mir juga menegaskan bahwa ia telah melakukan hal semaksimal mungkin saat berada di atas motornya.

“Benar bahwa aku gagal menang, tapi apa yang tidak bisa dikatakan oleh siapa pun adalah aku tak memberikan 100 persen saat berada di atas motor. Ini jelas dan juga aku merasa sangat kecewa pada hasil yang kudapatkan. Jika seseorang percaya padaku, itu bagus untukku. Namun, jika seseorang mengatakan aku melakukan hal buruk dalam usaha mempertahankan gelar, aku tak masalah,” kata Mir dilansir Motorsport.com.

Baca Juga: Tak Raih Kemenangan, Bos Suzuki Akui MotoGP 2021 Bukan Musim Terbaik

3. Joan Mir tak mau ambil pusing dengan kritikan yang ditujukan padanya

Dikritik Gagal Pertahankan Gelar Juara, Joan Mir Tak Mau Ambil Pusingpembalap Suzuki Ecstar Joan Mir (motogp.com)

Mir menekankan bahwa ia tak ambil pusing dengan kritikan yang ditujukan padanya. Menurutnya, orang-orang yang memberi kritikan juga perlu tahu kondisi yang dialami dirinya dan tim agar bisa mendapat sudut pandang lain terkait hasil minor di musim 2021.

“Mereka seharusnya hidup dalam segalanya agar mengerti situasi yang sehingga sedikit lebih tahu sebelum memberi komentar. Akan tetapi, sejujurnya aku tak mau terlalu memusingkan orang-orang semacam itu.”

4. Kemunduran performa Suzuki disinyalir berkaitan dengan hengkangnya Davide Brivio

Dikritik Gagal Pertahankan Gelar Juara, Joan Mir Tak Mau Ambil Pusingmantan Team Manager Suzuki Davide Brivio (motogp.com)

Selain masalah pengembangan motor, kemunduran performa Suzuki disinyalir juga berhubungan dengan hengkangnya Davide Brivio. Sebelumnya, Brivio mengemban posisi sebagai Team Manager Suzuki sebelum bergabung ke Alpine yang merupakan salah tim di Formula 1.

Ditinggal Brivio membuat Suzuki memilih untuk tidak mengisi posisi yang ditinggalkan pria asal Italia itu. Hal tersebut rupanya berdampak pada hilangnya beberapa ‘keutuhan’ dalam tim sebelumnya ada di era Brivio.

5. Joan Mir percaya Suzuki bakal kembali lebih kuat di musim mendatang

Dikritik Gagal Pertahankan Gelar Juara, Joan Mir Tak Mau Ambil PusingJoan Mir berfoto bersama para kru Suzuki Ecstar di GP Algarve. (motogp.com)

Meski mengalami musim sulit di 2021, Joan Mir percaya Suzuki akan kembali lebih kuat di musim mendatang. Optimisme tersebut didasarkan pada apa yang pengamatan dirinya selama satu musim.

“Aku pikir dari situasi yang telah kami jalani, kami akan kembali menjadi lebih kuat di masa mendatang sebab kami belajar banyak hal selama 2021. Kami belajar betapa sulitnya untuk meraih kemenangan di MotoGP.

 

Tidak cukup hanya sekedar melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Anda butuh melakukan hal lebih banyak untuk memenangkan gelar juara. Tidak hanya pembalap saja yang berupaya, tetapi juga semua orang di tim juga harus berjuang bersama,” tegas Mir dikutip Autosport.

Baca Juga: Joan Mir Buka Kesempatan Dipinang Tim MotoGP Lain

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya