Comscore Tracker

Gantikan Fox Sports, SPOTV Resmi Tayangkan MotoGP di Asia Tenggara

Ambil hak siar Fox Sports Asia yang tutup per 1 Oktober 2021

Penggemar MotoGP di wilayah Asia Tenggara sempat dibuat gusar akibat kabar tutupnya Fox Sports Asia pada awal tahun 2021. Kanal olahraga tersebut menayangkan ajang MotoGP yang dinikmati melalui layanan televisi berbayar dan OTT Streaming.

Kini, kejelasan mengenai nasib hak siar MotoGP di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, akhirnya terjawab. SPOTV secara resmi akan menayangkan aksi-aksi keren para pembalap MotoGP per 1 Oktober mendatang.

1. Kerja sama Dorna Sports dan Eclat Media Group berlangsung hingga 2026

Gantikan Fox Sports, SPOTV Resmi Tayangkan MotoGP di Asia TenggaraKamerawan sedang arahkan kamera ke Fabio Quartararo (motogp.com)

Dorna Sports selaku pemilik hak kejuaraan MotoGP secara resmi umumkan kerja sama jangka panjang hingga 2026 mendatang dengan Eclat Media Group pada Selasa (14/9/2021). Nantinya, Eclat Media Group melalui kanal olahraga mereka, yakni SPOTV1 dan SPOTV2 akan menyiarkan MotoGP pada lebih dari 15 negara di wilayah Asia.

“Kami sangat bangga memulai kerjasama yang menarik dengan Eclat. Asia Tenggara adalah satu dari pasar penting untuk ajang balap motor dengan semangat luar biasa di beberapa negara. Ada juga pasar-pasar baru yang kami lihat punya ruang bertumbuh yang besar. 

Kami senang bermitra dengan Eclat untuk tidak hanya untuk memberikan tayangan berkualitas, tetapi juga menciptakan basis penggemar baru serta membawa MotoGP memiliki penonton lebih besar lagi,” kata Manel Arroyo selaku Chief Commercial Officer Dorna Sports dilansir motogp.com.

2. Kerja sama dengan Dorna jadi momentum Eclat mengembangkan layanan mereka di Asia Tenggara

Mitchell Hong sebagai CEO Eclat juga menyambut gembira kemitraan dengan Dorna dalam penayangan MotoGP. Menurutnya, kerjasama tersebut menjadi momen bagi pihaknya untuk memulai pertumbuhan layanan kanal olahraga mereka di wilayah Asia Tenggara.

“Bagi kami, MotoGP mewakili sensasi dan kegembiraan. Ini jadi cara terbaik untuk memulai pertumbuhan kami di Asia Tenggara. Jadi, suatu kebahagiaan bagi saya mengumumkan dimulainya kerja sama dengan Dorna. Kami juga menantikan kesempatan bekerja sama untuk membawa ajang balap luar biasa ini pada penggemar di Korea."

Baca Juga: 9 Potret Valentino Rossi Selama Paruh Musim MotoGP 2021

3. Tak hanya MotoGP, SPOTV juga ambil hak siar WorldSBK

Gantikan Fox Sports, SPOTV Resmi Tayangkan MotoGP di Asia TenggaraAjang balap WorldSBK (worldsbk.com)

Tak hanya MotoGP saja yang akan ditayangkan oleh SPOTV. Ajang balap lainnya, yaitu WorldSBK, juga akan dapat dinikmati pada kanal olahraga tersebut. Eclat berhasil mendapatkan tanda tangan kerjasama yang akan dimulai pada 2022 hingga 2026 mendatang.

Rencananya, tayangan WorldSBK dan MotoGP juga dapat dinikmati melalui layanan OTT SPOTV NOW. Untuk saat ini, layanan tersebut masih belum tersedia di Indonesia dan hanya bisa diakses di Korea Selatan.

4. Berpindahnya hak siar MotoGP di Asia Tenggara imbas kebijakan Disney tutup Fox Sports

Gantikan Fox Sports, SPOTV Resmi Tayangkan MotoGP di Asia TenggaraSuasana studio Fox Sports Asia di Singapura (idealsys.com)

Berpindahnya hak siar tayangan MotoGP pada kanal olahraga berbayar dari Fox Sports Asia ke SPOTV bukan tanpa sebab. Hal ini sebagai imbas dari kebijakan yang diambil Walt Disney Company selaku pemilik Fox Network Group yang menutup 18 kanal milik Fox Group di Asia Tenggara per 1 Oktober mendatang.

Seperti dlansir Insider Sport, keputusan Disney menghentikan siaran 18 kanal Fox Group di Asia Tenggara, termasuk kanal olahraga, disebabkan perusahaan ingin fokus pada layanan streaming Disney+. Namun, konten olahraga tidak diboyong ke layanan mereka dan memilih berfokus ke konten film serta serial televisi.

5. Belum ada informasi layanan berbayar di Indonesia yang sudah teken kerja sama dengan Eclat Media Group

Gantikan Fox Sports, SPOTV Resmi Tayangkan MotoGP di Asia TenggaraIlustrasi orang menonton tayangan olahraga (press-herald.com)

Hingga artikel ini ditulis, penulis belum mendapat informasi lebih detail mengenai layanan TV berbayar atau layanan OTT streaming Indonesia mana yang sudah meneken kerja sama dengan Eclat. Namun, Trans7 sebagai kanal free-to-air Indonesia masih memiliki hak siar MotoGP hingga musim 2022.

Menarik dinanti layanan berbayar mana yang akan menayangkan MotoGP kepada penggemar di tanah air. Semoga harga yang ditawarkan dapat dijangkau oleh lebih banyak penonton.

Baca Juga: Francesco Bagnaia, Rider Italia yang Juarai MotoGP Aragon

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya