F1 2021: GP Arab Saudi Resmi Rilis Layout Sirkuit Jalanan Jeddah

Jadi sirkuit jalanan terpanjang dan tercepat di F1

Kamis (18/3), pihak penyelenggara balapan GP Arab Saudi secara resmi merilis layout sirkuit jalanan kota Jeddah. Sirkuit ini nantinya bakal menggelar balapan pada 5 Desember 2021 mendatang.

Adanya balapan GP Arab Saudi merupakan yang pertama dalam kalender balap F1 2021. Ini juga yang pertama sepanjang sejarah.

1. Berstatus sirkuit jalanan terpanjang dalam kalender balap F1 musim ini

F1 2021: GP Arab Saudi Resmi Rilis Layout Sirkuit Jalanan Jeddahformula1.com

Ada beberapa hal menarik yang perlu diketahui dari sirkuit jalanan Jeddah. Seperti dilansir formula1.com, sirkuit tersebut menjadi sirkuit jalanan terpanjang dalam kalender F1.  

Sirkuit jalanan Jeddah memiliki panjang 6,175 km. Sirkuit tersebut didesain oleh Tilke GmbH & Co. KG yang berkolaborasi dengan Formula 1 Motorsport team yang dipimpin langsung oleh Ross Brawn. Sirkuit itu pun juga menjadi yang terpanjang kedua di kalender F1 setelah sirkuit Spa-Francorchamps yang memiliki panjang 7,004 km.

2. Punya tikungan paling banyak mengalahkan sirkuit jalanan Marina Bay

F1 2021: GP Arab Saudi Resmi Rilis Layout Sirkuit Jalanan Jeddahmotorsport.com

Selain dinobatkan sebagai sirkuit jalanan terpanjang, sirkuit jalanan Jeddah juga punya tikungan terbanyak dibanding sirkuit-sirkuit lainnya yang menggelar balapan musim ini. Total ada 27 tikungan yang terdiri atas 16 tikungan ke kiri dan 11 tikungan ke kanan. 

Tikungan sebanyak itu mampu mengalahkan jumlah tikungan yang dimiliki sesama sirkuit jalanan lainnya, yakni Marina Bay Street Circuit. Sirkuit yang berlokasi di Singapura tersebut memiliki 23 tikungan dengan 14 tikungan ke kiri dan 9 tikungan ke kanan.

Baca Juga: Koalisi Saudi Hancurkan 6 Drone Houthi di Langit Arab Saudi

3. Mobil bisa memacu kecepatan rata-rata hingga 250 km/jam di beberapa titik

Sirkuit jalanan Jeddah termasuk sirkuit cepat. Ini dibuktikan dari hasil simulasi yang sudah dilakukan oleh pihak F1. Berdasarkan data yang dilansir motorsport.com, pada beberapa trek lurus serta bagian trek berkecepatan tinggi, mobil bisa dipacu dengan kecepatan rata-rata 250 km/jam. 

Bagian tercepat adalah pada tikungan hairpin ke kiri jelang tikungan 27. Pada bagian tersebut mobil diperkirakan bisa melaju dengan kecepatan hingga 322 km/jam.

4. Ada tiga zona DRS yang bisa dimanfaatkan para pembalap

F1 2021: GP Arab Saudi Resmi Rilis Layout Sirkuit Jalanan Jeddahformula1.com

Seperti pada sirkuit lainnya, sirkuit jalanan Jeddah juga punya zona DRS yang bisa dimanfaatkan para pembalap memacu mobilnya lebih kencang lagi. Ada tiga titik yang potensial dijadikan sebagai zona DRS. 

Zona pertama terletak di sepanjang garis start/finish sampai sebelum tikungan 1. Kemudian, zona kedua berada selepas tikungan 18 hingga menjelang tikungan 22. Zona terakhir akan bertempat hairpin corner  dari tikungan 25 hingga sebelum masuk tikungan 27.

5. Jadwal balapan GP Arab Saudi musim 2021

F1 2021: GP Arab Saudi Resmi Rilis Layout Sirkuit Jalanan Jeddahformula1.com

RaceweekGP Arab Saudi akan berlangsung pada 3--5 Desember 2021. Tercatat seri di negara tersebut adalah seri ke-22 dari 23 seri yang ada dalam kalender F1.

Jadi, apakah kamu sudah tidak sabar ingin  menyaksikan para pembalap memacu kendaraan di jalanan Jeddah?

Baca Juga: GP Formula 1 Arab Saudi Akan Ada Dalam Kalender Balap Selama 10 Tahun

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya