Hamilton Terkesan dengan Capaian George Russell pada F1 GP Australia

George Russell naik podium usai finis ketiga

George Russell kembali naik podium usai finis ketiga pada balapan GP Australia. Capaian itu menjadi yang kedua dalam kariernya pada ajang Formula 1. Sebelumnya, Russell naik podium pada GP Belgia musim 2021 lalu.

Hasil apik pembalap berkebangsaan Inggris itu mendapat apresiasi dari rekan setimnya, Lewis Hamilton. Menurutnya, Russell menampilkan performa yang konsisten selama tiga balapan awal musim 2022.

1. Start dari posisi ke-6, George Russell mampu menyudahi balapan di posisi tiga besar

Hamilton Terkesan dengan Capaian George Russell pada F1 GP AustraliaGeorge Russell pada balapan GP Australia 2022 (twitter.com/MercedesAMGF1)

George Russell punya modal bagus untuk finis di zona podium pada GP Australia. Pembalap bernomor mobil 63 itu berhasil meraih posisi start ke-6 dan berada di baris ketiga bersama Hamilton yang start dari posisi 5.

Saat balapan, ia konsisten berada di posisi lima besar. Adanya Safety Car yang masuk karena insiden dimanfaatkan oleh dirinya dan tim untuk melakukan pergantian ban. Strategi itu membuatnya mampu menyalip Hamilton untuk terus membuntuti Perez.

Pada prosesnya, Russell mampu finis posisi ketiga meski gagal menyalip Perez di sisa lap yang ada. Itu terjadi karena Max Verstappen keluar dari balapan lantaran mengalami masalah pada mobilnya.

2. Hamilton sebut capaian Russell pada tiga balapan awal sangat luar biasa

Hamilton Terkesan dengan Capaian George Russell pada F1 GP AustraliaGeorge Russell dan Lewis Hamilton dalam sebuah acara yang digelar Petronas (twitter.com/MercedesAMGF1)

Konsistensi Russell finis di zona poin membuatnya kini berada di posisi kedua klasemen sementara pembalap. Ia total sudah mengumpulkan 37 poin, tertinggal 34 poin dari Charles Leclerc yang berada di singgasana klasemen.

Melihat capaian Russell hingga GP Australia membuat Hamilton turut senang. Pemilik 7 gelar juara dunia Formula 1 itu menyebut raihan rekan setimnya itu sebagai suatu hal yang luar biasa.

"Dia telah melakukan pekerjaan bagus pada GP Australia dan punya kecepatan yang mumpuni. Dia sangat kuat pada tiga balapan pertama. Dia benar-benar bekerja," puji Hamilton dilansir Racing News 365.

Baca Juga: Lewis Hamilton Akui Mercedes Butuh Waktu untuk Jinakkan Mobil Baru

3. Hamilton dan Russell mengakui Mercedes perlu bekerja membenahi performa W13

Hamilton Terkesan dengan Capaian George Russell pada F1 GP Australiamobil W13 milik Lewis Hamilton pada GP Australia (twitter.com/MercedesAMGF1)

Terkait performa W13, Hamilton dan Russell sama-sama mengakui fakta bahwa Mercedes perlu bekerja untuk membenahi mobil tersebut. Hamilton optimis timnya akan bisa meningkatkan performa W13 sesegera mungkin.

"Ada performa yang bisa didapat pada area yang kami ketahui. Kami butuh itu sekarang. Bukan pada dua atau tiga balapan, seperti yang kita tahu, sebagai sebuah tim. Akan tetapi, kami hanya perlu untuk menjaga dorongan ini agar energi kami tetap tinggi," ungkap Hamilton.

4. Martin Brundle tak sepakat capaian Russell di Australia karena keberuntungan semata

Hamilton Terkesan dengan Capaian George Russell pada F1 GP AustraliaGeorge Russell pada balapan GP Australia 2022 (twitter.com/MercedesAMGF1)

Memang, keberhasilan Russell naik podium pada GP Australia terbantu oleh adanya Safety Car yang masuk saat adanya insiden serta masalah mobil Max Verstappen pada beberapa lap menjelang balapan usai. Namun, itu tak bisa menjadi alasan sepenuhnya dibalik capaian Russell pada balapan di Albert Park Circuit.

Menurut mantan pembalap Formula 1 sekaligus pundit Martin Brundle, Russell juga tetap butuh tampil kompetitif jika ingin naik podium. Dan, itu berhasil dibuktikannya saat balapan berlangsung.

"Russell mendapat keberuntungan karena Safety Car, tapi Anda juga tetap butuh hasrat kompetitif sebelum dan sesudah itu untuk mendapat keberuntunga dan dia tentu saja melakukannya.

Dia tidak tampak kesulitan bersaing dengan Hamilton pada kualifikasi atau saat balapan. Itu adalah hal yang impresif saat melawan pria hebat seperti Hamilton," papar Brundle dikutip PlanetF1.

5. Russell konsisten berada di zona poin, dua kali finis di depan Hamilton

Hamilton Terkesan dengan Capaian George Russell pada F1 GP Australiapembalap Mercedes George Russell (twitter.com/PET_Motorsports)

Berdasarkan data StatsF1, Russell memang konsisten finis di zona poin pada tiga balapan awal musim 2022. Pada GP Bahrain, Russell melintasi garis finis pada posisi ke-4 dan berhak atas 12 poin.

Pada GP Arab Saudi, Russell bahkan mampu finis di depan Hamilton. Ketika itu, Hamilton hanya bisa berada di posisi ke-10, sementara Russell menyudahi balapan di posisi ke-5. 

Hasil GP Arab Saudi kembali terulang di Australia. Russell lagi-lagi mampu mengasapi rekan setimnya dengan berada di zona podium. Di sisi lain, Hamilton harus puas finis di posisi ke-4.

 

Formula 1 akan menggelar balapan GP Emilia Romagna pada 22-24 April 2022 mendatang di Monza. Akankah Russell mampu kembali naik podium dan finis di depan Hamilton?

Baca Juga: George Russell Sebut Kesalahan Race Director Merugikan Lewis Hamilton

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya