Comscore Tracker

Vettel Rebut Pole Position GP Azerbaijan, Ungguli Duo Mercedes

Jadi capaian ketiga beruntun Vettel dalam musim ini

Sebastian Vettel akan kembali memulai balapan dari posisi terdepan. Itu menyusul hasil apik pada kualifikasi Formula 1 di GP Azerbaijan. Dalam kualifikasi yang berlangsung Sabtu (28/4/2017), Vettel berhasil membukukan waktu 1 menit 41,498 detik.

Hasil tersebut menempatkan pebalap asal Jerman itu di depan duo Mercedes yang akan start dari urutan kedua dan ketiga. Lewis Hamilton akan memulai balapan di posisi kedua. Sedangkan Valtteri Bottas menempati posisi start ketiga.

Pole position yang diraih Vettel menjadi pole position ketiganya secara beruntun di musim ini. Vettel sebelumnya berhasil menduduki posisi start terdepan pada GP Bahrain dan GP Tiongkok.

1. Punya peluang pole position, Kimi Raikkonen hanya start keenam

Vettel Rebut Pole Position GP Azerbaijan, Ungguli Duo MercedesTwitter Formula 1

Sejatinya, Kimi Raikkonen yang notabene rekan setim Vettel di Ferrari punya peluang merebut pole position. Seperti dikutip dari Motorsport.com, Raikkonen berhasil mencatatkan waktu terbaik di dua sektor sirkuit.

Raihan purple sector tersebut menjadi sia–sia, manakala pada tikungan 16 bagian belakang mobil The Iceman, julukan Raikkonen, melebar dan membuatnya kehilangan kecepatan dan gagal membukukan waktu terbaik.

Meski dapat melanjutkan sesi kualifikasi Raikkonen harus puas start dari posisi ke-6 dengan catatan waktu 1 menit 42,490 detik.

2. Red Bull, Force India, dan Renault duduki sepuluh besar kualifikasi

Vettel Rebut Pole Position GP Azerbaijan, Ungguli Duo MercedesTwitter Esteban Ocon

Hasil kurang menguntungkan Kimi Raikkonen membawa keuntungan bagi Daniel Ricciardo dan Max Verstappen untuk mengungguli pebalap asal Finlandia itu. Keduanya akan memulai balapan di depan Raikkonen, dengan Ricciardo berada di posisi keempat, sementara Verstappen membuntuti di belakang rekan setimnya itu.

Hasil baik juga dicatatkan pula oleh Duo Force India dan Renault yang mampu menembus sepuluh besar dalam kualifikasi. Esteban Ocon serta Sergio Perez dari Force India berhasil menempati posisi start ke-7 dan ke-8, mengungguli Nico Hulkenberg dan Carlos Sainz yang menyudahi sesi kualifikasi pada posisi ke-9 dan ke-10.

Namun, Nico Hulkenberg harus mendapat penalti lima posisi start lantaran adanya pergantian gearbox. Sehingga akan memulai balapan dari urutan ke-14, dikutip dari Autosport.com.

3. Romain Grosjean start paling belakang serta hasil kualifikasi GP Azerbaijan

Vettel Rebut Pole Position GP Azerbaijan, Ungguli Duo MercedesTwitter Formula 1

Nasib tidak bagus dialami oleh Romain Grosjean. Pebalap Haas Ferrari itu gagal membukukan catatan waktu di sesi kualifikasi pertama. Dilansir dari Crash.net, Mobil Grosjean mengalami masalah pada gearbox dan memaksanya memarkir di area run-off di tikungan ketiga.

Pebalap Prancis itupun akan start di posisi paling belakang dalam race yang digelar Minggu (29/4/2018) malam WIB. Rekan setimnya di Haas, Kevin Magnussen berhasil masuk sesi kedua kualifikasi meski hanya mampu menempati urutan ke-15. Pebalap Denmark itu mencatatkan waktu 1 menit 44,759 detik.

Hasil lengkap kualifikasi GP Azerbaijan yang berlangsung pada Sabtu (28/4/2018) malam WIB dapat kamu lihat pada gambar berikut.

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya