Comscore Tracker

Jadwal Resmi Rilis, 5 Fakta soal Balapan Formula 1 Musim 2022  

Jumlah race jadi yang terbanyak sepanjang sejarah

Waktu yang dinanti telah tiba. Formula 1 secara resmi merilis jadwal balap untuk musim 2022. Sesuai kabar yang sebelumnya beredar, Formula 1 akan menggelar 23 balapan di musim depan.

Jumlah balapan tersebut menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah Formula 1. Nantinya, musim 2022 akan mengaspal mulai pertengahan Maret hingga pertengahan November.

1. CEO Formula 1 harap lebih banyak penggemar yang saksikan langsung balapan di sirkuit

Jadwal Resmi Rilis, 5 Fakta soal Balapan Formula 1 Musim 2022  CEO Formula 1 Stefano Domenicali berfoto bersama para pembalap (formula1.com)

Dilansir PlanetF1, CEO Formula 1 Stefano Domenicali menyampaikan rasa bahagia atas pengumuman kalender balap musim mendatang. Ia berharap Formula 1 bisa menyambut lebih banyak penggemar yang datang langsung ke sirkuit.

“Musim ini telah berlangsung begitu luar biasa sejauh ini dengan banyaknya pertarungan hebat di lintasan, lebih banyak audiens yang menonton serta kembalinya penggemar menyaksikan balapan langsung di sirkuit setelah dampak yang ditimbulkan akibat pandemi. Kami menanti momen menyambut lebih banyak penggemar di musim mendatang dan berharap 2022 jauh lebih normal ketimbang dua tahun sebelumnya”, ujar Domenicali pada PlanetF1.

2. Formula 1 tetap utamakan keselamatan, sebab pandemi COVID-19 masih berlangsung

Jadwal Resmi Rilis, 5 Fakta soal Balapan Formula 1 Musim 2022  Suasana balapan Formula 1 GP Turki (formula1.com)

Pihak penyelenggara balap Formula 1 tetap menekankan kewaspadaan dan keselamatan seluruh pihak dalam kejuaraan karena pandemi COVID-19 masih terjadi. Selain itu, pria asal Italia itu juga merasa senang dengan minat beberapa negara yang ingin menggelar balapan Formula 1.

“Kami sangat senang dengan minat terhadap Formula 1 dari berbagai tempat yang ingin jadi tuan rumah balapan. Kami memiliki kalender balap yang fantastis dengan tujuan seperti Miami. Pandemi masih ada bersama kita. Oleh karena itu, kami akan tetap waspada dan mengutamakan keselamatan guna menjaga semua personel dan pihak-pihak yang nantinya kami kunjungi,” tambah Domenicali, dikutip dari Planet F1.

Baca Juga: 5 Sirkuit yang Pernah Menjadi Tuan Rumah Formula 1 GP Spanyol

3. GP Tiongkok kembali tak digelar pada 2022, GP Emilia Romagna mengisi kekosongan

Jadwal Resmi Rilis, 5 Fakta soal Balapan Formula 1 Musim 2022  Balapan Formula 1 di Imola (formula1.com)

Pada musim 2022, GP Tiongkok kembali tak digelar dengan alasan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Namun, GP Tiongkok akan kembali dihelat di kemudian hari, setelah kondisinya memungkinkan.

Posisi GP Tiongkok pun diisi oleh GP Emilia Romagna yang akan berlangsung di Imola. Balapan tersebut akan digelar pada 24 April dan menjadi seri keempat dalam kalender balap 2022.

4. FIA beri apresiasi kepada Formula 1 yang bertahan selama dua tahun di tengah pandemi

Jadwal Resmi Rilis, 5 Fakta soal Balapan Formula 1 Musim 2022  Mobil-mobil Formula 1 2021 saat berada di pitlane (formula1.com)

Pada Formula1.com, Jean Todt selaku Presiden FIA menyatakan apresiasi pada pihak Formula 1 yang mampu bertahan selama dua tahun di tengah pandemi COVID-19. Ia juga menantikan keseruan balapan yang bakal tersaji pada 23 balapan di musim 2022.

"Selama dua tahun Formula 1 telah menampilkan ketangguhan yang luar biasa. Ini dengan jelas ditunjukkan dengan pertumbuhan kejuaraan yang terus berlanjut meski menghadapi tantangan penting dari pandemi COVID-19. Formula 1 musim 2022 akan menjadi pertunjukkan yang menarik untuk semua mobil baru dan aku menantikannya”, beber Todt, dilansir Formula1.com.

5. Jadwal lengkap Formula 1 musim 2022

Jadwal Resmi Rilis, 5 Fakta soal Balapan Formula 1 Musim 2022  Jadwal lengkap Formula 1 musim 2022 (formula1.com)

Musim 2022 akan menjadi musim tersibuk bagi Formula 1. Jika dibandingkan dengan musim 2021 yang menggelar 22 balapan, musim mendatang akan memiliki jumlah balapan lebih banyak. Bahkan, musim 2022 bakal menjadi musim dengan balapan terbanyak sepanjang sejarah kejuaraan.

Nah, daripada penasaran memikirkan negara mana saja yang bakal jadi tuan rumah Formula 1 ada baiknya kalian simak jadwal lengkapnya berikut ini. Jangan lupa disimpan ya!

Baca Juga: 7 Sirkuit yang Pernah Menjadi Tuan Rumah Formula 1 GP Prancis

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya