Gantikan Nikita Mazepin, Kevin Magnussen Kembali Memperkuat Haas

Sebelumnya membela Haas pada 2017—2020

Teka-teki siapa yang bakal menggantikan Nikita Mazepin untuk memperkuat Haas di Formula 1 2022 akhirnya terjawab. Kevin Magnussen menjadi pilihan tim yang berbasis di Kannapolis, Amerika Serikat, itu. Ia akan menjadi rekan setim Mick Schumacher tahun ini.

Kevin Magnussen sendiri bukanlah orang baru di Haas. Pembalap berkebangsaan Denmark itu pernah memperkuat tim pada 2017—2020.

1. Kevin Magnussen tanda tangani kontrak 2 musim bersama Haas

Gantikan Nikita Mazepin, Kevin Magnussen Kembali Memperkuat Haaspembalap Haas Kevin Magnussen (formula1.com)

Kevin Magnussen resmi menandatangani kontrak untuk kembali menjadi pembalap Haas. Adapun kontrak yang diteken berdurasi 2 musim. Kabar ini memberi kejutan kepada banyak orang. 

Pasalnya, Magnussen pada 2021 tak lagi berada di Formula 1. Ia pindah ke Amerika Serikat untuk mengikuti ajang IMSA SportsCar Championship dan IndyCar. Bahkan, Magnussen rencananya akan memperkuat Peugeot dalam ajang World Endurance Championship (WEC) pada 2022 ini.

2. Guenther Steiner menyambut gembira kembalinya Kevin Magnussen

Guenther Steiner, Team Principal Haas, menyambut gembira kembalinya Kevin Magnussen. Steiner menyebut pemilihan Magnussen didasari pada potensi untuk memberikan nilai kepada tim serta pengalamannya selama berkiprah di Formula 1.

“Magnussen adalah komponen penting pada kesuksesan kami sebelumnya, setidaknya saat kami mencatatkan finis terbaik pada Formula 1 2018. Dia terus menunjukkan pada tahun lalu bahwa dirinya adalah seorang pembalap elite dengan menambahkan kemenangan dan podium pada catatan kariernya.

Sebagai seorang veteran yang hadir di garasi dan ruang engineering, dia akan memberikan tolok ukur kuat untuk kami dengan pengembangan VF-22 yang sedang berlangsung. Kami tak sabar menyambut Magnussen kembali pekan ini di Bahrain,” kata Steiner dilansir Formula 1.

Baca Juga: Haas Resmi Memutus Kontrak Nikita Mazepin dan Uralkali

3. Kevin Magnussen terkejut dengan keputusan Haas memakai jasanya kembali

Gantikan Nikita Mazepin, Kevin Magnussen Kembali Memperkuat Haaspembalap Haas Kevin Magnussen (formula1.com)

Di lain pihak, Kevin Magnussen merasa terkejut dengan keputusan Haas meminang dirinya kembali untuk memperkuat tim. Meski begitu, ia mengaku bersemangat untuk segera bergabung ke dalam skuad untuk menyongsong musim baru Formula 1.

“Aku berterima kasih kepada Gene Haas dan Guenther Steiner untuk kesempatan melanjutkan karierku di Formula 1. Aku tahu betapa kompetitifnya mereka berdua dan betapa inginnya mereka kembali bersaing tiap pekannya. Kami menikmati hubungan yang kuat dan hubungan positif kami tetap berlanjut bahkan saat aku pergi pada akhir musim 2020. 

Aku telah diberitahu sebanyak mungkin pada pengembangan VF-22 dan potensi di dalamnya. Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi aku bersemangat untuk menjadi bagian dari itu,” ungkap Magnussen.

4. Chip Ganassi Racing dan Peugeot melepas kontrak Magnussen yang kembali ke Formula 1

Gantikan Nikita Mazepin, Kevin Magnussen Kembali Memperkuat Haaspembalap Haas Kevin Magnussen (formula1.com)

Kevin Magnussen masih memiliki kontrak balap bersama Chip Ganassi Racing di IMSA SportsCar Championship. Ia juga dikontrak untuk bergabung dengan Peugeot untuk berkompetisi pada WEC 2022.

Meski begitu, kedua tim melepas kontrak pembalap berusia 29 tahun itu karena yang bersangkutan kini resmi kembali ke Formula 1. Oleh karena itu, Magnussen mengucapkan terima kasih atas keputusan dua tim itu.

“Aku benar-benar harus mengucapkan terima kasih kepada Peugeot dan Chip Ganassi Racing untuk melepaskan diriku dengan tepat. Keduanya adalah tim yang luar biasa,” ucap Magnussen dikutip Racing News 365.

5. Kevin Magnussen sudah ada di Bahrain, bakal turun pada tes pramusim

Kevin Magnussen saat ini sudah berada di Bahrain untuk bergabung bersama Haas dalam tes pramusim. K-Mag, julukan Magnussen, dijadwalkan turun pada sesi Jumat siang (11/3/2022) dan Sabtu pagi (12/3/2022) waktu Bahrain.

Kevin Magnussen pernah memperkuat Haas selama 4 musim pada 2017—2020. Posisi terbaik yang berhasil diraih K-Mag pada klasemen pembalap adalah peringkat ke-9 dengan mengoleksi 56 poin. Menarik menanti kelanjutan kiprah Kevin Magnussen bersama Haas pada 2022 ini.

Baca Juga: 10 Potret Nikita Mazepin, Pembalap Rusia yang Terancam Didepak F1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya