Lando Norris Tak Ingin Sesumbar Usai Hasil Bagus di Inggris

Norris tak terlalu berekspektasi tinggi

Lando Norris tengah bersiap menyambut Formula 1 GP Hungaria yang digelar pada 21–23 Juli 2023. Pembalap McLaren itu datang ke Sirkuit Hungaria dengan motivasi tinggi. Itu tak lepas dari hasil bagus yang dirinya dapat saat pekan balap di GP Inggris pada 7–9 Juli lalu.

Meski begitu, Lando Norris tak mau terlalu sesumbar terkait hasil yang bakal didapat di GP Hungaria. Sebab, ada beberapa faktor yang berpeluang memberikan tantangan untuk dirinya dan tim. Apalagi, Norris masih mengeluhkan adanya kekurangan pada MCL60 yang dikemudikannya.

1. Lando Norris meraih hasil bagus di GP Inggris, tuntaskan balapan di posisi kedua

Lando Norris Tak Ingin Sesumbar Usai Hasil Bagus di InggrisLando Norris saat menjalani balapan GP Inggris 2023. (formula1.com)

Lando Norris baru saja meraih hasil mengesankan di GP Inggris. Ia berhasil naik podium usai finis di posisi kedua. Saat balapan, Norris juga sempat memimpin jalannya balapan selama lima lap walau pada akhirnya disalip Max Verstappen.

Finis kedua di GP Inggris menjadi podium ketujuh yang berhasil diperolehnya sepanjang berkiprah di Formula 1. Itu juga menjadi kedua kalinya Norris finis di posisi runner-up dalam sebuah balapan. Sebelumnya, Norris finis posisi kedua saat balapan GP Italia 2021 di Sirkuit Monza.

Baca Juga: Lando Norris Gembira usai Finis Kedua di Formula 1 2023 GP Inggris

2. Perbedaan karakter sirkuit dan kondisi suhu bakal jadi tantangan di GP Hungaria

Lando Norris Tak Ingin Sesumbar Usai Hasil Bagus di InggrisLando Norris saat menjalani pekan balap GP Inggris 2023. (formula1.com)

Keberhasilan Lando Norris naik podium di GP Inggris dipengaruhi sejumlah faktor. Selain peningkatan yang diberikan McLaren pada MCL60, kondisi serta karakter sirkuit juga turut andil dalam kesuksesan Norris finis di posisi runner-up. Sirkuit Silverstone yang memiliki sejumlah tikungan berkecepatan tinggi ditambah kondisi suhu yang tak terlalu panas membantu McLaren tampil maksimal saat balapan.

Kondisi sirkuit semacam itu kemungkinan tak bisa didapatkan saat balapan di GP Hungaria. Pasalnya, Sirkuit Hungaroring termasuk dalam sirkuit yang memiliki tikungan berkecepatan rendah serta trek lurus yang sedikit. Selain itu, cuaca panas diprediksi bakal terjadi selama pekan balap GP Hungaria.

Norris menyadari bahwa kekurangan di tikungan lambat masih menjadi pekerjaan rumah yang harus McLaren selesaikan. Ia tak menampik bahwa McLaren masih punya harapan untuk bersaing di barisan depan. Akan tetapi, Norris tak mau terlalu berharap hasil GP Hungaria akan sementereng di Inggris.

“Kami tidak buruk dan jika Anda sangat fokus pada kecepatan rendah, maka kami tidaklah buruk. Kami biasanya tidak terlalu buruk di Monako, tetapi saat Anda harus mulai berkompromi, maka ada kemenangan yang jauh lebih besar dengan tampil bagus di tikungan kecepatan tinggi ketimbang terlalu fokus pada kecepatan rendah,” kata Lando Norris dilansir Racing News 365.

3. Lando Norris mengeluhkan MCL60 yang sulit dikendalikan saat melibas tikungan lambat

Lando Norris Tak Ingin Sesumbar Usai Hasil Bagus di InggrisLando Norris saat menjalani pekan balap GP Kanada 2023. (formula1.com)

Kekurangan MCL60 di tikungan lambat turut memengaruhi cara Lando Norris mengemudikan mobil. Ia menilai mobil masih sulit dikendalikan saat melibas tikungan lambat. Hal tersebut jauh berbeda ketika MCL60 melibas tikungan cepat yang membuat Norris tampil lebih oke di GP Inggris. Oleh sebab itu, ia meminta McLaren untuk mencari solusi atas kekurangan yang hingga saat ini masih menjangkiti MCL60.

“Di tikungan kecepatan tinggi, lebih sulit membuat kesalahan karena mobil tampil lebih baik. Bagiku dan di mana kami telah berada selama lima tahun terakhir, kami telah membuat mobil yang lebih cepat. Tentunya, aku tak ingin terburu-buru. Itu hanya dua minggu saat kami menjadi cepat.

Namun, selama 5 tahun, kami belum membuat peningkatan yang bagus pada aspek menangani tikungan lambat dan kemampuan berkendara. Sebuah langkah lebih besar adalah meningkatkan cara kami berkendara, seberapa mudah mengemudikan mobil, ketimbang hanya menambahkan sepuluh titik beban aerodinamika lagi di tikungan lambat. Bisa dibilang, itu hanya akan membuat kita sejauh ini,” tegas Norris dikutip PlanetF1.

Musim lalu, Norris meraih hasil cukup oke di GP Hungaria. Pembalap berusia 23 tahun itu mampu melintasi garis finis di posisi ketujuh dan berhak membawa pulang enam poin. Dengan kekurangan MCL60 di tikungan lambat, bisakah Norris meraih hasil lebih baik ketimbang musim lalu?

Baca Juga: Lando Norris Gembira usai Finis Kedua di Formula 1 2023 GP Inggris

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya